SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

115 Tahun Lelang Indonesia, Digitalisasi Lelang Dukung Pertumbuhan

Dalam rangka perayaan ulang tahun lelang yang ke-115, Balai Lelang Serasi (IBID) terpilih menjadi salah satu narasumbernya. Acara tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) di Gedung Dhanapala Jakarta Pusat pada tanggal 18 Juli 2023. 


Acara ulang tahun lelang yang digelar pada tanggal 18 Juli lalu ini, dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta yang hadir dan dilanjutkan dengan acara tanya jawab bersama dengan Rionald Silaban selaku Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Joko Prihanto selaku Direktur Lelang, Daddy Doxa selaku Presiden Direktur IBID dan Denny selaku perwakilan dari JBA. 


Pada sesi tanya jawab ini Bapak Daddy Doxa menyampaikan terkait pelaksanaan lelang online di IBID dibuat agar persaingan peserta dalam mengikuti lelang lebih adil dan merata. “IBID telah melakukan digitalisasi pada proses lelangnya sejak tahun 2010 dan bertransformasi menjadi lelang online sepenuhnya pada tahun 2020 dalam rangka menunjang kemudahan dan transparansi proses. Aplikasi IBID dapat diunduh melalui App Store maupun Play Store. Dengan adanya sistem lelang online ini dapat memudahkan peserta dalam melakukan lelang darimana saja dan secara Nasional. Selain itu kesempatan untuk bersaing atas pembelian barang yang dilelang menjadi lebih adil untuk semua peserta”, ujarnya.


“Selain proses transparansi lelang, IBID memiliki sistem inspeksi mobil yaitu Astra Car Valuation (ACV) yang bekerja sama dengan Toyota Group. Alasan kami melakukan semuanya secara transparan, dikarenakan kami memang ingin memberikan rasa aman baik bagi calon pembeli maupun penitip. Jual beli mobil dengan sistem lelang itu pasti punya banyak keuntungan.”, tutup Daddy Doxa.


Acara ini diakhiri dengan lelang kendaraan dari IBID, yaitu 3 unit kendaraan roda 4; Toyota Camry V matic tahun 2019, Toyota Alphard X matic tahun 2018 dan Toyota Innova V matic tahun 2018 dan 1 unit kendaraan roda 2 yaitu Vespa. Keseluruhan objek lelang habis terjual.


2594
Tags
IBID