This site uses cookie, to continue browsing this site means you agree to our cookie policy Find out more here. Use Latest Chrome version for the best experience.
Curriculum Vitae (CV) merupakan dokumen penting yang perlu dipersiapkan saat akan melamar kerja. Sebab, dalam CV tersebut, perekrut akan melihat berbagai informasi tentang calon karyawan yang akan direkrutnya. Sehingga CV harus dibuat secara detail, mulai dari kompetensi diri hingga pengalaman karir.
Namun, membuat CV detail bukan berarti harus panjang apalagi bertele-tele. CV justru harus dibuat secara singkat dan menarik, tapi dapat mencakup berbagai informasi yang ingin ditonjolkan.
Karena dengan banyaknya lamaran kerja yang masuk, perekrut tentu tidak memiliki cukup waktu untuk melihat CV yang terlalu panjang. Jadi pastikan untuk memberi “kesan baik” yang dapat mencuri perhatian perekrut lewat CV tersebut.
Satu hal yang cukup krusial dalam CV adalah bagaimana cara menyampaikan deskripsi diri. Banyak calon karyawan yang kesulitan dalam menuliskan hal itu pada CV. Padahal dengan memberi deskripsi diri yang “sempurna” peluang untuk diterima kerja juga tentu akan jadi lebih besar.
Baca juga : Apa Itu Soft Skill, Dan Bagaimana Melatihnya
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, membuat deskripsi diri yang baik pada lamaran merupakan langkah penting sebagai media perkenalan diri pada perusahaan yang dituju.
Deskripsi diri harus dibuat secara singkat, padat, dan menarik. Tentang kompetensi diri, pengalaman, serta informasi personal yang jadi daya tarik. Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa tips serta contoh deskripsi diri yang efektif.
Jelaskan alasan mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan tersebut dan apa yang membuat Anda cocok mengisi posisi tersebut. Tunjukkan minat dan motivasi yang tulus.
Fokuskan pada kekuatan utama Anda yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Misalnya, keterampilan teknis, kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi, kreativitas, atau kemampuan analitis.
Sebutkan pengalaman kerja sebelumnya yang relevan dengan pekerjaan tersebut. Namun, jika Anda baru lulus dan belum memiliki pengalaman kerja, sampaikan berbagai aktivitas atau kegiatan yang terkait. Misalnya organisasi kampus, atau pengalaman magang.
Baca juga : Tips Membuat Tim Kerja Lebih Solid Dan Produktif
Jangan hanya berfokus pada tugas-tugas yang dilakukan pada pekerjaan sebelumnya. Tetapi sampaikan juga prestasi-prestasi konkret yang pernah diraih. Hal itu menunjukkan bagaimana Anda dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan.
Jangan bertele-tele dalam membuat deskripsi diri. Sampaikan beberapa informasi penting tentang diri Anda dalam 3-4 kalimat singkat yang ringkas namun informatif.
Gunakan kata-kata yang positif dan kuat untuk menjelaskan diri Anda. Hindari penggunaan kata-kata negatif atau menyampaikan kekurangan diri.
Saya adalah seseorang yang sangat ambisius dan memiliki niat yang kuat untuk mencapai hasil yang terbaik dalam segala hal yang saya lakukan.
Saya selalu berkomitmen untuk melakukan pekerjaan dengan baik dan mencapai target yang telah ditetapkan. Keinginan saya untuk selalu berkembang dan mencapai kesuksesan adalah yang membuat saya termotivasi setiap hari.
Baca juga : Kegiatan Produktif Yang Bisa Dilakukan Sambil Menunggu Panggilan Kerja
Sebagai seorang yang memiliki latar belakang di bidang seni dan desain, saya memiliki kemampuan kreatif yang kuat. Saya selalu berusaha untuk memberikan ide-ide segar dan solusi inovatif dalam setiap proyek yang saya kerjakan. Saya percaya bahwa dengan kreativitas saya, saya dapat menjadi aset berharga bagi perusahaan.
Saya adalah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Saya dapat dengan mudah menjalin hubungan dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan bekerja sama dalam tim dengan efektif.
Saya memiliki keahlian dalam menyampaikan ide-ide dan mempengaruhi orang lain dengan cara yang positif, sehingga memperkuat kolaborasi di tempat kerja.
Saya memiliki keahlian dalam menganalisis masalah dengan cepat dan menemukan solusi yang efektif. Saya terbiasa berpikir kritis dan kreatif dalam menghadapi tantangan, serta memiliki kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat dalam situasi yang kompleks. Kemampuan saya dalam memecahkan masalah telah terbukti membantu tim dan perusahaan mencapai tujuan mereka.
Saya adalah seseorang yang percaya bahwa kerja tim yang baik dapat menghasilkan hasil yang luar biasa. Saya memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat dengan anggota tim yang berbeda dan bersama-sama mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Saya mencari peluang untuk berkontribusi dalam tim yang kolaboratif dan saling mendukung.
Baca juga : Tips Buat Fresh Graduate Mudah Dapat Kerja
Membuat deskripsi diri yang baik merupakan hal penting yang membuat Anda terlihat menonjol di mata perekrut. Dalam menyampaikannya, selalu tunjukkan keahlian, ketrampilan, dan sikap positif yang dapat membuat perusahaan tertarik untuk merekrut.
Namun jangan lupa, deskripsi diri juga harus disampaikan secara nyata dan relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Sehingga perusahaan dapat melihat Anda sebagai sosok yang tepat untuk mengisi posisi pekerjaan tersebut.
Itulah beberapa informasi dan contoh deskripsi diri yang bisa Anda coba terapkan. Setelah mengetahui tipsnya, sekarang saatnya untuk mencari lowongan kerja di perusahaan ternama, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.
SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.
Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.