SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Ini Perbedaan Jasa Ekspedisi Biasa dan Freight Forwarding

Dalam bisnis jual beli secara online tentunya membutuhkan jasa logistik atau ekspedisi. Jasa logistik ini akan menjadi mitra utama dalam bisnis dan menjadi bagian penting kelangsungan usaha Anda.

Nah, dalam jasa logistik ini juga terdapat banyak macamnya, misalnya jasa ekspedisi biasa dan jasa freight forwarding. Apa bedanya dan bagaimana cara memilih jasa logistik yang tepat untuk bisnis online Anda?

Jika Anda tidak mengerti seluk beluk jasa logistik ini tentu akan sulit membedakan keduanya, karena sama-sama melakukan jasa pengiriman barang.

Pengertian jasa ekspedisi

Untuk jasa ekspedisi biasa merupakan perusahaan logistik yang melayani pengiriman dalam jumlah besar dan juga kecil. Untuk jasa ini penentuan tarifnya berdasarkan berat dan volume barang serta jarak pengirimannya. Pendistribusian barang dari jasa logistik bisa melalui darat, laut, atau udara.

Jangkauan untuk jasa ekspedisi ini bisa antar kota, antar daerah, maupun antar pulau, hingga internasional. Untuk barang yang di kirim menggunakan jasa ekspedisi, paket akan diantar ke alamat tujuan penerima.

Jasa ekspedisi ini juga umumnya memiliki kantor cabang di setiap daerah jangkauannya. Hal ini dilakukan untuk kemudahan dalam pendistribusian barang maupun penerimaan barang dari konsumen.

Apa itu freight forwarding

Untuk freight forwarding sendiri lebih mengarah kepada pengiriman barang untuk ekspor impor dari dan ke luar negeri. Jumlahnya pengirimannya sendiri juga harus dalam jumlah banyak dan besar, jika tidak maka Anda yang rugi.

Perusahaan freight forwarding sudah memiliki jaringan transportasi di setiap negara hingga seluruh dunia. Perusahaan ini juga akan mengurus kepabeanan barang, syarat, dan juga surat menyurat yang diperlukan untuk proses ekspor impor.

Jasa freight forwarding ini lebih sering digunakan jika bisnis Anda adalah pengiriman barang keluar negeri dengan jumlah yang besar, bukan jumlah satuan dan kecil.

Salah satu perusahaan yang memiliki dua jenis layanan pengiriman ini adalah dari PT Sera Logistik (SELOG) yang bernaung di bawah Grup Astra. SELOG menyediakan solusi layanan logistik mencakup layanan logistik berdasarkan kontrak, layanan pengiriman barang, pengelolaan pergudangan dan freight forwarding melalui jalur transportasi darat, laut dan udara secara menyeluruh.

Dalam layanan freight forwarding ini, SELOG mengatur pengiriman barang dari satu tujuan ke tujuan lain menggunakan sejumlah pengangkut, termasuk angkutan udara, angkutan laut, dan dalam beberapa kondisi juga dapat menggunakan angkutan darat.

Tak hanya itu, tapi SELOG juga memiliki layanan SELOG Express untuk pengiriman dokumen dan paket. Saat ini SELOG melayani segmen industri yang luas, antara lain otomotif, consumer goods, alat berat, kebutuhan bahan pokok dan lainnya.

SELOG memang memiliki spesialiasis di bidang jasa transportrasi logistik jalur darat dan freight forwading. Saat ini Selog memiliki 575 truk. Sementara itu, untuk mengakomodasi jalur laut, khusus dikelola oleh PT Toyofuji Serasi Indonesia yang memiliki 5 kapal Roro (roll on-roll off).

Bersama dengan sistem Astra FMS (fleet manajemen system), SELOG menjadi solusi terbaik bagi konsumen Indonesia karena didukung dengan fleet management solution berbasis teknologi untuk membantu manajemen transportasi perusahaan baik untuk penumpang ataupun logistik.

SELOG kini juga telah menerapkan layanan Warehouse Management System (WMS). Layanan WMS ini memungkinkan proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai. Tidak hanya itu, WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang hingga tingkat persedian yang rendah secara real time.

SELOG hadir memberikan jasa logistik end to end dengan layanan yang beragam, salah satunya courier services. Secara umum, jasa kurir ekspres ini terbagi dalam dalam layanan standar dan layanan solusi. Layanan standar meliputi same day service, next day service, dan regular service.

Sementara itu, dengan layanan solusi, Anda tidak perlu khawatir apabila membutuhkan layanan khusus seperti layanan VPD (valuable, perishable, dangerous goods) untuk dokumen atau pengiriman paket dan barang berat yang terlalu besar untuk dikirimkan dengan layanan kargo biasa. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa kunjungi tautan berikut ini


10482
Tags
SELOG