SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Cara Efektif Mempercepat Pengiriman Barang saat Periode Mudik Lebaran

Ramadan dan Idul Fitri merupakan momen yang spesial. Tak terkecuali buat pebisnis di bidang penyediaan parcel lebaran, makanan dan kue kering hingga fashion muslim yang yang permintaannya selalu mengalami peningkatan.

Meningkatnya kebutuhan barang-barang konsumsi juga tidak lepas dari kebiasaan masyarakat dalam belanja online. Sehingga berdampak pada melonjaknya permintaan akan pengiriman.

Tidak bisa dipungkiri, tantangan logistik selama periode Ramadan dan Lebaran bukan hanya karena lonjakan pesanan pengiriman, tapi juga keterlambatan karena tingginya volume pengiriman. Apalagi biasanya ada pembatasan kendaraan angkutan barang selama periode tersebut.

Mesti begitu, kepuasan pelanggan harus tetap jadi prioritas. Siasati berbagai kendala pengiriman selama periode lebaran dengan cara-cara efektif berikut ini.

Baca juga: Pemerintah Akhirnya Putuskan Pembatasan Truk ODOL

7 Cara Agar Pengiriman saat Periode Lebaran Lebih Efektif

1. Antisipasi Lonjakan Permintaan

Sebagai langkah awal, lakukan perencanaan  stok barang. Sebagai pebisnis, kamu harus bisa memperkirakan peningkatan permintaan menjelang libur Idul Fitri. Pastikan kamu memiliki stok barang cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

2. Batasi Pemesanan

Cara ini berlaku untuk bisnis dengan sistem pre order (PO), seperti parcel lebaran, catering Ramadan, atau kue kering. Dengan melakukan sistem PO dan mengetahui jadwal pengiriman, kamu bisa meminimalisir resiko barang telat dikirim. Setelah itu lakukan sistem scheduling pengiriman atas barang yang sudah dipesan.

3. Optimalkan Proses Packaging

Durasi pengiriman akan berpengaruh dari seberapa cepat kamu dan karyawan melakukan packing atau pengemasan.

Pastikan segera mengemas pesanan yang masuk demi mencegah keterlambatan. Packing sesuai standar minimal meskipun pesanan sedang ramai, untuk mencegah barang mengalami kerusakan selama proses pengiriman.

4. Pertimbangkan Pengiriman Cepat 

Cara paling efektif mengirim barang selama musim libur Idul Fitri adalah menggunakan layanan pengiriman cepat. Lakukan kerja sama dengan penyedia jasa pengiriman terpercaya. Pilih layanan pengiriman instan agar barang sampai tepat waktu.

Baca juga: Tips Memaksimalkan Muatan Truk saat Kirim Barang

5. Opsi Jenis Pengiriman

Pilih layanan pengiriman yang paling sesuai. Misalnya pengiriman reguler, ekspress, atau instan, sesuai kebutuhan konsumen. Jangan lupa untuk memberi edukasi, jika ingin barang cepat sampai maka opsi pengiriman instan bisa jadi pilihan.

6. Komunikasi dengan Konsumen

Tetap jaga komunikasi dengan konsumen. Berikan informasi akurat mengenai estimasi waktu pengiriman, update status pesanan, hingga layanan customer service jika ada masalah pengiriman.

7. Freight Forwarding SELOG

Dalam industri logistik ada banyak jenis layanan dijalankan. Salah satu yang cukup populer adalah freight forwarding, metode pengiriman multimoda yang biasa digunakan untuk pengiriman domestik maupun internasional.

Kalau kamu butuh layanan dengan beragam pilihan armada, layanan freight forwarding SELOG bisa jadi pilihan. Salah satu lini bisnis PT Serasi Autoraya (SERA) yang juga bagian dari grup Astra ini telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di industri logistik.

SELOG hadir menawarkan berbagai kebutuhan jasa logistik yang komprehensif dan end to end. Mulai dari Trucking, Shipping Services, Freight Forwarding,  Warehousing, serta Project Cargo.

Layanan Freight Forwarding SELOG menawarkan solusi pengiriman multimoda yang terintegrasi dengan beragam jaringan transportasi darat, laut, serta udara, demi memaksimalkan fleksibilitas proses dan mekanisme pengelolaan logistik.

Baca juga: Mengenal Last Mile Delivery dan Tantangannya

Selain itu, Layanan SELOG didukung penggunaan teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis, salah satunya dengan teknologi Astra Fleet Management Solution (AstraFMS) dan Warehouse Management System (WMS).

Kedua teknologi itu memudahkan pelaku bisnis memantau kendaraan pengiriman secara real-time untuk memastikan keamanan kendaraan dan pengemudi. Serta mengoptimalkan proses penerimaan barang, penyimpanan, manajemen stok, pengambilan, pengemasan, dan pengiriman barang.

Informasi lebih lanjut tentang profil dan layanan SELOG, kamu bisa mengunjungi website resmi SELOG www.selog.astra.co.id serta media sosial di instagram @selog_astra dan Linkedin SELOG.

73
Tags
SELOG