SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Prediksi Profesi Paling Banyak Dicari Tahun 2025

Saat akan memilih jurusan kuliah, calon mahasiswa biasanya akan mempertimbangkan prospek kerja dari jurusan tersebut. Tentunya dengan harapan agar setelah lulus bisa segera mendapat pekerjaan sesuai dengan jurusan kuliah yang diambilnya.

Di tahun 2025 mendatang, dari sekian banyak bidang pekerjaan yang ada, World Economic Forum (WEF) memprediksi setidaknya, ada 10 profesi yang bakal banyak dicari. Mayoritas masih berkaitan dengan teknologi dan transformasi digital. Kira-kira profesi apa saja ya? Berikut selengkapnya.

10 Profesi Paling Dicari Tahun 2025

Data Analysts/Scientist 

Data analyst bertugas mengolah data dan menyajikan data yang tersedia. Sedangkan data scientist atau ahli data bertugas mencari cara untuk mendapatkan data. Data tersebut kemudian dianalisis untuk digunakan sebagai pertimbangan dalam menjalankan sebuah program.

Baca juga: Bocoran Kenaikan UMP 2025 yang Segera Ditetapkan

Artificial Intelligence (AI)/Machine Learning Specialist

Profesi ini punya tugas utama memprogram komputer agar dapat melakukan pekerjaan dan belajar seperti manusia. Bahkan lebih baik dari hasil kerja manusia.

Di masa mendatang, tentu makin banyak perusahaan teknologi mencari profesi untuk mengatur sistem agar program dapat berjalan sesuai standar.Mahasiswa yang tertarik dengan teknologi bisa terjun ke dunia AI dengan melatih skill yang dibutuhkan sedari sekarang.

Big Data Specialist

Profesi ini bertugas memproses volume data yang sangat besar, yang tumbuh secara eksponensial dari waktu ke waktu. Mereka harus bekerja sama dengan data analysts, data scientists, hingga database administrator. Tugas utamanya menerjemahkan algoritma komputer ke dalam prototipe.

Digital Marketing and Strategy Specialist 

Tugas spesialis pemasaran dan strategi digital adalah mengembangkan dan menjalankan strategi penjualan melalui platform digital. Mereka bertanggung jawab penuh mengenalkan produk dan perusahaan melalui berbagai channel, seperti website, hingga media sosial.

Process Automation Specialist 

Process automation specialist bertugas membangun teknologi untuk menjalankan pekerjaan berulang secara otomatis sehingga dapat menggantikan pekerjaan manual.

Baca juga: Lowongan Kerja Oktober 2024 SERA Grup Astra

Business Development Professionals 

Business Development atau Pengembangan Bisnis merupakan proses identifikasi jangka panjang untuk meningkatkan nilai perusahaan melalui pengembangan hubungan, pemasaran, dan pelanggan. Profesi ini punya misi untuk mencari strategi agar bisnis perusahaan dapat terus berkembang dalam jangka panjang.

Digital Transformation Specialist 

Spesialis transformasi digital adalah profesi yang bertugas menerapkan teknologi saat ini dan masa depan untuk membuat perusahaan lebih maju dan kompetitif.

Information Security Analyst 

Information security analyst memiliki tugas untuk memantau dan melindungi data dan informasi penting perusahaan. Mereka bekerja dengan menggunakan perangkat lunak seperti firewall dan program enkripsi data tunggal, untuk memastikan data-data aman dari serangan hacker atau virus.

Software and Application Developer 

Software and application developer bertugas mengembangkan software dan aplikasi. Profesi ini banyak dicari karena di masa depan penggunaan gadget akan semakin dibutuhkan untuk mengimbangi teknologi hardware yang semakin maju.

Internet of Things Specialist 

Meskipun saat ini internet sudah mengalami kemajuan pesat, di masa datang keberadaan internet tetap akan mengalami kemajuan. Internet of things specialist memiliki keahlian dalam merancang dan membuat peralatan yang terhubung dan beroperasi dengan jaringan internet.

Baca juga: Inilah Sejumlah Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Itulah 10 pekerjaan dan profesi yang diprediksi akan banyak dicari di tahun 2025 menurut WEF. Tapi, selain membekali diri dengan skill yang dibutuhkan, pastikan juga perusahaan yang dituju punya budaya kerja yang positif dan prospek karir yang jelas. Pilih perusahaan dengan reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.

SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.

Jangan lupa juga follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir dan lowongan kerja terbaru.

18
Tags
SERA