SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Posisi Legal Analyst di Perusahaan, Apa Tugasnya?

Profesi legal officer semakin dicari untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan yang berkaitan dengan hukum. Seperti mereview kontrak dan proposal, serta dokumen penting lainnya yang terkait dengan perizinan maupun otoritas dari pihak berwenang. Berdasarkan riset, pekerjaan ini akan terus tumbuh sebesar 6% hingga tahun 2029.

Secara definisi, legal officer atau legal analyst adalah orang yang bertanggung jawab atas segala permasalahan hukum di dalam perusahaan. Tugasnya utamanya memastikan perusahaan terhindar dari masalah hukum, baik yang terjadi secara internal maupun eksternal.

5 Tugas Legal Analyst

Ada beberapa tugas utama yang umum dilakukan sehari-hari oleh seorang legal analyst. Diantaranya sebagai berikut.

Mencegah Perusahaan dari Masalah Hukum

Memberikan pengarahan dan nasehat kepada dewan direksi terkait masalah hukum, potensi risiko, dan tindakan yang perlu diambil. Termasuk di antaranya penerjemahan istilah hukum yang rumit agar lebih mudah dipahami semua orang.

Baca juga: Lowongan Kerja Oktober 2024 SERA Grup Astra

Mengelola Dokumen Legal Perusahaan

Legal analyst juga bertugas untuk membuat dan meninjau dokumen hukum, seperti kontrak kerja, perjanjian partnership, sertifikat saham, dan lain-lain. Tanggung jawab ini merupakan bagian penting dari pekerjaan sehari-hari yang membutuhkan fokus dan tingkat ketelitian tinggi.

Memahami Regulasi Pemerintah

Mereka juga dituntut untuk aktif melakukan pengecekan terhadap sumber hukum atau literatur seperti artikel, undang-undang, dan keputusan pengadilan yang kerap mengalami perubahan.

Tujuannya agar perusahaan tetap dapat mengikuti perkembangan regulasi sehingga jika terjadi permasalahan hukum di perusahaan, dapat dimitigasi secara tepat.

Analisis Untuk Meminimalisir Resiko

Rutin melakukan analisa tindakan dan keputusan perusahaan untuk mengidentifikasi resiko yang bisa timbul karena masalah hukum. Setelah proses identifikasi berhasil dilakukan, legal analyst wajib memberi saran agar perusahaan bisa terhindar dari resiko.

Sosialisasi dan Edukasi

Terakhir, memberikan sosialisasi dan pengarahan terkait hal-hal yang harus dihindari agar reputasi perusahaan terjamin aman. Dengan sosialisasi yang terarah, perusahaan dapat menyelesaikan masalah hukum dengan lebih cepat.

Baca juga: Inilah Sejumlah Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Kualifikasi Profesi Legal Analyst

Dari penjabaran di atas, tugas dan tanggung jawab legal analyst jelas tidak mudah. Selain perlu memiliki pengetahuan hukum yang baik, kalau tertarik berkarir di profesi ini kamu juga harus menunjukan kemampuan berpikir yang kritis.

Yang paling utama tentu saja memiliki gelar akademik dari fakultas hukum. Seorang legal analyst juga perlu memiliki kemampuan menulis dan berkomunikasi verbal secara mumpuni.

Serta, punya ketelitian dan mampu berpikir kritis. Keahlian bernegosiasi juga sangat diperlukan. Dan terakhir,  memiliki kemampuan administratif yang baik.

Itulah penjelasan tentang deskripsi, tugas dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang legal analyst. Kalau tertarik, saat ini sedang tersedia lowongan sebagai legal analyst di SERA Group.

Informasi detail, deskripsi tugas dan kualifikasi yang dibutuhkan, kamu bisa cek selengkapnya disini. Kalau memenuhi kualifikasi persyaratan, kamu bisa langsung mengajukan lamaran dengan klik langsung ‘Apply Sekarang’ yang ada di sebelah kanan.

Baca juga: Deskripsi Diri Menarik Dalam CV Bikin Lamaran Kerja Cepat Dilirik

Selain membekali diri dengan skill yang dibutuhkan, pastikan juga bahwa perusahaan yang kamu lamar tersebut memiliki budaya kerja yang positif dan memiliki prospek karir yang jelas. Pilih perusahaan dengan reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.

SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.

Informasi lebih jelas tentang lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/.


12
Tags
SERA