SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Pentingnya Membangun Support System di Dunia Kerja

Kesuksesan karir pasti jadi prioritas bagi setiap karyawan. Tapi, perjalanan untuk menggapainya tentu banyak tantangan dan tekanan, terutama di era persaingan kerja yang kian ketat. Makanya, punya support system yang kuat sangat penting untuk membantu mengatasi hambatan tersebut.

Apa itu Support System?

Mengutip dari berbagai sumber, Support system bisa diartikan sebagai sejumlah orang yang selalu siap membantu memberikan dukungan teknis dan emosional, atas setiap kesulitan dan masalah yang terjadi.

Tentu tidak bisa dipungkiri, permasalahan seringkali timbul dari pekerjaan. Meski padahal tempat kerja merupakan salah lokasi seseorang menghabiskan sebagian besar waktunya sehari-hari.

Di lingkungan kerja, support system jadi salah satu faktor penting untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan seorang karyawan.

Dengan memiliki support system yang positif dan suportif, tentu bisa meningkatkan produktivitas dan membantu mengatasi berbagai tantangan dalam pekerjaan.

Baca juga: Ciri Perusahaan dengan Budaya Kerja yang Baik

Lalu, apa saja manfaat dari membangun support system di lingkungan kerja dan bagaimana cara membangunnya? Berikut informasi selengkapnya.

3 Manfaat Support System di Dunia Kerja

Ada sejumlah manfaat yang bisa didapat saat kamu membangun support system di tempat kerja. Berikut 3 diantaranya.

Komunikasi Semakin Efektif

Lingkungan kerja yang suportif memungkinkan karyawannya jadi lebih terbuka terhadap perasaan mereka. Sehingga tidak akan ada masalah yang ditutupi, karena setiap karyawan mendapatkan dukungan emosional atas setiap masalah yang terjadi.

Hal ini tentu sangat positif dan memberi dampak signifikan dalam mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas kerja setiap karyawan.

Kepercayaan Diri Meningkat

Hal-hal seperti penghargaan, apresiasi dan pujian sederhana atas setiap keberhasilan kinerja, bisa meningkatkan kepercayaan diri karyawan dan merasa sangat dihargai.

Sehingga karyawan merasa mendapat dukungan penuh atas pekerjaannya dan tidak merasa terbebani dengan tanggung jawab yang diberikan. Dengan begitu mereka bisa bekerja dengan perasaan yang bahagia.

Meminimalisir Stress

Lingkungan kerja yang positif diyakini berdampak baik dan bisa meminimalisir tingkat stres karena pekerjaan. Hasil penelitian di Amerika menunjukan, lingkungan kerja yang sehat dapat membuat karyawan lebih sehat baik secara fisik maupun mental.

Baca juga: Tips Anti Mati Gaya di Hari Pertama Kerja

Hal itu tentu tidak bisa terjadi kalau tidak ada dukungan dari support system yang bisa membantu individu menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Cara Membangun Support System

Jadi, sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat, tentu butuh bantuan support system dari rekan kerja. Cara membangunnya kamu bisa memulai dari hal-hal kecil sebagai berikut.

Luangkan Waktu untuk Ngobrol

Karyawan atau rekan kerja adalah aset penting yang harus dijaga kesejahteraannya. Meluangkan waktu untuk melakukan percakapan ringan maupun diskusi, bisa membentuk kepercayaan dan peningkatan komunikasi sehingga merasa didengar dan didukung.

Berikan Feedback

Support system juga dapat dibentuk dengan memberikan feedback kepada rekan kerja. Memberikan saran atau pujian sederhana atas hasil kerja dapat membantu untuk menumbuhkan kepercayaan diri atas pekerjaan yang telah diselesaikan.

Berikan Apresiasi

Kalau rekan kerja atau karyawan berhasil melakukan pekerjaan dengan baik, jangan segan untuk memberinya pengakuan sehingga mereka merasa kerja kerasnya dihargai. Selain itu, apresiasi yang diberikan juga dapat membangkitkan semangat untuk bekerja lebih baik lagi.

Baca juga: Prediksi Profesi Paling Banyak Dicari Tahun 2025

Komunikasi Terbuka

Sebenarnya, kunci dari support system adalah komunikasi yang baik antar rekan kerja maupun antara karyawan dan pimpinan. Komunikasi yang lebih terbuka memberi kesempatan untuk lebih memahami rekan kerja, baik secara profesional maupun pribadi.

Nah, itulah beberapa manfaat support system di lingkungan kerja dan cara membangunnya. Support system begitu penting karena memberikan banyak manfaat untuk menjaga kewarasan dan kesehatan mental karyawan di tempat kerja.

Makanya saat melamar kerja, pelajari dulu profil perusahaan. Pilih perusahaan yang punya reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.

SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.

Jangan lupa juga follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir dan lowongan kerja terbaru.

13
Tags
SERA