SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Kenapa Toyota Innova Zenix Begitu Digemari? Ini Alasannya

Siapa pun pasti tahu, Toyota adalah raja penjualan mobil di Indonesia. Tapi yang mengejutkan, mobil terlaris pada tahun 2023 lalu (Gaikindo) adalah Toyota Kijang Innova Zenix! Tahun lalu, Innova Zenix jadi yang terlaris dengan total penjualan 66.460 unit.

MPV kelas menengah ini unggul di atas Honda Brio (62.195 unit), Daihatsu Sigra (61.752 unit), Toyota Avanza (59.543 unit), dan Toyota Calya (45.801 unit).

Kesuksesan itu bisa dibilang sebagai fenomena yang terbilang unik. Sebab, Innova Zenix merupakan mobil dengan harga kelas menengah, tapi sanggup mengalahkan penjualan mobil dengan harga dibawahnya yang biasa merajai pasar mobil di Indonesia.

Untuk kategori kendaraan listrik pun Innova Zenix HEV memimpin penjualan diantara sesama mobil hybrid Toyota. Tahun 2023 lalu, Innova Zenix HEV laku 24.250 unit, diikuti Yaris Cross HEV 5.284 unit, dan Corolla Cross HEV 1.161 unit.

Apa sebenarnya resep rahasia Toyota yang membuat Innova Zenix meraih penjualan tertinggi dan mengalahkan mobil-mobil yang harganya lebih murah?

Baca juga: Tips Untung Rental Mobil buat Liburan

Didukung Inovasi Terkini 

Dari sisi sejarah, nama Kijang Innova memang sudah menancapkan stigma sebagai mobil keluarga kelas menengah yang nyaman dan handal. Tapi berbekal sejarah dan nama besar saja tentu tidak bisa membuat Innova Zenix bersaing sengit dengan mobil-mobil di semua segmen.

Toyota juga membekali Kijang generasi ke-7 ini dengan berbagai desain, fitur dan inovasi terkini yang sangat menarik. Secara arsitektur, Innova Zenix menggunakan struktur monocoque menggantikan ladder frame pada generasi sebelumnya.

Rangka monocoque ini diklaim Toyota lebih ringan dan lebih senyap dari segi noise tanpa mengorbankan rigiditas bodi. Selain itu, bobotnya pun berkurang hingga 170 kg dibandingkan model sebelumnya sehingga menghasilkan performa dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Innova Zenix menggunakan mesin 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 172 hp dan torsi 205 Nm. Untuk varian HEV hybrid, penggunaan motor listrik membuat tenaga Innova Zenix meningkat menjadi 184 hp.

Tapi yang paling signifikan adalah tambahan torsi dari motor listrik sebesar 206 Nm. Ini tentu membuat Zenix Hybrid lebih bertenaga dan lebih irit bahan bakar.

Tenaga listrik tersebut bersumber dari baterai Ni-MH di bawah kedua jok depan. Terdapat filter pada tutup saluran udara pendingin baterai untuk menekan penumpukan debu di jalur pendinginan untuk memaksimalkan umur baterai.

Baca juga: Cara Pesan Rental Mobil di Website TRAC

Innova Zenix hanya tersedia dalam pilihan transmisi otomatis CVT dengan teknologi Sequential Shiftmatic 10-speed yang memungkinkan perpindahan gigi seperti transmisi manual untuk meningkatkan kenikmatan berkendara.

Selain transmisi CVT canggih, Innova Zenix juga dilengkapi mode berkendara Eco, Normal, dan Power. Pada mode Power, mobil terasa lebih responsif berkat perubahan rasio sabuk baja CVT yang ditingkatkan.

Khusus varian HEV hybrid, ada tambahan pilihan mode berkendara EV yang berarti mobil tidak menggunakan mesin bensin dan hanya mengandalkan motor listrik sebagai sumber tenaga.

Dalam mode EV, kamu bisa merasakan pengalaman unik mengemudikan mobil listrik. Selain lebih hemat bensin dan responsif sejak pedal gas diinjak, mobil ini juga zero emission karena mesin bensinnya tidak beroperasi.

Punya Fitur Melimpah

Untuk meningkatkan faktor keselamatan, mobil ini dibekali sejumlah fitur canggih. Diantaranya dual airbag (6 airbag untuk tipe Q HV), Vehicle Approach Notice (peringatan jika ada kendaraan lain atau pejalan kaki mendekati titik tertentu, khusus tipe Q HV dan V HV), rem ABS, EBD, BA (Brake Assist), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), serta sensor serta kamera parkir (khusus tipe Q HV ditambah fitur corner sensor dan panoramic view monitor.

Tapi yang paling menarik adalah paket fitur keselamatan Toyota Safety Sense 3 (TSS 3.0) yang terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Assist (LTA), dan Automatic High Beam (AHB).

Sebagai MPV kelas menengah yang mengutamakan kenyamanan, tentu saja Innova Zenix dibekali berbagai fitur yang memanjakan penumpang.

Baca juga: Rekomendasi Rental Mobil Mewah di TRAC

Diantaranya Display Audio dengan layar 10 inci (tipe Q HV dan V) serta 9 inci (tipe G) yang dilengkapi fitur Smartphone Connectivity, Bluetooth, Wi-Fi, Voice Recognition, dan NFC E-Toll Card Checking.

Pada tipe Q HV dilengkapi Dual Rear Seat Entertainment with Internet Connection dengan layar 10 inci yang dapat dioperasikan secara independen dan merupakan yang pertama di kelasnya.

Layar MID 4,2 inci (mesin bensin) dan 7 inci (Hybrid), Electric Parking Brake,Brake Hold, Start Stop Button,Smart Entry, wireless charger di konsol tengah, Digital Auto AC dengan dual zone merupakan fitur standar.

Khusus tipe Q HV, tersedia captain seat di kabin tengah dengan electric recline yang nyaman karena dilengkapi leg rest dengan long slide untuk memperluas ruang kaki. Power Back Door with Voice Command otomatis membuka bagasi, dan DVR bertindak sebagai dashboard camera.

Rental Mobil Innova Zenix di TRAC

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, makanya tak heran kalau Innova Zenix jadi mobil yang begitu diminati. Untuk bisa merasakan segala kecanggihan dan kenyamanannya, kamu bisa rental mobil Innova Zenix di TRAC.

Baca juga: 5 Mobil MPV Paling Nyaman buat Harian

Sebagai penyedia layanan sewa kendaraan dengan pengalaman lebih dari 38 tahun, TRAC selalu punya solusi untuk setiap kebutuhan transportasi. Baik personal maupun perusahaan. Rental mobil TRAC tersedia dalam 2 layanan, yakni rental mobil lepas kunci atau dengan pengemudi.

Selain Innova Zenix, kamu juga bisa rental mobil di TRAC untuk mobilitas harian atau kebutuhan saat perjalanan dinas. Untuk jenis hatchback/sedan, tersedia mulai dari Daihatsu Ayla, Toyota Corolla Altis, hingga BMW 5 Series serta Lexus.

Kalau butuh MPV, tersedia pilihan mulai dari Toyota Calya, Daihatsu Gran Max hingga Toyota Toyota Alphard atau Vellfire. Untuk SUV, tersedia pilihan mulai dari Daihatsu Terios, BMW X6, Lexus RX300 hingga Toyota Land Cruiser.

Selain itu, TRAC memberi jaminan unit-unit kendaraan yang disewakan dalam kondisi prima dan terawat, bahkan model keluaran terbaru. Layanan yang diberikan pun bersifat menyeluruh, termasuk bantuan pelanggan selama 24 jam penuh.

Informasi lebih lanjut tentang layanan TRAC kamu juga bisa cek langsung website resmi TRAC di https://www.trac.astra.co.id/ dan follow akun media sosial TRAC di Instagram @trac_astra, Facebook TRAC-Astra Rent a Car, atau Twitter (X) @TRACastra.


45
Tags
TRAC