SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Begini Cara Titip Jual Mobil Perusahaan di IBID

Jual mobil bisa jadi salah satu cara untuk mendapatkan dana untuk berbagai kebutuhan yang mendadak. Namun, kalau dilakukan secara terburu-buru dan tidak memahami harga pasar mobil bekas, malah justru bisa mengalami.

Agar kondisi seperti itu tidak terjadi, jual mobil bekas lewat proses lelang yang diselenggarakan balai lelang bisa jadi solusi. Sebab, mekanisme lelang merupakan cara yang cukup fair untuk mendapatkan harga jual dari mobil yang dipasarkan.

Meski begitu, satu hal yang juga perlu diingat adalah kredibilitas dan profesionalitas penyelenggara lelang juga sangat menentukan. Makanya, sebisa mungkin lakukan titip jual mobil bekas di balai lelang terpercaya, berpengalaman, serta punya reputasi baik.

Bicara soal perusahaan penyelenggara lelang yang kredibel, IBID Balai Lelang Serasi  adalah jawabannya. Salah satu lini bisnis dari PT Serasi Autoraya atau SERA yang juga bagian dari Grup Astra ini telah berpengalaman menggelar lelang, baik offline maupun online.

Baca juga: Fitur Lelang Mobil Bekas yang Cuma Ada di IBID

Proses lelang online bisa diikuti dengan mengakses website IBID www.ibid.astra.co.id serta aplikasi IBID yang bisa di download di Playstore dan Appstore. Salah satu keunggulan lelang online IBID adalah kamu bisa mengikuti live auction tanpa harus datang langsung ke lokasi lelang.

Proses titip jual mobil bekas di IBID juga cukup mudah. Ada dua jenis titip jual yang ditawarkan, yaitu titip jual reguler dan eksklusif.  Titip jual reguler adalah layanan titip jual untuk lelang secara langsung, dimana peserta lelang datang ke lokasi.

Sementara titip jual eksklusif dikenal dengan istilah Flash Auction yakni layanan khusus buat kamu yang ingin jual mobil dengan cepat dan tidak bisa hadir ke lokasi lelang.

Prosedur Titip Jual Mobil Bekas

Sama seperti titip jual mobil personal, ada beberapa tahapan proses saat akan titip jual mobil perusahaan di IBID. Berikut diantaranya.

Pendaftaran

Pertama kamu harus terdaftar sebagai member IBID terlebih dahulu. Tapi karena proses titip jual mobil atas nama perusahaan, jadi pastikan untuk mendaftar sebagai akun perusahaan. Panduan mendaftar akun perusahaan selengkapnya kamu bisa cek disini.

Keunggulan lain titip jual menggunakan akun perusahaan adalah kamu bisa secara langsung mengajukan titip jual sebagai perusahaan tanpa perantara.

Baca juga: Ketahui, Ini 3 Jenis NPL di Balai Lelang IBID

Serta, akses akun perusahaan yang tak hanya sebatas titip jual, tapi juga termasuk ikut lelang, pembelian Nomor Peserta Lelang (NPL), hingga penukaran IBID Poin.

Meski begitu, kamu juga tetap bisa melakukan pendaftaran untuk akun pribadi, baik menggunakan email atau social media yang dimiliki. Pastikan seluruh data-data Anda sudah terisi dengan lengkap di pengaturan akun.

Mengisi Form Titip Jual

Pilih tab ‘Titip Lelang’ di website atau aplikasi IBID, lalu isi formulir titip jual dan pilih jadwal inspeksi mobil bekas. Untuk titip jual reguler, proses inspeksi bisa dilakukan di pool IBID terdekat, serta di rumah, kantor, atau lokasi lain yang ditentukan khusus untuk titip jual eksklusif.

Konfirmasi Jadwal Inspeksi

Kemudian tim IBID (inspektor) akan segera menghubungi untuk mengonfirmasi info kendaraan dan jadwal inspeksi dalam waktu 2x24 jam (hari kerja). Inspektor juga akan memberi rekomendasi harga dasar berdasarkan kondisi mobil dari hasil inspeksi.

Pilih Jadwal Lelang

Setelah form titip jual telah terisi lengkap dan kendaraan sudah diinspeksi, selanjutnya kamu bisa memilih jadwal lelang Flash Auction. Proses lelang akan dilakukan oleh inspektor IBID dengan durasi sekitar 15 menit.

Kalau mobil bekas laku terjual, maka akan dibawa ke pool IBID dan mendapatkan surat serah terima barang. Informasi pembayaran atas mobil yang terjual akan disampaikan melalui email.

Baca juga: Closed Auction, Metode Lelang Terbaru di IBID

Proses pencairan dana ke akun rekening terdaftar akan dilakukan 5 hari kerja setelah objek lelang terjual. Objek lelang yang terjual akan dikenai biaya admin sebesar 2,5 persen dari harga yang diputuskan dalam lelang.

Itulah beberapa cara titip jual mobil perusahaan di IBID. Satu lagi kelebihan titip jual mobil perusahaan di IBID adalah kamu bisa melelangkan mobil dalam jumlah banyak sekaligus. Tidak lagi harus mengajukan mobil bekas satu per satu, yang tentu saja lebih simple dan praktis.

Informasi lainnya tentang balai lelang IBID kunjungi  www.ibid.astra.co.id. Selain itu bisa diunduh aplikasi IBID di Google Play Store dan App Store. Cek juga Instagram IBID di @ibid_balailelangserasi.


76
Tags
IBID