SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Tips Sukses Ikut Job Fair Biar Langsung Diterima

Salah satu cara untuk mendapatkan informasi dan peluang lowongan kerja adalah melalui job fair. Nggak heran jika ada event job fair, acaranya akan sangat ramai dipenuhi peserta.

Job fair memang memiliki sejumlah kelebihan untuk para pelamar. Di ajang ini, para pencari kerja lebih mudah bertemu langsung dengan staf HRD sekaligus bertanya tentang kualifikasi yang dibutuhkan.

Tapi ajang job fair juga memiliki beberapa kekurangan. Misalnya karena banyaknya jumlah pelamar membuat perusahaan kurang fokus dalam proses seleksi. Keterbatasan waktu juga membuat perusahaan tidak bisa mengeksplor minat dan bakat pelamar secara lebih mendalam.

Bagi para pencari kerja, ada kemungkinan mereka berminat terhadap sebuah perusahaan namun disayangkan tidak tersedianya posisi yang diinginkan. Nah, biar peluang kerja di job fair bisa dimaksimalkan, ada beberapa tips yang bisa dicoba.

Baca juga: Inilah Sejumlah Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

4 Tips Sukses Ikut Job Fair

Informasi Awal

Sebelum ajang job fair dilangsungkan, persiapkan diri kamu sebaik mungkin. Pertama, cari tahu tentang detail job fair: tanggal, lokasi, dan penyelenggaranya. Kedua, line up perusahaan yang berpartisipasi dalamnya.

Pelajari dengan baik profil perusahaan tersebut dan jika ada perusahaan yang menarik perhatian kamu, cari tahu lebih dalam tentang perusahaan tersebut. Jika perlu, cari tahu lowongan yang tersedia melalui website atau media sosial perusahaan tersebut.

Dokumen dan Latihan

Pastikan bahwa Curriculum Vitae (CV) telah diperbarui dengan memuat informasi terbaru tentang diri kamu secara profesional. Siapkan juga beberapa dokumen biasa diperlukan , seperti fotokopi KTP, fotokopi ijazah yang dilegalisir, fotokopi transkrip nilai yang dilegalisir, surat lamaran kerja, serta portofolio hasil karya (kalau ada).

Sempatkan diri untuk berlatih wawancara untuk mencegah rasa gugup saat sesi wawancara dengan HRD perusahaan.

Persiapan Kehadiran

Saat hari yang dinanti tiba, persiapkan diri sebaik mungkin. Gunakan pakaian yang rapi dan sopan, kamu nggak harus terlalu formal dengan mengenakan kemeja putih, bawahan hitam dan sepatu pantofel.

Baca juga: Deskripsi Diri Menarik Dalam CV Bikin Lamaran Kerja Cepat Dilirik

Usahakan datang seawal mungkin ke venue job fair sehingga kamu punya waktu lebih longgar untuk persiapan seleksi mengingat banyaknya pelamar yang hadir. Karena banyaknya perusahaan yang ikut serta, perhatikan rute pada denah secara efektif agar lebih efisien dari segi waktu dan tenaga.

Maksimalkan Peluang

Sesampainya di booth perusahaan yang kamu incar, pelajari posisi yang tersedia berikut kualifikasi dan dokumen yang diperlukan. Biasanya para staf HRD, bahkan nggak jarang manajer HRD turut hadir untuk melakukan seleksi secara langsung.

Jadi gunakan kesempatan itu untuk berbincang dan bertanya tentang perusahaan yang kamu incar. Usahakan untuk melamar posisi yang sesuai kualifikasi kamu.

Nggak perlu membuat terlalu banyak lamaran di banyak perusahaan, targetkan saja posisi yang benar-benar kamu inginkan supaya lebih efektif. 

Acara job fair biasanya berlangsung seharian penuh. Meskipun lelah, usahakan untuk jangan meninggalkan venue job fair sebelum waktunya berakhir karena  bisa saja kamu mendapatkan undangan wawancara atau tes di akhir waktu.

Biasanya HRD akan mengatakan bahwa kamu akan diberitahu tentang wawancara atau tes setelah waktu yang ditentukan. Jika waktunya tiba tetapi kamu belum mendapatkan pemberitahuan, jangan ragu untuk melakukan follow up.

Baca juga: Poin Penting Apa Saja yang Mesti Ada di CV Lamaran Kerja? Ini Jawabannya

Satu hal lagi, gunakan kesempatan job fair ini untuk memperluas networking dan relasi dengan sesama pelamar kerja karena nggak menutup kemungkinan informasi lowongan kerja bisa kamu dapat dari mereka di luar acara job fair.

Itulah sejumlah tips untuk kamu yang berencana mencari peluang kerja melalui ajang job fair. Persiapkan diri kamu sebaik mungkin untuk memperbesar kesempatan mendapat pekerjaan impian.

Selain mempersiapkan diri, pastikan juga perusahaan yang kamu lamar memiliki budaya kerja yang positif dan memiliki prospek karir yang jelas. Pilih perusahaan yang punya reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.

SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.

Informasi lebih jelas tentang lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/.

89
Tags
SERA