SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Tips Memilih Bus Pariwisata yang Aman dan Berkualitas

Kegiatan mobilitas masyarakat, baik untuk keperluan pribadi maupun komunitas seperti liburan, selalu ramai dilakukan banyak kalangan. Berlibur kini bukan lagi menjadi sebuah hiburan atau relaksasi diri, tapi juga bagian dari gaya hidup.

Terlebih, saat ini sarana infrastruktur jalan juga semakin baik. Di pulau Jawa ada ruas tol Trans Jawa yang membuat waktu tempuh perjalanan dari Jakarta hingga Surabaya jadi lebih ringkas. Hal yang sama juga terjadi di pulau Sumatera dengan ruas tol Trans Sumatera.

Seiring dengan itu, orang-orang juga lebih gemar pergi liburan bersama rombongan. Biasanya, sewa bus pariwisata jadi pilihan transportasi untuk mengakomodir kegiatan tersebut.

Hanya saja, maraknya kasus kecelakaan bus pariwisata yang terjadi beberapa waktu terakhir, menjadi peringatan keras tentang pentingnya memilih dan memastikan keamanan bus pariwisata yang akan disewa. Meski bagi orang awam itu bukan perkara mudah.

Terlebih, secara tampilan bus-bus pariwisata yang ditawarkan berbagai perusahaan penyewaan bus befitur meyakinkan. Mulai dari kondisi bodi, cat, hingga kabin terlihat istimewa.

Meski begitu, sejumlah pakar keselamatan transportasi memberikan tips cara mudah untuk mengukur tingkat kelayakan bus pariwisata.

Baca juga: Keberhasilan TRAC Bus Services Meraih ISO 39001

6 Cara Memastikan Kelayakan Bus Pariwisata

Kredibilitas Perusahaan Sewa Bus Pariwisata

Pastikan kredibilitas perusahaan sewa bus serta armada yang disewa. Cara mudahnya, pengecekan bisa dilakukan dengan melihat berita kasus kecelakaan bus yang pernah terjadi. Cek apakah bus yang akan disewa masuk daftar bus yang pernah mengalami kecelakaan? Kalau iya, segera tinggalkan.

Cek Dokumen Bus Pariwisata

Pastikan dokumen dan surat-surat bus lengkap dan masih berlaku. Caranya dengan meminta ke petugas penyedia sewa bus untuk menunjukkan dokumen izin operasional yang sah dan menyatakan bus layak jalan serta disetujui oleh instansi terkait.

Cek Kondisi Fisik Bus

Cek bagian-bagian yang kasat mata dan perhatikan bunyi ketika mesin dinyalakan. Pastikan bodi bus dalam kondisi baik, tidak keropos, dan tidak banyak menggunakan dempul atau tambalan.

Bus yang terawat dengan baik, tentu tidak akan memiliki ciri-ciri seperti itu. Bus pariwisata berkualitas pasti terlihat menarik secara tampilan fisik dan suara mesin terdengar halus.

Perangkat Keamanan Lengkap

Pastikan bus pariwisata dilengkapi penunjang keamanan serta perlengkapan pertolongan saat kondisi darurat. Seperti P3K, alat pemukul kaca, alat pemadam ringan, pintu darurat, serta sabuk pengaman di setiap kursi.

Baca juga: Jenis Bus Luxury yang Cocok buat Liburan Sekolah

Terdaftar dan Resmi

Pastikan bus pariwisata dan penyedianya terdaftar di Kementerian Perhubungan. Cara mudahnya, kamu bisa lihat stiker yang ada di kaca bus, atau mengecek langsung di situs resmi Kementerian Perhubungan.

Kualitas Layanan

Pastikan kapasitas bus, sertifikasi pengemudi, dan jangan tergiur harga murah. Memastikan kualifikasi pengemudi penting untuk mengetahui profesionalitas dan pengalamannya.

Jangan tergiur harga murah, apalagi jauh dibawah harga pasar. Karena bisa jadi bus pariwisata yang digunakan kondisinya kurang layak, perangkat keamanan seadanya, atau pengemudi minim pengalaman.

Sewa Bus Pariwisata di TRAC

TRAC merupakan perusahaan sewa kendaraan, mulai dari rental mobil hingga sewa bus pariwisata profesional dengan reputasi pengalamannya selama lebih dari 37 tahun.

Dalam setiap layanannya, TRAC selalu berkomitmen pada faktor keamanan. Komitmen itu dibuktikan dengan berbagai penghargaan dalam bidang transportasi yang diterima. Salah satunya penghargaan Wahana Adhigana dan Abdi Yasa 2023 dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub.

Baca juga : Hadirkan Layanan Transportasi Yang Aman, TRAC Bus Raih Penghargaan Kemenhub

Penghargaan itu diraih karena bus pariwisata TRAC dinilai telah memenuhi segala aspek dalam menciptakan keselamatan transportasi jalan sebagai penyedia layanan angkutan orang.

Jadi mulai sekarang, pilih sewa bus pariwisata yang mengutamakan keselamatan karena hal tersebut merupakan faktor paling penting. Pilih penyedia sewa bus terpercaya, punya reputasi bagus dan berpengalaman di bidangnya seperti TRAC.

TRAC juga menjamin armada bus pariwisata yang digunakan dalam kondisi prima dan layak jalan, karena rutin melakukan perawatan dan pengecekan. Layanan yang diberikan pun bersifat menyeluruh, termasuk bantuan pelanggan selama 24 jam penuh. Jadi lebih aman pastinya.

Untuk kemudahan pemesanan, kamu bisa pesan langsung di aplikasi TRACtoGo yang bisa di download di Appstore dan Playstore. Atau bisa juga langsung dari halaman utama website TRAC. Pilih armadanya, dan bayar langsung dengan praktis.

Informasi lebih lanjut tentang layanan TRAC kamu juga bisa cek langsung website resmi TRAC di https://www.trac.astra.co.id/ dan follow akun media sosial TRAC di Instagram @trac_astra, Facebook TRAC-Astra Rent a Car, atau Twitter (X) @TRACastra.


52
Tags
TRAC