SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Suka Bikin Konten, Coba Jadi Social Media Specialist Aja!

Perkembangan dunia digital telah membuka begitu banyak kesempatan untuk berkarya dan berkarir. Salah satunya sebagai Social Media Specialist. Tugas utamanya adalah membuat strategi dan produksi konten digital yang kreatif serta menarik untuk berbagai platform media sosial, sebagai salah satu upaya memperkuat brand awareness.

Tugasnya pun nggak cuma terbatas pada satu platform saja, tetapi juga mesti menyesuaikan di tiap jenis media sosial dengan karakteristik dan pengguna yang berbeda. Mereka juga akan bekerja sama dengan tim digital marketing untuk menentukan strategi yang tepat dan efektif.

Jadi buat kamu yang suka dengan hal-hal yang kreatif dan suka bikin konten, Social Media Specialist bisa jadi pilihan profesi yang tepat. Seperti kata anak-anak zaman sekarang, “A job with passion is happiness”.

Baca juga: Lowongan Kerja September 2024 SERA Grup Astra

Tugas dan Tanggung Jawab Social Media Specialist

Seorang Social Media Specialist punya beberapa tugas dan tanggung jawab. Diantaranya, mengembangkan content plan yang sesuai dan konsisten dengan identitas brand. Serta, menciptakan konten yang memiliki value di setiap platform media sosial.

Mereka bertanggung jawab penuh mengelola postingan media sosial sesuai dengan content plan, menjalin interaksi dengan followers, serta mengembangkan dan mengatur program kerja sama dengan influencer.

Untuk menunjang tanggung jawab tersebut, mereka perlu menguasai berbagai tools analitik seperti Google Analytics, Hootsuite Pro, Facebook dan Instagram Insights.

Tanggung jawab lain yang juga harus dilakukan adalah mempersiapkan laporan perkembangan media sosial setiap brand/Perusahaan, memberikan rekomendasi untuk strategi social media marketing, update dengan perkembangan tren media sosial, hingga kolaborasi dengan tim desain untuk kebutuhan visual konten.

Baca juga: Cara Kirim Lamaran Kerja di Website SERA. Mudah!

Skill Yang Dibutuhkan

Karakteristik Social Media Specialist agak berbeda dibanding pekerjaan lain. Karena saat ini belum terlalu banyak universitas atau sekolah yang punya bidang pendidikan khusus dengan profesi tersebut. Makanya, profesi ini terbuka bagi semua lulusan, dengan berbagai skill diantaranya:

Kemampuan social media fluency. Yaitu minat dan pengetahuan yang tinggi seputar media sosial. Kamu mesti memahami berbagai platform media sosial yang digunakan oleh target user hingga update terhadap trend di media sosial.

Kemampuan komunikasi. Meski bekerja di balik layar, seorang Social Media Specialist dituntut untuk punya kemampuan berkomunikasi yang aktif seperti menulis, editing, storytelling, hingga presentasi.

Perlu kamu diingat juga, komunikasi di media sosial sangatlah unik. Jadi harus bisa membangun hubungan yang baik dengan audiens dan menciptakan kedekatan secara virtual.

Baca juga: Cara Bikin CV Lamaran Kerja dengan Mudah Beserta Contohnya

Menguasai berbagai tools. Sebagai seorang Social Media Specialist, kamu akan menggunakan bermacam tools untuk memudahkan pekerjaan. Seperti Hootsuite untuk mengelola berbagai akun dan sejumlah tools analisis yang berguna memonitor perkembangan media sosial.

Desain. Seorang Social Media Specialist perlu memiliki selera visual yang baik karena harus bekerja sama dengan tim desain. Dia bertugas memberikan ide dan rekomendasi desain yang tepat dengan karakteristik user di berbagai platform.

Berpikir cepat. Mengingat fenomena dan tren yang terjadi begitu cepat, mereka harus bisa menciptakan konten yang sesuai. Jangan sampai konten yang dibuat ternyata sudah “basi” sehingga jadi tidak menarik.

Manajemen waktu. Karena ada cukup banyak hal yang harus dikerjakan secara efektif, seperti membalas email hingga merevisi content plan setiap bulannya. Besar kemungkinan posisi ini mengurus lebih dari satu akun brand dengan berbagai aset media sosial yang beragam.

Belum lagi pekerjaan harian yang cukup pada, mulai dari posting, membuat campaign, revisi konten, revisi desain, hingga editing. Membuat profesi ini dituntut punya kemampuan manajemen waktu yang baik untuk menentukan prioritas.

Baca juga: Daerah Dengan UMP dan UMK Tertinggi di Indonesia 2024

Nah, itulah beberapa informasi tentang profesi Social Media Specialist. Selain membekali diri dengan skill yang dibutuhkan, pastikan juga bahwa perusahaan yang kamu lamar punya budaya kerja yang positif dan prospek karir yang jelas. Pilih perusahaan dengan reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.

SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.

Informasi lebih jelas tentang lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/.

58
Tags
SERA