SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Poin Penting Apa Saja yang Mesti Ada di CV Lamaran Kerja? Ini Jawabannya

Sebenarnya nggak ada aturan yang baku dalam membuat curriculum vitae (CV) untuk lamaran kerja. Namun CV merupakan dokumen yang sangat penting karena menjadi representasi diri saat melamar sebuah pekerjaan.

Kualitas CV bisa dibilang cukup menentukan langkah kamu dalam rangkaian proses melamar kerja untuk bisa lanjut ke proses berikutnya atau tidak.

Makanya, sangat penting membuat CV semenarik mungkin agar dilirik oleh perekrut. Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan agar bisa menghasilkan CV yang “menjual”.

Baca juga: Rekomendasi Pekerjaan buat Kamu yang Gemar Menulis

7 Poin Penting yang Wajib Ada Dalam CV Lamaran Kerja

Informasi Diri

Informasi diri terdiri dari nama lengkap, email, dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Gunakan alamat email formal yang menggunakan nama asli kamu.

Kamu bisa mencantumkan alamat domisili meski tidak harus lengkap. Biar lebih mudah dalam membuatnya, kamu bisa coba Cara Membuat CV Menarik Agar Lamaran Kerja Cepat Dilirik berikut.

Deskripsi Diri

Gambarkan deskripsi diri secara singkat, padat, dan jelas. Tulis deskripsi diri sekitar satu hingga dua paragraf dengan menonjolkan kemampuan yang kamu kuasai. Gunakan kalimat persuasif biar CV lebih menarik perhatian Perusahaan.

Jangan lupa memasukan beberapa skill yang kamu kuasai dan sesuai dengan posisi yang ingin dilamar.

Pendidikan

Kalau ingin mencantumkan latar belakang pendidikan di dalam CV, sebaiknya masukan pendidikan terakhir saja. Kamu nggak perlu membuat daftar pendidikan mulai dari TK hingga lulus kuliah. Cukup masukkan informasi pendidikan paling tinggi saja.

Tuliskan nama institusi, jurusan, tahun kelulusan dan IPK yang diraih. Jika kamu lulus cumlaude, bisa juga tambahkan informasi tersebut sebagai nilai tambah.

Baca juga: Suka Bikin Konten, Coba Jadi Social Media Specialist Aja!

Pengalaman 

Buat fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, kamu bisa memasukan pengalaman organisasi (di kampus atau luar kampus), magang atau bekerja paruh waktu.

Lalu bagaimana kalau pekerjaan paruh waktu tersebut tidak sesuai dengan pekerjaan yang dilamar? Apakah boleh mencantumkannya? Nggak masalah. Justru itu menunjukkan kesungguhan dan kegigihan kamu dalam bekerja.

Kemampuan/Skill

Tulis kemampuan atau keahlian yang relevan dan dibutuhkan pada posisi yang kamu lamar. Serta, kemampuan lain yang juga masih relevan, seperti bahasa asing hingga pengoperasian komputer atau software tertentu (seperti Java, Python dan lainnya).

Cantumkan skill yang benar-benar kamu kuasai. Jangan coba berbohong atau sesumbar terhadap sesuatu yang tidak kamu kuasai. Karena itu justru hanya akan menjadi bumerang dan menyulitkan diri sendiri di masa yang akan datang.

Referensi

Referensi merupakan salah satu poin penting di dalam CV karena merupakan testimoni atau rekomendasi dari atasan terdahulu agar perekrut semakin yakin terhadap track record kamu. Bagi fresh graduate, bisa menggunakan referensi dosen pembimbing atau atasan di tempat magang.

Foto Diri

Agar lebih menarik, lampirkan foto diri terbaik yang kamu punya. Lowongan kerja tertentu membutuhkan penampilan menarik, misalnya posisi front office di bidang perhotelan atau frontliner di perbankan.

Foto yang dilampirkan dapat membantu perekrut dalam menilai. Jadigunakan foto terbaik dengan menggunakan foto semi-formal dengan gaya yang tidak berlebihan. Hindari penggunaan pas foto yang cenderung kaku dan terlihat monoton.

Baca juga: Lowongan Kerja September 2024 SERA Grup Astra

Nah, itulah beberapa informasi penting yang bisa jadi referensi kamu dalam memasukan poin-poin penting dalam CV lamaran kerja. Setelah mengetahui tipsnya, sekarang saatnya untuk mengirim CV lamaran kerja ke perusahaan impian.

Tapi sebelum itu, pastikan dulu kalau perusahaan yang kamu lamar punya budaya kerja yang positif dan prospek karir yang jelas. Pilih perusahaan dengan reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.

SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.

Informasi lebih jelas tentang lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/.


35
Tags
SERA