SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Memahami Estimasi Pengiriman Saat Kirim Barang

Salah satu hal yang selalu ingin dipastikan saat mengirim barang lewat jasa pengiriman adalah estimasi waktu barang yang dikirim tersebut hingga sampai ke lokasi tujuan.

Sederhananya, estimasi pengiriman merupakan perkiraan durasi kirim barang, dari lokasi awal ke lokasi tujuan dengan mempertimbangkan jarak dan waktu berdasarkan armada pengiriman yang digunakan.

Umumnya, estimasi waktu pengiriman diberikan kepada pelanggannya berdasarkan jarak seberapa jauh barang dikirim dan dengan menggunakan layanan apa barang tersebut dikirim.

Saat ini setidaknya ada 2 jenis layanan pengiriman yang sering digunakan berdasarkan kecepatan waktu proses pengiriman. Diantaranya pengiriman instan (barang diterima penerima pada hari yang sama dengan pengiriman), serta reguler yang prosesnya bisa memakan waktu tiga hingga  empat hari kerja.

Estimasi pengiriman ini penting untuk dipastikan oleh pengirim. Terlebih, kalau barang yang dikirim merupakan logistik yang tidak bisa tahan lama,  makanan yang punya masa kadaluarsa dalam kurun waktu tertentu.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Muatan Saat Kirim Barang

Selama ini, setidaknya ada dua faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya estimasi pengiriman sebuah barang. Diantaranya:

Jenis produk layanan pengiriman. Mulai dari same day, next day, dan pengiriman reguler dengan masa pengiriman dua hingga tiga hari.

Lokasi tujuan pengiriman. Beberapa produk layanan premium seperti same day atau next day, biasanya hanya tersedia terbatas di wilayah tertentu dan tidak menjangkau semua wilayah.

Semakin jauh lokasi yang diakses maka tarif yang harus dibayarkan juga semakin mahal. Akses yang sulit, dan jauh tentu sulit dicapai umumnya membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk sampai ke penerima.

Selain kedua faktor tersebut, kalau barang yang dikirim berjumlah banyak atau dalam volume besar, maka pilihan armada angkutan juga ikut menentukan estimasi waktu pengiriman.

Pilihan armada angkutan yang memadai, seperti truk, kereta api, pesawat terbang, hingga kapal laut. Tentu saja masing-masing juga punya kelebihan & kekurangan hingga besaran tarif atau biaya yang berbeda.

Makanya, saat akan mengirim barang, penting untuk memilih penyedia layanan pengiriman berkualitas untuk menjamin efisiensi dan efektifitas proses pengiriman dengan angkutan yang digunakan.

Baca juga: 4 Jenis Warehouse Berdasarkan Kebutuhan

Pilih perusahaan penyedia jasa logistik profesional dan punya reputasi yang baik, seperti SELOG. Salah satu lini bisnis PT Serasi Autoraya atau SERA ini telah berpengalaman dan berkecimpung lama dalam industri logistik dan pengiriman.

SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, serta Freight Forwarding Warehouse and Yard Management.

Apa saja Layanan SELOG?

Shipping Services

Merupakan jasa pengiriman dan distribusi kargo di dalam negeri dengan moda transportasi laut berkualitas yang mengutamakan pada pengiriman kargo untuk industri otomotif, alat berat, dan muatan lainnya.

Shipping Agency

Merupakan jasa agen pengiriman yang berkolaborasi dengan S5 Agency World sebagai agen pengiriman terbesar di Asia.

Layanan Freight Forwarding

Merupakan jasa pengiriman alat berat atau kargo lainnya menggunakan berbagai jenis moda pengangkutan untuk wilayah dalam negeri dengan jaminan keamanan (safety), tepat waktu (on time) dan zero defect.

Warehouse and Yard Management

Jasa pengelolaan dan penyimpanan barang untuk kebutuhan supply chain menggunakan Warehouse Management System (WMS) yang memungkinkan proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai.

Baca juga: Beberapa Masalah yang Sering Muncul Dalam Industri Logistik

WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang secara real time. Tersedia juga layanan tambahan berupa inbound dan outbound transportation untuk menjamin barang tiba dengan aman tanpa kerusakan apa pun.

Layanan SELOG juga didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.

Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.

Info lebih lanjut tentang profil SERA dan layanan yang dimiliki, termasuk SELOG, silahkan mengunjungi halaman berikut https://www.sera.astra.co.id/

64
Tags
SELOG