SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Berkendara Mobil Matic

Tidak bisa dipungkiri lagi, mobil matic kini banyak dipilih masyarakat buat beraktivitas. Khususnya mereka yang tinggal di perkotaan. Hal itu bisa maklumi, karena mobil-mobil matic menawarkan kepraktisan dan kemudahan dalam penggunaanya.

Terlebih di kota-kota besar yang identik dengan kepadatan dan kemacetan lalu lintas. Tak heran bila penjualan mobil matic, sejak beberapa tahun terakhir tercatat lebih tinggi dibandingkan mobil transmisi manual.

Meski lebih mudah dikemudikan, ada beberapa pantangan yang nggak boleh dilakukan ketika berkendara mobil matic untuk menjamin keamanan dan keselamatan di jalan. Berikut diantaranya.

Baca juga: Matikan AC Mobil Bikin Irit BBM, Mitos apa Fakta?

5 Pantangan Berkendara Mobil Matic

Memindahkan Gigi ke Posisi Netral di Jalan Menurun

Mungkin ada sebagian orang yang berpikir bahwa saat melintasi jalan menurun tanpa memasukkan gigi bisa lebih menghemat bahan bakar. Cara ini jelas salah, karena bisa menyebabkan sistem transmisi jebol apalagi kalau sering dilakukan.

Lagipula tujuan menghemat bahan bakar pun akan sia-sia karena pada mobil modern, saat jalan menurun fuel injector akan tertutup sehingga tidak ada bahan bakar yang digunakan.

Menggeber Mesin

Sebagian pengendara mobil matic punya kebiasaan menggeber mesin sebelum dikendarai. Saat posisi gigi N (Netral), pengemudi menginjak pedal gas cukup dalam dan langsung memindahkan gigi transmisi ke posisi D (Drive). Hal ini sangat beresiko merusak komponen transmisi clutch pada kendaraan.

Memindahkan Gigi ke Posisi P saat Mobil Belum Berhenti Total

Saat kamu memarkir mobil dan akan memindahkan tuas transmisi ke posisi P (Parking), pastikan mobil sudah benar-benar berhenti.

Kalau kamu memindahkan tuas transmisi ke posisi P saat mobil belum berhenti sepenuhnya (walaupun pelan), beresiko merusak dan memperpendek umur transmisi. Sebab, fungsi posisi P pada transmisi mobil matic adalah untuk parkir, bukan pengereman.

Baca juga: Daftar Mobil Paling Irit 2024 Cocok untuk Harian

Memindahkan Tuas ke Gigi Mundur Saat Mobil Belum Berhenti Total

Sebelum mengganti posisi gigi D (Drive) ke posisi R (Reverse/ mundur) dan sebaliknya, pastikan mobil sudah dalam kondisi benar-benar berhenti.

Untuk memastikannya, gunakan pedal rem. Ingat, transmisi dirancang hanya untuk berpindah gigi, bukan untuk membuat mobil berhenti.

Menginjak Rem saat Posisi Gigi D di Lampu Merah

Kalau kamu masih sering berhenti dalam waktu lama dengan menginjak pedal rem sementara tuas transmisi berada di posisi D (Drive),  segera hentikan kebiasaan tersebut.

Kalau berhenti lama seperti saat macet atau di lampu merah, pindahkan tuas transmisi ke posisi N (Netral). Kebiasaan berhenti lama dengan menginjak rem dalam kondisi tuas di posisi D akan membuat umur transmisi jadi lebih pendek.

Nah, itulah beberapa hal yang nggak boleh dilakukan saat menggunakan mobil matic karena bisa membahayakan sekaligus merusak komponen. Selain memahami pantangan berkendara mobil matic, penting juga untuk selalu merawat mobil agar kondisinya selalu prima dan aman digunakan.

Makanya, penting untuk selalu menjaga performa mobil dengan cara rutin merawat komponen-komponen vital. Tapi, kalau mau lebih praktis, kamu bisa rental mobil untuk mendukung mobilitas sehari-hari.

Baca juga: Begini Cara Mudah Mencegah Kaca Mobil Berembun

Pilihan Rental Mobil TRAC

Tapi jangan sembarangan, pilih penyedia rental mobil profesional dan punya reputasi baik, seperti TRAC. Salah satu lini bisnis PT Serasi Autoraya atau SERA yang juga bagian dari grup Astra ini menawarkan solusi atas setiap kebutuhan transportasi. Baik untuk personal maupun perusahaan.

TRAC punya beragam pilihan mobil yang bisa disewa harian atau jangka panjang. Diantaranya beberapa mobil irit bbm seperti Avanza, Xenia, Ertiga, Agya, Brio, Sigra, hingga Xpander.

Serta beberapa pilihan lain, misalnya di kelas hatchback/sedan, ada pilihan Daihatsu Ayla, Toyota Corolla Altis, hingga BMW 5 Series.

Pilihan MPV tersedia Toyota Calya, Daihatsu Gran Max hingga Toyota Alphard/Vellfire. Serta SUV seperti Toyota Fortuner, Daihatsu Terios, Mitsubishi Pajero, BMW X6, Lexus RX300 hingga Toyota Land Cruiser.

Baca juga: Fungsi Penting Katalis Knalpot Mobil

TRAC menjamin setiap armada mobil kondisinya sehat dan siap pakai, bahkan model keluaran terbaru. Layanan yang diberikan pun bersifat menyeluruh, termasuk bantuan pelanggan selama 24 jam penuh.

Cara pesannya juga mudah, bisa lewat halaman utama di website TRAC atau aplikasi TRACtoGo yang tersedia di Playstore dan Appstore.

Informasi lebih lanjut tentang layanan TRAC kamu juga bisa cek langsung website resmi TRAC di https://www.trac.astra.co.id/ dan follow akun media sosial TRAC di Instagram @trac_astra, Facebook TRAC-Astra Rent a Car, atau Twitter (X) @TRACastra.

152
Tags
TRAC