SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Daftar Mobil Paling Irit 2024 Cocok untuk Harian

Popularitas mobil-mobil listrik memang sedang menanjak, tapi mobil bertenaga baterai tersebut belum menjadi pilihan semua orang karena sejumlah alasan. Sebagian besar masih menaruh minat pada mesin bahan bakar konvensional karena dianggap lebih praktis dan realistis.

Pabrikan mobil pun masih terus mengembangkan mesin bahan bakar agar lebih efisien. Berbagai teknologi disematkan untuk meningkatkan efisiensi BBM, termasuk menggunakan teknologi hybrid.

Makanya nggak heran kalau mobil irit bahan bakar masih jadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Khususnya buat orang-orang yang tinggal di kota besar dengan kondisi lalu lintas yang padat. Pilihan mobil yang irit tentu jadi solusi untuk beraktivitas sehari-hari.

Baca juga: Begini Cara Mudah Mencegah Kaca Mobil Berembun

7 Mobil Paling Irit 2024

Honda Brio

Honda Brio merupakan salah satu city car paling laris di Indonesia. Selain dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau, mobil ini juga terkenal irit bbm.

Saat melaju di tol, konsumsi BBM Brio bisa mencapai 23 km/liter. Sementara untuk rute dalam kota, Brio mencatat angka konsumsi 17 km/liter dengan mesin 1.200 cc bertenaga 89 hp dan torsi 110 Nm.

Suzuki Ertiga Hybrid

Suzuki Ertiga Hybrid dilengkapi dengan teknologi SHVS yang membuatnya irit konsumsi BBM. Pabrikan menyematkan komponen Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai lithium-ion untuk menunjang kinerja sistem Suzuki Smart Hybrid.

Ertiga Hybrid mencatat angka konsumsi BBM 17 km/liter di ruas tol dan 14,4 km/liter di dalam kota. Berbekal mesin 1.500 cc, mobil ini sanggup menghasilkan tenaga 103 hp dan torsi 138 Nm.

Toyota Avanza

Sejak meluncur di Indonesia pada 2003, Toyota Avanza terus mempertahankan reputasinya sebagai MPV sejuta umat yang irit bbm. Saat melaju di tol, Avanza 1.3 konsumsi BBM nya mencapai 18 km/liter, serta 15 km/liter untuk tipe Avanza 1.5.

Untuk urusan dapur pacu, mesin Avanza 1.3 menghasilkan tenaga 97 hp dan torsi 122 Nm sedangkan Avanza 1.5 menyemburkan tenaga 105 hp dan torsi 141 Nm.

Baca juga: Fungsi Penting Katalis Knalpot Mobil

Daihatsu Sigra

Sebagai salah satu mobil LCGC favorit, Daihatsu Sigra tentu saja menjamin konsumsi BBM yang irit. Untuk rute jalan tol atau luar kota, Sigra 1.2 mencatat konsumsi bbm hanya 18 km/liter, serta Sigra 1.0 yang bisa meraih 20 km/liter.

Untuk rute dalam kota, Sigra 1.2 maupun 1.0 sama-sama mencapai angka 14 km/liter. Mesin Sigra 1.2 menghasilkan tenaga 87 hp dan torsi 106 Nm, sedangkan Sigra 1.0 meraih tenaga 66 hp dan torsi 89 Nm.

Mitsubishi Xpander Cross

Mungkin sebagian orang tidak menyangka Mitsubishi Xpander Cross masuk dalam kategori mobil irit bbm. Mobil ini mampu mencatatkan konsumsi bbm 15 km/liter untuk rute dalam kota, serta 18 km/liter rute luar kota atau tol.

Low SUV keluaran Mitsubishi ini dibekali mesin 1.500 cc yang dapat mengeluarkan tenaga 104 hp dengan torsi 141 Nm.

Suzuki Ignis

Meski tidak masuk dalam kelas LCGC, Suzuki Ignis tidak mau kalah dalam urusan keiritan bahan bakar. Catatannya bisa diadu dengan Honda Brio. Untuk rute dalam kota, Ignis bahkan sedikit lebih irit yaitu sekitar 18-19 km/liter.

Sementara untuk rute luar kota tidak berbeda jauh dengan Brio, yaitu 23 km/liter. Mobil ini dibekali mesin 1.200 cc yang menghasilkan tenaga 82 hp dengan torsi 113 Nm.

Toyota Agya

Sebagai pioneer mobil LCGC, tentu saja Toyota Agya harus bisa memenuhi syarat irit BBM. Konsumsi bensin Agya di dalam kota tercatat mencapai 15 km/liter. Sementara saat melaju di tol dan luar kota, lebih irit lagi mencapai 21 km/liter.

Toyota Agya menggunakan mesin 1.200 cc yang mengeluarkan tenaga 87 hp dan torsi 113 Nm.

Baca juga: Innova Zenix Hybrid, Punya Tenaga Super Tapi Irit Bahan Bakar

Itulah beberapa daftar mobil irit bbm 2024 yang bisa jadi rekomendasi buat jadi tunggangan harian. Tapi kalau mau lebih irit lagi, kamu bisa menggunakan layanan rental mobil. Tapi jangan sembarangan, pilih penyedia rental mobil profesional dan punya reputasi baik, seperti TRAC.

Selain lebih praktis, rental mobil juga dianggap lebih efisien untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Kamu nggak perlu repot mengurus perawatan, serta mobil yang tersedia sangat beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Diantaranya beberapa mobil irit bbm yang disebutkan diatas, yakni Avanza, Ertiga, Agya, Brio, Sigra, hingga Xpander.

Nggak cuma itu, TRAC juga punya beragam pilihan mobil yang disesuaikan dengan kebutuhan. Di kelas hatchback/sedan, ada pilihan Daihatsu Ayla, Toyota Corolla Altis, hingga BMW 5 Series.

Pilihan MPV tersedia Toyota Calya, Daihatsu Gran Max hingga Toyota Alphard/Vellfire. Serta SUV seperti Toyota Fortuner, Daihatsu Terios, Mitsubishi Pajero, BMW X6, Lexus RX300 hingga Toyota Land Cruiser.

TRAC menjamin setiap armada mobil kondisinya sehat dan siap pakai, bahkan model keluaran terbaru. Layanan yang diberikan pun bersifat menyeluruh, termasuk bantuan pelanggan selama 24 jam penuh. Cara pesannya juga mudah, lewat halaman utama di website TRAC atau aplikasi TRACtoGo yang tersedia di Playstore dan Appstore.

Informasi lebih lanjut tentang layanan TRAC kamu juga bisa cek langsung website resmi TRAC di https://www.trac.astra.co.id/ dan follow akun media sosial TRAC di Instagram @trac_astra, Facebook TRAC-Astra Rent a Car, atau Twitter (X) @TRACastra.

94
Tags
TRAC