SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Begini Cara Titip Jual Alat Berat HVE di IBID

Menjual alat berat bekas pakai memang gampang-gampang susah. Terlebih kalau ingin mendapatkan harga terbaik seperti yang diinginkan. Tapi, kini ada sarana untuk menjual alat berat atau High Vehicle Equipment (HVE) dengan mudah dan harga jual yang fair. Salah satunya lewat balai lelang.

Di era digital seperti sekarang, ada banyak cara untuk menjual barang. Tidak hanya marketplace dan offline store, balai lelang juga merupakan salah satu sarana yang efektif untuk jual barang. Tentu saja dengan berbagai keunggulan yang dimiliki dibanding marketplace atau media penjualan online lainnya.

Selain itu, mekanisme tawar-menawar yang transparan dalam menetapkan harga yang pas juga jadi salah satu keunggulan yang didapatkan penjual maupun pembeli dalam proses lelang.

Pasalnya, dengan kondisi barang yang dilelang apa adanya, harga jual yang terbentuk jadi benar-benar objektif. Makanya nggak heran kalau lelang kini sangat diminati masyarakat untuk menjual barang bekas, termasuk alat berat atau HVE milik Perusahaan maupun perorangan.

Baca juga: Ketahui, Ini 3 Jenis NPL di Balai Lelang IBID

Keuntungan Beli Alat Berat Lewat Lelang

  • Harga yang lebih terjangkau

  • Lebih simpel. Dengan beli alat berat bekas maka peralatan itu bisa langsung dioperasikan tanpa harus mengurus surat-surat dan perizinan pengoperasian karena berbagai surat itu telah diurus oleh pemilik sebelumnya.

  • Alat berat bisa langsung digunakan tanpa harus menunggu inden seperti beli alat berat baru.

  • Nilai penyusutan yang rendah. Seperti diketahui, setiap tahun nilai alat berat mengalami penyusutan antara 5 persen – 8 persen, sehingga dalam lima tahun penyusutan nilai alat berat bisa mencapai 40 persen.

Selain, beberapa keuntungan itu, proses menjual alat berat bekas di sistem lelang kini juga mudah. Khususnya di perusahaan lelang PT Balai Lelang Serasi, yakni balai lelang yang merupakan bagian dari Grup Astra, dengan nama merek dagang IBID.

Selama belasan tahun, IBID telah dipercaya oleh banyak perusahaan untuk membantu menjual aset mereka dan menawarkan berbagai keuntungan bagi perusahaan-perusahaan tersebut.

Keuntungan menjual lelang melalui IBID dibandingkan marketplace dan sosial media adalah aman dan terpercaya karena IBID telah terdaftar dan diawasi langsung oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

Baca juga: Closed Auction, Metode Lelang Terbaru di IBID

Selain itu, urusan menjual barang pun menjadi lebih mudah, praktis dan cepat karena IBID memiliki ratusan daftar calon pembeli potensial sehingga lebih tepat sasaran.

Untuk titip jual di balai lelang IBID, pemilik alat berat bekas bisa menitipkan barang tersebut untuk dijual atau secara umum disebut sebagai titip jual. Untuk mengajukan titip jual alat berat ini cukup mudah.

Proses Titip Jual Alat Berat di IBID

  • Melakukan registrasi akun perusahaan di situs web atau aplikasi IBID, dan kemudian melengkapi data diri dan scan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

  • Kelengkapan data diri itu mulai dari mengisi formulir titip jual barang, memilih lokasi dan jadwal inspeksi (pemeriksaan barang yang dititip jual) sesuai dengan keinginan.

  • Tim IBID akan menghubungi penitip jual barang, untuk mengkonfirmasi objek lelang yang dititip jual dalam waktu 2x24 jam (pada hari kerja). Lalu, penitip jual barang diminta mengisi formulir perjanjian kerjasama untuk mendapatkan kesepakatan antara penitip dan pihak IBID.

  • Pilih jadwal lelang yang diinginkan. Pada hari yang diinginkan (sesuai jadwal) penitip bisa langsung memantau lelang melalui situs web atau aplikasi IBID.

  • Tim IBID akan melakukan konfirmasi pembayaran jika alat berat yang dititipkan telah terjual. Sementara, proses pencairan dana ke akun rekening penitip barang dilakukan dua hari kerja setelah pelunasan alat berat. Setiap alat berat yang terjual akan dikenai biaya administrasi titip jual.

Baca juga: Cara Mudah Jual Peralatan Elektronik di Balai Lelang IBID

Itulah kelebihan menitip jual alat berat atau HVE di IBID. Kelebihan lain dari IBID selain terpercaya adalah, masyarakat dapat mengikuti live auction lewat aplikasi IBID yang sudah tersedia di Playstore dan Appstore.

Informasi lebih lanjut tentang balai lelang IBID bisa kamu cek website www.ibid.astra.co.id serta follow akun media sosial resmi IBID, Instagram @ibid_balailelangserasi. Facebook: IBID - Balai Lelang Serasi. TikTok: @ibid_balailelangserasi. YouTube: IBID - Balai Lelang Serasi dan Twitter: @ibid_lelang.

49
Tags
IBID