SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Angin Segar Pertumbuhan Ekonomi Tanah Air di Tahun 2024

Ekonomi Indonesia Tumbuh 5 Persen di Semester Pertama

Perekonomian nasional diyakini masih resilien atau punya daya tahan yang kuat di tengah kondisi ekonomi global yang penuh ketidakpastian. Apalagi dengan kondisi geopolitik yang tidak stabil dalam beberapa waktu terakhir akibat ketegangan dan konflik bersenjata yang terjadi di beberapa negara.

Ketangguhan ekonomi Indonesia terlihat dari pertumbuhan yang mencapai 5,08 persen pada kuartal pertama (Januari – Maret) 2024, serta 5,05 persen di kuartal kedua (April – Juni) dibanding tahun 2023 dengan periode yang sama.

Dalam Rapat Kerja dengan Badan Anggaran (Bangar) DPR RI dengan agenda Penyampaian Pokok-pokok Laporan Realisasi Semester I dan Prognosis Semester II APBN 2024, pada 8 Juli 2024 lalu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan kuatnya pertumbuhan ekonomi pada semester I-2024 didukung oleh sektor konsumsi yang masih cukup kuat.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang mendukung seperti inflasi yang terkendali, adanya kenaikan gaji ASN dan pensiunan, pemberian THR dan gaji 13, serta kegiatan pemilu.

Baca juga: Fakta HUT RI ke-79 yang Bakal Digelar di IKN dan Jakarta

“Hal tersebut memberikan daya ungkit. Untuk outlook semester kedua (Juli – Desember 2024), kami perkirakan resiliensinya (daya tahannya) masih bisa bertahan dengan domestic demand yang masih relatively bisa dijaga dengan inflasi yang terus terjaga rendah,” papar Sri Mulyani.

Pertumbuhan ekonomi juga diyakini terjadi karena tingkat konsumsi masyarakat dan pemerintah yang cukup tinggi, masih berjalannya proyek-proyek infrastruktur dan konstruksi, serta ekspor berbagai komoditas yang mulai menggeliat.

Proyeksi Ekonomi Indonesia hingga Akhir Tahun

Kementerian Keuangan memperkirakan pertumbuhan ekonomi sampai dengan akhir tahun 2024 berada pada kisaran 5,0 hingga 5,2 persen.

Meski begitu, Kemenkeu juga memberi catatan agar tetap mewaspadai berbagai kemungkinan kondisi global, sehingga langkah antisipasi ke berbagai kondisi yang terjadi bisa dilakukan dengan cermat dan akurat.

Namun, sejumlah pemerhati ekonomi mengingatkan agar pemerintah terus menjaga daya beli masyarakat. Pasalnya, daya beli masyarakat sangat rawan tertekan oleh kenaikan harga barang-barang, terutama bahan pangan pokok, dan inflasi.

Baca juga: Jenis Shipping Dalam Industri Logistik

Makanya, para pengamat sangat mewanti-wanti agar efisiensi yang terkait dengan proses produksi dan distribusi barang tidak mengalami gejolak biaya.

Selain itu, tingkat efisiensi distribusi barang ke sentra-sentra produksi maupun distribusi dari pusat produksi ke masyarakat juga mesti dipastikan tetap terjaga.

Dengan melihat kondisi yang ada, penting untuk selalu menjaga efektivitas dan efisiensi alur distribusi agar biaya dan tingkat konsumsi masyarakat masih bisa kendalikan. Salah satunya caranya dengan menggunakan jasa logistik berkualitas seperti SELOG.

Salah satu lini bisnis PT Serasi Autoraya atau SERA ini telah berpengalaman dan berkecimpung lama dalam industri logistik dan pengiriman. SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda.

Baca juga: Wacana Sertifikasi Halal Jasa Logistik, Apa Manfaatnya?

Apa saja Layanan SELOG?

Shipping Services

Merupakan jasa pengiriman dan distribusi kargo di dalam negeri dengan moda transportasi laut berkualitas yang mengutamakan pada pengiriman kargo untuk industri otomotif, alat berat, dan muatan lainnya.

Shipping Agency

Merupakan jasa agen pengiriman yang berkolaborasi dengan S5 Agency World sebagai agen pengiriman terbesar di Asia.

Layanan Freight Forwarding

Merupakan jasa pengiriman alat berat atau kargo lainnya menggunakan berbagai jenis moda pengangkutan untuk wilayah dalam negeri dengan jaminan keamanan (safety), tepat waktu (on time) dan zero defect.

Warehouse and Yard Management

Jasa pengelolaan dan penyimpanan barang untuk kebutuhan supply chain menggunakan Warehouse Management System (WMS) yang memungkinkan proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai.

Baca juga: Beberapa Masalah yang Sering Muncul Dalam Industri Logistik

WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang secara real time. Tersedia juga layanan tambahan berupa inbound dan outbound transportation untuk menjamin barang tiba dengan aman tanpa kerusakan.

Layanan SELOG juga didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.

Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.

Info lebih lanjut tentang profil SERA dan layanan yang dimiliki, termasuk SELOG, silahkan mengunjungi halaman berikut https://www.sera.astra.co.id/

68
Tags
SELOG