SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Tertarik Jadi Marketing Officer? Ini Tugas dan Skill yang Mesti Dikuasai

Marketing Officer adalah salah satu jabatan atau bidang pekerjaan yang berperan penting terhadap kemajuan perusahaan, terutama dalam mempromosikan bisnis dan misi perusahaan.

Bisa dibilang, Marketing Officer merupakan representasi wajah perusahaan yang menjangkau prospek dan pelanggan sambil menciptakan citra positif perusahaan.

Secara umum, Marketing Officer bertugas membantu menyusun dan menjalankan strategi pemasaran sebuah perusahaan, termasuk di antaranya mengembangkan konsep strategi marketing yang sudah direncanakan sebelumnya agar lebih baik.

Kualifikasi yang umumnya harus dimiliki Marketing Officer adalah kemampuan berkomunikasi dan keahlian menyusun strategi pemasaran.

Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang Marketing Officer, berikut ini adalah penjelasan rinci tentang tugas atau tanggung jawab yang diemban serta keahlian yang perlu dimiliki.

Baca juga: Lowongan Kerja Agustus 2024 SERA Grup Astra

Dengan kualifikasi tersebut, kamu diharapkan bisa menjadi Marketing Officer yang mampu memberi kontribusi berupa rencana pemasaran, branding, dan periklanan yang ditujukan untuk mencapai target dan tujuan perusahaan.

Tugas Marketing Officer

Tugas utamanya adalah berkaitan dengan kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Kalau dijabarkan secara rinci, tugas-tugasnya mencakup beberapa hal berikut.

  • Merencanakan dan mengembangkan strategi pemasaran perusahaan

  • Koordinasi dengan tim riset tentang pelanggan dan pasar

  • Melakukan kegiatan promosi

  • Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap program pemasaran yang telah dilakukan

  • Menyusun strategi proyek marketing yang akan datang

  • Menetapkan harga jual produk atau layanan sesuai dengan keunggulan yang ditawarkan

  • Membangun komunikasi yang baik dengan berbagai pihak dan divisi perusahaan

Skill yang Dibutuhkan

Untuk bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab di atas, seorang Marketing Officer perlu memiliki sejumlah keahlian. Ada empat skill utama yang diperlukan untuk mengisi posisi tersebut, diantaranya.

Punya kemampuan riset yang baik terkait pasar dan pelanggan. Selain itu, diperlukan juga kemampuan untuk melakukan riset terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi rencana marketing perusahaan dan kegiatan pemasaran lainnya.

Memiliki pemahaman terhadap konsumen. Dengan mengenal perilaku konsumen dalam membeli produk atau jasa, kamu bisa menyusun strategi marketing yang lebih mantap sehingga diharapkan bisa meraih sebanyak mungkin konsumen.

Kemampuan membaca data untuk kepentingan strategi pemasaran. Keberadaan data analisis ini akan membantu kamu dalam mengetahui konten marketing yang tepat untuk mempromosikan produk perusahaan.

Punya kemampuan manajemen proyek yang baik. Skill ini akan membantu kamu dalam menyusun rencana pemasaran hingga melakukan monitoring dan evaluasi program marketing yang telah dilaksanakan perusahaan.

Selain hard skill, diperlukan juga soft skill yang mumpuni seperti berpikir kritis atau kreatif, problem solving, bisa bekerjasama dalam tim, dan kemampuan komunikasi yang baik.

Baca juga: Cara Bikin CV Lamaran Kerja dengan Mudah Beserta Contohnya

Lowongan Marketing Officer di TRAC

Buat kamu yang ingin berkarir di bidang marketing, saat ini ada lowongan untuk posisi Rental Marketing Officer untuk perusahaan rental mobil TRAC yang merupakan lini bisnis dari PT Serasi Autoraya atau SERA. Kualifikasinya sebagai berikut.

  • Pendidikan minimal D3 segala jurusan dan terbuka untuk fresh graduate

  • Punya pengalaman di bidang Sales atau Marketing merupakan nilai lebih

  • Memiliki inisiatif tinggi dan paham dunia wisata

  • Antusias untuk bekerja di bawah target

  • Memiliki SIM menjadi nilai tambah

Kirim segera CV dan lamaran kerja kamu sebelum 17 Agustus 2024. Informasi selengkapnya, kamu bisa lihat di  halaman berikut.

Itulah beberapa informasi tentang prospek karir Marketing Officer. Informasi lebih lanjut tentang lowongan kerja SERA, cek langsung ke website SERA www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi link berikut https://career.sera.astra.co.id/.

Jangan lupa juga follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir dan lowongan kerja terbaru.

416
Tags
SERA