SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Ketahui, Ini 3 Jenis NPL di Balai Lelang IBID

Dalam sebuah proses lelang barang, termasuk mobil, proses penawaran harga yang dilakukan peserta merupakan intinya.  Sebab, dari besaran harga yang diajukan itulah akhirnya terbentuk harga tertinggi, kalau tidak ada penawar lagi yang mengajukannya.

Saat itulah harga barang lelang ditetapkan. Oleh karena itu, peserta lelang mesti aktif melakukan pemantauan terhadap penawaran yang diajukan, dan memantau penawaran dari peserta lain agar bisa menang dalam lelang tersebut.

Tentunya, untuk mengajukan penawaran, peserta wajib memiliki Nomor Peserta Lelang (NPL), terutama kalau ingin mengikuti lelang di IBID.  NPL itulah yang nantinya digunakan untuk membuat penawaran objek lelang, seperti mobil bekas, motor bekas, produk lifestyle, alat berat, hingga scrap.

NPL dapat digunakan untuk lelang lewat website dan aplikasi IBID. Satu NPL hanya bisa digunakan untuk satu objek lelang atau lot lelang. Untuk mendapatkan NPL, peserta wajib memberikan deposit melalui virtual account atau e-wallet.

Baca juga: Closed Auction, Metode Lelang Terbaru di IBID

Besaran yang dikeluarkan pun berbeda. Untuk NPL mobil bekas sebesar Rp 5 juta, NPL motor bekas  Rp 1 juta, serta NPL lifestyle Rp200 ribu.

Kalau peserta menang lelang, deposit NPL bisa digunakan pemotong biaya pelunasan. Tapi kalau kalah, deposit dikembalikan sepenuhnya ke rekening terdaftar di akun IBID.

3 Jenis NPL di IBID

  • NPL Live yang diperuntukkan metode Live Auction. Unit yang dilelangkan yaitu mobil bekas dan motor bekas. 

  • NPL Timed yang digunakan ketika dilakukan lelang Timed Auction. Berbeda dengan Live Auction, lelang diselenggarakan dengan durasi yang lebih lama, biasanya 1–3 hari.

Umumnya, barang dilelang dengan menggunakan NPL ini adalah sepeda motor, produk lifestyle, dan alat berat/HVE. Besaran NPL alat berat menyesuaikan jenis unit yang dilelangkan.

Untuk NPL Live dan Timed, cara membelinya hampir sama. Caranya pilih objek lelang mobil atau motor, kemudian klik NPL Live. Lalu pilih lokasi lelang, jadwal lelang, dan jumlah NPL yang ingin dibeli.

Cermati detail pembelian NPL sebelum melakukan pembayaran. Bila pembayaran sukses, kamu bisa langsung memberikan penawaran saat lelang berlangsung.

  • NPL Closed yang hanya bisa dipilih untuk Closed Auction. Metode ini fokus pada lelang scrap dengan dua kali penawaran. Nilai NPL Closed disesuaikan dengan lot yang dilelangkan dan hanya bisa dibeli di aplikasi IBID.

Baca juga: Cara Mudah Jual Peralatan Elektronik di Balai Lelang IBID

Nah itulah beberapa informasi tentang 3 jenis NPL di balai lelang IBID yang bisa membantu kamu buat ikut lelang dengan proses yang lebih mudah dan efektif. Informasi lebih lanjut tentang balai lelang IBID.

IBID merupakan lini bisnis PT Serasi Autoraya atau SERA yang hadir sebagai penyelenggara balai lelang mulai dari mobil bekas, motor bekas, perlengkapan kantor hingga alat berat. Info lebih lanjut kunjungi website www.ibid.astra.co.id atau download aplikasi IBID di Play Store dan App Store.

Jangan lupa juga follow akun media sosial resmi IBID, Instagram @ibid_balailelangserasi. Facebook: IBID - Balai Lelang Serasi. TikTok: @ibid_balailelangserasi. YouTube: IBID - Balai Lelang Serasi dan Twitter: @ibid_lelang.

277
Tags
IBID