SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Jangan Terjebak, Begini Cara Jawab Kekurangan Diri yang Tepat

Saat interview kerja, perekrut akan berusaha menggali informasi tentang berbagai kelebihan yang dimiliki oleh pelamar. Baik kelebihan dari segi hard skill maupun soft skill. Tapi di sisi lain, mereka juga berusaha mencari tahu kekurangan yang ada pada kandidat tersebut. Terutama dari segi karakter dan kepribadian.

Hal itu dilakukan perekrut demi mendapatkan gambaran yang lengkap tentang kemampuan dan karakter setiap calon karyawannya. Salah satu pertanyaan yang umum ditanyakan adalah tentang kekurangan atau kekurangan diri.

Pertanyaan itu bisa menjebak karena jawabannya membuat dilematis, terlebih soal kekurangan diri. Kalau kamu menjawab dengan jujur, bukankah itu sama saja dengan membuka sisi negatif di mata perekrut.

Kalau kamu memilih untuk menyembunyikannya, ada rasa khawatir perekrut mengetahuinya dan menganggap kamu tidak jujur. Tapi, kalau salah menjawab, ada resiko lamaran kamu ditolak perusahaan. Jadi serba salah kan?

Ternyata ada cara khusus untuk mengatasinya. Terutama untuk menjawab pertanyaan kekurangan diri. Pilih kekurangan yang tidak terkait dengan teknis pekerjaan yang dilamar. Tunjukkan kalau kamu sadar dengan kekurangan diri dan berkomitmen untuk terus memperbaikinya.

Baca juga: Awas! Ini Kesalahan yang Mesti Dihindari saat Interview Kerja

Jelaskan hal apa yang sudah dilakukan untuk upaya memperbaiki diri. Ungkapkan dengan gaya bicara percaya diri dan antusias, tapi jangan terlihat sombong atau minder. Kalau memungkinkan, tunjukkan juga apa yang jadi kekurangan itu, di sisi lain merupakan sebuah kelebihan yang kamu miliki.

Kekurangan apa saja yang bisa kamu ungkapkan saat interview? Berikut ini beberapa contoh kekurangan diri serta cara menyampaikannya secara positif.

Contoh Jawaban Pertanyaan Kekurangan Diri saat Interview Kerja

Pengalaman Belum Memadai

Satu contoh kekurangan diri yang bisa disampaikan adalah belum memiliki pengalaman yang memadai, terutama bagi fresh graduate.

Untuk menutupi kekurangan ini, jabarkan langkah yang kamu ambil untuk menunjang karier, seperti kursus atau seminar demi meningkatkan kemampuan. Intinya, saat menjelaskan kekurangan ini, pastikan kamu memperlihatkan keseriusan untuk mengembangkan diri.

Masalah Akademis

Kamu bisa memaparkan permasalahan akademis yang dirasakan selama kuliah sebagai kekurangan yang dimiliki. Tapi ini bisa menjadi strategi jitu karena membuat perekrut terpicu untuk menganalisis CV dan portofolio yang kamu berikan.

Baca juga: Cara Kirim Lamaran Kerja di Website SERA. Mudah!

Namun hati-hati, jangan sampai recruiter menyoroti kekurangan akademis yang secara langsung relevan dengan lowongan yang dilamar.

Interaksi dengan Rekan

Kekurangan yang berhubungan dengan kemampuan berinteraksi dengan orang lain juga bisa kamu ungkapkan. Tapi pastikan kamu tidak terlihat sebagai orang yang tidak dapat bekerja sama.

Caranya, pilih satu masalah spesifik dan jelaskan bagaimana kamu telah berusaha untuk memperbaiki interaksi. Misalnya berharap terlalu banyak dari rekan kerja atau terlalu kritis terhadap pekerjaan orang lain.

Bahasa Asing Kurang Baik

Penguasaan bahasa asing yang kurang baik dapat jadi contoh kekurangan diri. Tapi tetap sampaikan ke perekrut setidaknya kamu mampu menggunakan satu bahasa asing tertentu.

Beri tahu juga, kamu masih mengasah kemampuan bahasa asing. Sebagai contoh, jelaskan bahwa kemampuan bahasa Perancis kamu kurang baik, tetapi memiliki kemampuan bahasa Inggris di atas rata-rata.

Work Life Balance

Sulit menyeimbangkan work life balance. Menghabiskan energi dan waktu di kantor memang bukti etos kerja yang baik, tapi disisi lain menjadi tidak seimbang karena kurangnya istirahat sehingga berpotensi burnout. Kalau kamu menjelaskan kekurangan ini, jelaskan juga langkah-langkah yang kamu lakukan untuk meraih work life balance.

Baca juga: Lowongan Kerja Agustus 2024 SERA Grup Astra

Kurang Rapi

Sikap berantakan atau kurang rapi di tempat kerja merupakan salah satu kekurangan diri. Kamu bisa menutup kekurangan ini dengan memberikan contoh kalau kamu rutin membersihkan meja setidaknya seminggu sekali. Hal itu bisa memberikan gambaran pada perekrut kalau kamu berupaya memperbaiki perilaku kurang baik tersebut.

Tidak Sabar

Sifat tidak sabar juga merupakan contoh kekurangan diri. Tapi kamu bisa jelaskan pada perekrut kalau sifat tersebut muncul karena kamu menginginkan kualitas kerja yang sempurna. Selain itu, kamu juga bisa jelaskan pencapaian yang sudah kamu raih karena sifat tidak sabar tersebut.

Terlalu Jujur

Kejujuran adalah hal yang sangat dihargai di dunia kerja. Tapi terkadang terlalu jujur juga dapat menyebabkan kerugian pada diri sendiri dan menyakiti pihak lain.

Kamu bisa menjelaskan kekurangan ini dengan menyebutkan kesuksesan yang bisa didapatkan dari sifat terlalu jujurmu terlebih dahulu. Lalu jelaskan kalau kamu paham sifat ini merupakan bentuk dari kurangnya rasa empati dan kamu sedang mencoba memperbaikinya.

Banyak Pertimbangan

Sifat ragu dalam mengambil keputusan karena mempertimbangkan terlalu banyak hal adalah sesuatu yang wajar, terutama kalau kamu belum punya pengalaman sebagai pemimpin.

Akui saja kalau kamu selama ini bergantung pada kepemimpinan yang kuat dimana instruksi dan keputusan disampaikan secara jelas. Tapi sampaikan juga kalau kamu bisa membuat keputusan atau memberi instruksi ketika dibutuhkan.

Itulah berbagai cara untuk menaklukkan pertanyaan tentang kekurangan atau kekurangan diri saat interview. Semoga berbagai kesalahan yang dilakukan pada wawancara terdahulu tidak terulang dan kamu bisa sukses jadi kandidat yang terbaik.

Baca juga: Cara Bikin CV Lamaran Kerja dengan Mudah Beserta Contohnya

Selain mempersiapkan diri dalam menghadapi wawancara kerja, pastikan juga bahwa perusahaan yang kamu lamar punya budaya kerja yang positif, prospek karir yang jelas. Pilih perusahaan dengan reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.

SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.

Informasi lebih jelas tentang lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/.

Jangan lupa juga follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir dan lowongan kerja terbaru.


291
Tags
SERA