SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Begini Cara Mudah Mencegah Kaca Mobil Berembun

Penyebab Kaca Mobil Berembun

Salah satu persoalan yang sering muncul saat berkendara mobil adalah munculnya embun di kaca secara tiba-tiba. Biasanya kondisi kaca mobil berembun terjadi saat kondisi hujan. Meski terlihat sepele, namun masalah ini bisa berdampak serius.

Embun pada kaca mobil bisa membuat visibilitas atau daya pandang pengemudi terganggu yang tentu berbahaya. Oleh karena itu, mencegah embun di kaca mobil muncul harus dilakukan.

Memahami penyebab dan cara mengatasi kaca mobil berembun dapat membantu kamu menghindari masalah ini dan berkendara dengan aman dan nyaman. Berikut tiga penyebab kaca mobil berembun.

  • Embun di kaca mobil bisa muncul karena adanya perbedaan suhu antara udara di dalam dan di luar mobil. Hal itu terjadi karena kelembaban di dalam kabin mobil yang tinggi. Kalau mobil tidak punya sirkulasi yang bagus, kelembaban akan semakin tinggi dan membuat embun otomatis muncul.

  • Penyebab berikutnya adalah karena suhu di luar mobil sangat dingin. Sehingga, kaca mobil akan menjadi dingin dan menghasilkan embun, terutama kalau di dalam kabin mobil terlebih penumpang di dalam mobil cukup banyak.

  • AC mobil yang tidak berfungsi dengan baik.  Kalau AC mobil tidak berfungsi dengan baik, maka kelembaban yang tinggi akan terjadi, sebab udara yang lembab di kabin tidak terolah dengan baik.

Baca juga: Fungsi Penting Katalis Knalpot Mobil

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kondisi AC dan ventilasi udara mobil, serta mencegah kelembaban di dalam mobil dengan menjaga sirkulasi udara yang baik.

Tips Mencegah Kaca Mobil Berembun

Kalau kaca mobil kamu berembun saat berkendara, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Diantaranya sebagai berikut.

  • Menyalakan wiper dan AC mobil secara bersamaan. AC mobil dapat menyeimbangkan suhu di dalam kabin dengan suhu di luar. Sementara wiper akan menghapus embun yang berada di luar kaca depan mobil. 

  • Kalau AC mobil sudah menyala, cara mengatasi berikutnya bisa dengan menyalakan tombol sirkulasi udara. Tujuannya agar ada udara masuk ke dalam kabin tanpa harus mengubah suhu AC mobil. 

  • Terakhir dengan menggunakan fitur defogger yang ada di mobil. Fitur ini memang berfungsi untuk menghilangkan embun pada kaca mobil dengan cepat.

Itulah beberapa informasi tentang penyebab dan cara mencegah kaca mobil berembun. Jadi, selain menguasai skill berkendara, penting juga untuk memahami berbagai fitur yang di mobil, terutama kalau mobil yang digunakan adalah mobil sewaan.

Baca juga: Innova Zenix Hybrid, Punya Tenaga Super Tapi Irit Bahan Bakar

Selain lebih praktis, rental mobil juga dianggap lebih efisien untuk menunjang mobilitas harian. Kamu nggak perlu repot mengurus perawatan, serta mobil yang tersedia sangat beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Tapi jangan sembarangan rental mobil, pilih penyedia rental mobil profesional dan punya reputasi baik, seperti TRAC.

TRAC punya pilihan mobil beragam yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Di kelas hatchback/sedan, ada pilihan Daihatsu Ayla, Toyota Corolla Altis, hingga BMW 5 Series. Pilihan MPV tersedia Toyota Calya, Daihatsu Gran Max hingga Toyota Alphard/Vellfire. Serta SUV mulai dari Daihatsu Terios, BMW X6, Lexus RX300 hingga Toyota Land Cruiser.

TRAC menjamin setiap armada mobil kondisinya sehat dan siap pakai, bahkan model keluaran terbaru. Layanan yang diberikan pun bersifat menyeluruh, termasuk bantuan pelanggan selama 24 jam penuh.

Baca juga: 5 Mobil MPV Paling Nyaman buat Harian

Nggak cuma itu, cara pesannya juga mudah, lewat halaman utama di website TRAC atau aplikasi TRACtoGo yang tersedia di Playstore dan Appstore.

Informasi lebih lanjut tentang layanan TRAC kamu juga bisa cek langsung website resmi TRAC di https://www.trac.astra.co.id/ dan follow akun media sosial TRAC di Instagram @trac_astra, Facebook TRAC-Astra Rent a Car, atau Twitter (X) @TRACastra.

252
Tags
TRAC