SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Tips Biar Nggak Gugup saat Interview Kerja

Semua orang yang mengirim lamaran kerja, pasti ingin segera mendapat panggilan interview. Ya, interview kerja momen berharga saat mencari kerja, karena harus bersaing dengan puluhan hingga ratusan calon karyawan lainnya untuk memperebutkan satu posisi yang sama.

Meski nggak jaminan lolos ke tahap berikutnya, setidaknya interview kerja merupakan gerbang awal untuk menunjukan kualitas yang kamu punya dihadapan HR perusahaan.

Karena sangat dinanti, panggilan interview kerja sering membuat pelamar merasa gembira sekaligus gugup. Tentu saja karena rasa khawatir apakah dirinya mampu meyakinkan perekrut sehingga proses interview berlangsung lancar.

Baca juga: Lowongan Kerja Juni 2024 SERA Grup Astra

10 Cara Cegah Gugup Saat Interview Kerja

Meski lazim, sebaiknya kamu mengetahui cara mengatasi rasa gugup saat interview kerja biar bisa melewatinya dengan mulus. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 10 tips cegah gugup saat interview kerja yang bisa dicoba.

Cari Informasi Perusahaan

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mencari tahu segala hal tentang perusahaan tujuan. Kenali produk, budaya, target jangka panjang atau misi perusahaan. Cari tahu juga pesaing ataupun brand yang bekerjasama dengan perusahaan.

Tujuannya, ketika saat pewawancara menanyakan tentang perusahaan kamu sudah punya sedikit wawasan. Nggak cuma tentang perusahaan, siapkan juga jawaban tentang karakter kamu dan selling point yang bisa kamu tawarkan pada perusahaan.

Berlatih

Pesepakbola kelas dunia sekalipun selalu berlatih secara disiplin sebelum bertanding. Kamu juga sangat perlu melakukan hal yang sama biar ‘laga’ wawancara bisa dilalui dengan hasil maksimal. Karena rutin latihan wawancara bisa mengurangi rasa grogi secara signifikan.

Baca juga: Kesalahan Dalam Karir Yang Jarang Disadari Pekerja

Salah satu caranya dengan berlatih berbicara di depan cermin dan menganggap bayangan kamu sendiri sebagai pewawancara. Tatap mata bayangan kamu saat berbicara untuk menunjukkan bahwa kamu serius dalam bekerja dan memperhatikan pewawancara secara penuh.

Jangan menghafal jawaban, bagi informasi ke dalam beberapa poin penting biar terlihat lebih natural saat menjawab pertanyaan.

Antisipasi Pertanyaan 

Coba perkirakan pertanyaan apa yang mungkin akan muncul. Kamu juga bisa mencari pertanyaan yang umum dilontarkan saat interview kerja dan bagaimana cara menjawabnya.

Apalagi kalau kamu berhasil menemukan pertanyaan jebakan yang sering ditanyakan dan cara menjawabnya. Untuk mengantisipasi kemungkinan pertanyaan yang muncul, kamu pasti akan lebih siap saat interview dan dapat memberikan kesan baik saat wawancara berlangsung.

Berpikir Positif 

Usahakan untuk selalu berpikir positif dan tenang. Jangan memikirkan hal yang tidak penting. Coba pikirkan hal-hal yang membuatmu senang. Kamu juga bisa berbicara dengan orang terdekat atau teman untuk mendapat dukungan lebih.

Baca juga: Plus Minus Jadi Kutu Loncat Di Dunia Kerja

Kalau memungkinkan, ajak seseorang untuk menemani pergi ke lokasi interview. Hal bisa sangat membantu kamu tetap bisa memfokuskan pikiran kepada hal yang positif dan menjadi tetap tenang.

Datang Lebih Awal

Datanglah lebih awal karena perusahaan akan lebih menghargai hal itu dan kamu pun sudah mendapat satu poin tambahan bahkan sebelum wawancara dimulai.

Kamu bisa datang 15-30 menit lebih awal biar nggak terburu-buru dan punya cukup waktu untuk persiapan. Jangan lupa gunakan pakaian yang pantas untuk meningkatkan kepercayaan diri. Tidak harus mahal, yang penting sopan dan terlihat profesional.

Anggap Sebagai Teman

Untuk membantu mengatasi grogi,  anggaplah pewawancara sebagai teman. Kamu akan lebih tenang dan tidak terlalu tegang seperti halnya saat kamu sedang berbicara dengan teman. Hal itu bisa membantu kamu untuk lebih rileks dalam memberikan jawaban.

Nggak cuma itu, pikiran juga akan lebih teratur. Tapi ingat, tetaplah beri kesan serius dan tidak terlalu santai sehingga kamu akan terlihat menarik dan bisa membuat kamu menjadi salah satu kandidat terbaik.

Baca juga: Bahasa Tubuh Yang Mesti Diperhatikan Saat Interview Kerja

Atur Pernapasan

Ada beberapa teknik pernapasan yang bisa membantu mengatasi rasa cemas dan grogi. Bernapaslah secara perlahan dan teratur karena membantu mengirimkan sinyal ke otak untuk membuat diri jadi lebih tenang. Selain itu, mengatur pernapasan juga bisa membantu konsentrasi.

Telpon Seseorang

Lakukan obrolan dengan teman, pasangan, atau siapa pun untuk mencairkan ketegangan jelang interview. Praktekkan ini ketika kamu kesulitan menanamkan afirmasi positif pada diri sendiri.

Tapi sebaiknya jangan menelpon saat interview akan segera dimulai. Manfaatkanlah detik-detik jelang waktu wawancara untuk mengatur napas dan berdoa.

Mendengarkan Musik

Menurut penelitian, seseorang akan merasa lebih tenang saat mendengar musik (pop, jazz, atau instrumental). Pilih saja yang sesuai dengan selera untuk membantu mengurangi rasa gugup.

Tapi awas, jangan sampai hal tersebut bikin abai terhadap panduan atau pengumuman penting. Mendengarkan musik sebelum interview juga dipercaya bisa meminimalisir pikiran negatif.

Berdoa

Meski terdengar klasik, cara ini nyatanya selalu ampun. Minta kepada Tuhan agar diberikan kekuatan dan ketenangan dalam diri. Dengan berdoa, kamu juga akan merasa lebih rileks dan tenang.

Baca juga: Rekomendasi Pakaian Interview Kerja Biar Lebih Profesional

Selain itu, berdoa juga bisa meningkatkan rasa percaya diri dan keyakinan bahwa kamu bisa melakukan interview dengan lancar.

Itulah sejumlah cara mengatasi gugup saat interview. Berikan yang terbaik ketika interview sehingga hasilnya pun nanti akan lebih maksimal. Jangan takut gagal dalam sebuah interview, karena pasti masih banyak kesempatan lain yang mungkin lebih baik.

Selain mempersiapkan diri dalam menghadapi wawancara kerja, pastikan juga kamu mempelajari perusahaan yang dilamar. Pastikan perusahaan yang dituju punya budaya dan lingkungan kerja yang positif, serta prospek karir yang jelas. Pilih perusahaan dengan reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.

SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.

Informasi lebih jelas tentang lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/.

Jangan lupa juga follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir dan lowongan kerja terbaru.

207
Tags
SERA