SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Mengenal Tipe dan Karakter Karyawan di Tempat Kerja

Siapa pun paham kalau setiap individu pasti punya sifat dan karakter yang unik. Begitu pula di dalam lingkup kerja. Meski berada dalam satu unit atau divisi yang sama, masing-masing karyawan tentu punya karakter satu sama lain.

Tapi kamu tahu nggak kalau pada dasarnya perbedaan tersebut bisa disederhanakan dalam 5 kelompok karakter? 

Pemahaman terhadap 5 jenis karakter karyawan merupakan hal penting bagi seorang atasan maupun sesama karyawan. Bagi atasan atau pemimpin, pemahaman ini dapat membantu menangani pendekatan pada masing-masing karyawan.

Sedangkan bagi sesama karyawan, pemahaman ini akan sangat membantu dan mempermudah komunikasi hingga kerjasama dalam bekerja.

Berdasarkan teori ini, karakter karyawan dapat diidentifikasi berdasarkan perilaku dan respon yang muncul ketika mendapatkan penugasan dari manajernya. Secara umum, terdapat lima kelompok besar dalam pengidentifikasian karakter yang dimaksud.

Baca juga: Jenis Pekerjaan Paling Cocok Berdasarkan Zodiak

Pengelompokan ini ditujukan untuk meningkatkan efisiensi cara berkomunikasi dan berinteraksi yang profesional, efisien, dan minim multi interpretasi. Berikut selengkapnya.

5 Tipe Karyawan di Tempat Kerja

The Executor

Karyawan tipe Executor cenderung bekerja konvensional, sabar, dan fokus pada penyelesaian tugas. Mereka mengeksekusi ide orang lain dan menggunakan kemampuan terbaik untuk menyelesaikan tugas sesuai prosedur yang berlaku.

Karyawan tipe ini menyukai sistem dan prosedur kerja yang jelas. Mereka cenderung cocok menjadi pelaksana ide bila telah terkonsep dengan baik. Tapi, mereka akan kesulitan jika instruksi kerja yang diberikan kurang jelas karena kurang mampu untuk membentuk konsep ide sendiri.

The Liberalist

Karyawan tipe Liberalist  senang memberi kontribusi ide dan inovasi. Mereka akan menyukai kebebasan berpikir dan bekerja untuk mencapai tujuan dibandingkan menjalankan prosedur yang kaku.

Mereka lebih menyukai bekerja di lingkungan yang mendukung kebebasan berekspresi dan lepas dari belenggu atau peraturan ketat. Saat kebebasannya merasa terganggu, mereka akan merasa tidak puas dan tersinggung.

The Participative 

Berikutnya ada tipe karyawan yang menyukai kolaborasi dan mengutamakan proses diskusi yang melibatkan seluruh anggota kelompok dalam mencapai tujuan.

Baca juga: Mengenal Profesi Data Scientist Beserta Tugas Dan Tanggung Jawabnya

Karyawan tipe ini sangat menghargai keterbukaan dalam menerima ide, perbedaan pendapat, serta kritik yang membangun. Mereka cenderung suka bertukar pikiran dengan rekan kerja hingga atasan karena pikirannya yang terbuka dan menerima keberagaman.

The Consultative

Karyawan tipe Consultative dapat diandalkan dalam memberi analisis kritis terhadap berbagai ide dan informasi sehingga solusi yang diberikan jadi lebih akurat.

Mereka sering memberikan masukan yang jelas dan logis pada atasan. Dengan kemampuan berpikir yang juga kritis, karyawan tipe ini bisa menjadi problem solver dalam menemukan solusi pada sebuah masalah.

The Interactive

Terakhir tipe Interactive yang gemar berinteraksi dan mengemukakan ide-ide serta berupaya mencari solusi terbaik melalui negosiasi. Mereka punya pandangan yang kuat dan terbuka terhadap kritik.

Karyawan tipe ini cenderung tenang, menerima masukan dan bisa mencapai kompromi terbaik terhadap masalah yang dihadapi. Interaksi mereka kerap dapat memberikan sudut pandang baru dan unik.

Nah, itulah beberapa tipe karyawan yang kerap dijumpai di tempat kerja. Terus bagaimana cara mengetahui karakter seorang karyawan? Cara terbaiknya adalah dengan mengamati perilakunya sehari-hari, meski butuh waktu yang tidak sebentar.

Tapi, dalam dunia kerja, selain pada tipe dan karakter karyawan suasana kerja yang nyaman juga bisa tercipta manajemen perusahaan itu sendiri.

Baca juga: Lowongan Kerja Terbaru Sera Grup Astra 2024 Di Jakarta

Makanya, saat mencari lowongan kerja, penting untuk mempelajari latar belakang hingga budaya kerja di perusahaan tersebut. Pilih perusahaan yang punya reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.

SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.

Informasi lebih jelas tentang lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/.

Jangan lupa juga follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir dan lowongan kerja terbaru.

123
Tags
SERA