SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Mengenal Profesi Data Scientist Beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya

Profesi Data Scientist kian Dicari

Perkembangan teknologi dan persaingan bisnis yang semakin ketat membawa perubahan sangat pesat dalam segala hal. Salah satunya transformasi industri melalui sebuah sistem cerdas dan otomas dalam Revolusi Industri 4.0.

Revolusi Industri 4.0 memungkinkan pelaku usaha memanfaatkan komputer untuk saling terhubung menggunakan machine learning atau AI (artificial intelligence) dan membuat keputusan tanpa melibatkan manusia (otomasi).

Perubahan ini melahirkan banyak teknologi baru sehingga menjadikan sains data sebagai salah satu ilmu yang banyak dipelajari. Perusahaan-perusahaan mulai melirik penggunaan Big Data sehingga kebutuhan profesi data scientist kian melesat.

Baca juga: Lowongan Kerja Terbaru Sera Grup Astra 2024 Di Jakarta

Apa itu Data Scientist?

Dari namanya aja sudah terdengar keren banget kan! Jadi seorang data scientist atau ilmuwan data yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data dengan tujuan membantu pengambilan keputusan manajemen.

Pekerjaan ini menggabungkan unsur-unsur keilmuan matematika, statistik, dan pemrogram komputer. Beberapa lingkup pekerjaannya adalah pengembangan dan pengujian hipotesis hingga  membuat kesimpulan.

Profesi ini juga menganalisis beberapa hal, seperti tren, pasar, risiko keuangan, ancaman keamanan dunia maya, perdagangan saham, serta kondisi medis.

Dalam dunia bisnis, data scientist biasanya mengumpulkan berbagai data yang digunakan untuk memprediksi perilaku konsumen, mengidentifikasi peluang pendapatan baru, dan memenuhi kebutuhan lainnya.

Tujuannya agar perusahaan dapat menemukan informasi untuk membuat strategi pemasaran yang lebih efektif, layanan pelanggan yang lebih baik, manajemen rantai pasokan yang lebih kuat, serta keputusan dan strategi bisnis yang lebih baik secara keseluruhan.

Baca juga: Lowongan Kerja Sera Grup Astra Maret 2024

Bisa dibilang, data scientist merupakan profesi yang sangat memahami data sebagai bahan untuk merumuskan pertanyaan, melakukan pekerjaan analisis, dan melakukan perubahan operasi bisnis, produk dan layanan.

Skill yang Dibutuhkan

Profesi Data Scientist biasa diisi oleh lulusan dari jurusan Sistem Informasi (SI). Beberapa perguruan tinggi bahkan sudah memiliki jurusan ini. Tapi secara keseluruhan berada dalam ranah Sistem Informasi yang memang berurusan dengan data.

Hal ini lantaran lulusan SI umumnya menguasai beberapa skill yang dibutuhkan profesi Data Scientist, seperti analisis data, pemrograman komputer, pemodelan prediktif, statistik, kalkulus, dan ekonomi.

Nggak cuma itu, seorang Data Scientist juga harus bisa menyajikan hasil temuan dan memberikan rekomendasi dalam format dan bahasa yang lebih sederhana dan mudah dimengerti.

Umumnya, mereka juga menguasai kecerdasan buatan (AI), pembelajaran mesin (machine learning), serta pembelajaran dalam (deep learning).

Lowongan Data Scientist di IBID

Buat kamu yang mau berkarir jadi Data Scientist, saat ini ada lowongan di IBID – Balai Lelang Serasi yang merupakan bagian dari SERA Group. Tugasnya berhubungan dengan segala hal data modelling, visualisasi data, pattern analysis dan machine learning.

Baca juga : Berapa Besar Gaji Fresh Graduate Yang Ideal?

Karena berkaitan dengan industri lelang, profesi ini juga bertanggung jawab merancang algoritma prediksi yang akurat dan model simulasi, serta riset pasar untuk menganalisa tren industri mobil bekas.

Lalu apa saja syarat untuk melamar profesi ini? Dari segi pendidikan, lulusan S1 di bidang kuantitatif (Sistem Informasi, Statistik, Matematik, Ilmu Komputer dan lainnya yang sejenis). Serta berpengalaman 1-2 tahun di bidang analisa data atau data modelling dan pemrograman.

Untuk skill atau keahlian, pelamar wajib menguasai SQL, Hive, dan Pig. Peluang kerja semakin besar jika pelamar memiliki pengalaman dalam bekerja dengan bahasa komputer statistik, seperti R, Python, Weka, NumPy, MatLab dan lainnya.

Itulah informasi singkat tentang Data Scientist salah satu profesi yang saat ini sedang banyak dicari perusahaan. Selain profesi yang diinginkan, penting juga melihat profil perusahaan yang dituju.

Karena banyak karyawan yang merasa tidak nyaman lantaran kondisi atau lingkungan kerja yang tidak sehat atau tidak bisa memberi kepastian karir yang jelas.

Makanya, saat mencari lowongan kerja, penting untuk mempelajari latar belakang hingga budaya kerja di perusahaan tersebut. Pilih perusahaan yang punya reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.

Baca juga : Pertanyaan Interview Kerja Menjebak, Begini Cara Jawabnya

SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.

Informasi lebih jelas tentang lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/.

Jangan lupa juga follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir dan lowongan kerja terbaru.

175
Tags
SERA