SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Jangan Panik, Ikuti ini Biar Tenang Saat Interview Kerja

Pernah gak ngerasa gugup saat akan melakukan interview kerja? Di satu sisi, kamu pasti merasa sangat senang karena lamaran yang dikirim berhasil diproses dan mendapat panggilan wawancara yang jadi ‘gerbang awal’ karir di perusahaan tujuan.

Tapi di sisi lain kamu mungkin merasa cemas karena interview ini juga berpotensi menjadi ‘gerbang akhir’ akibat gagal lolos ke tahap berikutnya. Wawancara kerja jadi momen mendebarkan karena menentukan apakah kamu diterima atau tidak.

Ternyata perasaan “demam panggung” saat akan wawancara kerja merupakan hal yang wajar, lho. Bahkan mungkin hampir semua orang pernah mengalaminya. Apalagi, kalau proses ini merupakan pengalaman pertama.

Meskipun merupakan hal yang wajar, tapi rasa gugup berlebihan bisa bikin kondisi menjadi buruk dan kamu akan kesulitan menampilkan sisi terbaik saat wawancara.

Rasa gugup bisa bikin jawaban kamu jadi terbata-bata dan akhirnya membuat interviewer kurang puas atau tidak berhasil menggali sisi terbaik dirimu. Nah biar berjalan lancar, berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi rasa gugup saat interview kerja.

Baca juga: Ciri Rekan Kerja Yang Baik, Sudah Ketemu Orangnya?

10 Tips Atasi Gugup saat Interview Kerja

Lakukan Persiapan 

Persiapan awal sebelum wawancara sangat lah penting. Tujuannya agar ketika pewawancara bertanya tentang apapun, kamu sudah siap menjawabnya. Terlebih segala informasi tentang perusahaan. Seperti visi-misi, budaya perusahaan, produk yang dimiliki hingga informasi terkait kompetitor perusahaan.

Pematangan akan segala informasi itu penting sebagai langkah awal mengurangi rasa gugup dan membuat kamu tampil lebih percaya diri.

Buat Pertanyaan

Rasa gugup bisa muncul karena kamu tidak siap dengan pertanyaan yang diberikan. Untuk mengantisipasinya, buat sendiri daftar pertanyaan yang mungkin akan muncul.

Cari berbagai pertanyaan yang umum diberikan saat wawancara dan cara menjawabnya melalui internet. Coba juga untuk mencari pertanyaan jebakan agar kamu nggak salah menjawab.

Banyak Latihan

Rasa gugup saat interview juga bisa muncul karena belum pernah melakukan wawancara sama sekali. Atau bisa juga karena belum terbiasa. Solusinya jelas, banyak berlatih wawancara. Kamu bisa berlatih di depan cermin dan menganggap bayangan sendiri sebagai pewawancara.

Tatap mata pada bayangan di cermin untuk menunjukkan keseriusan, tapi jangan lupa tersenyum untuk menggambarkan kepribadian yang ramah. Pelajari pertanyaan yang sudah disiapkan dan jangan menghafal jawaban. Pahami inti setiap jawaban agar terlihat lebih natural.

Baca juga: Mengenal Tipe Dan Karakter Karyawan Di Tempat Kerja

Berpikir Positif 

Ingat, saat melakukan interview kerja, tetaplah berpikir positif dan tenang. Jangan sampai kamu memikirkan hal yang tidak penting yang malah akan merugikan diri sendiri.

Cobalah untuk memikirkan hal-hal yang bisa bikin hati senang. Kamu bisa mengajak teman untuk menemani pergi ke lokasi agar bisa lebih tenang.

Datang Lebih Awal

Saat jadwal interview tiba, usahakan datang lebih awal sekitar 15 atau 30 menit sebelum wawancara dimulai. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang itu untuk menciptakan mental yang lebih kuat sehingga bisa mengatasi gugup.

Selain itu, datang lebih awal juga akan  menjadi nilai tambah bagi pewawancara karena kamu dianggap sebagai karyawan yang disiplin dan sangat menghargai waktu.

Anggap Sebagai Teman 

Cara lain untuk mengatasi rasa gugup adalah dengan menganggap pewawancara layaknya teman sendiri. Ini akan bikin kamu jauh lebih rileks saat menjawab pertanyaan sehingga jawaban kamu bisa sesuai ekspektasi.

Tapi ingat ya,  tetap profesional dan beretika dengan menjaga sopan santun sehingga kamu terlihat lebih berkualitas dibanding kandidat lainnya.

Baca juga: Jenis Pekerjaan Paling Cocok Berdasarkan Zodiak

Atur Pernapaasan

Mengatur pernapasan juga bisa jadi salah satu cara meditasi untuk membantu tubuh menjadi lebih rileks. Ada banyak teknik mengatur pernapasan untuk menghilangkan rasa gugup. Sebaiknya, gunakan pernapasan diafragma agar rasa gugup cepat hilang.

Telepon Seseorang

Mengobrol (melalui telepon) dengan teman, sahabat, pasangan, atau siapa pun merupakan salah satu cara untuk menenangkan diri. Lakukan ini saat kamu kesulitan menanamkan afirmasi positif pada diri sendiri sehingga perlu bantuan orang lain untuk melakukannya.

Dengarkan Musik

Mendengarkan musik bisa jadi salah satu cara mengatasi gugup saat wawancara kerja. Lakukan sebelum proses wawancara berlangsung. Pilih genre musik kesukaan sesuai selera, atau bahkan kamu bisa mendengarkan podcast yang menghibur.

Berdoa

Ini adalah langkah yang sangat penting. Berdoa kepada Tuhan agar proses interview berjalan dengan baik. Proses spiritual ini bisa membuat kamu lebih tenang dan lebih percaya diri.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan atau mengurangi rasa gugup saat melakukan wawancara kerja. Hadapi wawancara dengan sikap positif dan yakinlah bahwa kamu punya potensi untuk berhasil!

Tapi selain persiapan individu, kamu juga perlu menggali informasi sebanyak mungkin perusahaan yang dituju. Agar kamu bisa mendapat karir sesuai dengan mimpi dan yang ingin dicapai sesuai harapan.

Baca juga: Mengenal Profesi Data Scientist Beserta Tugas Dan Tanggung Jawabnya

Makanya, saat mencari lowongan kerja, penting untuk mempelajari latar belakang hingga budaya kerja di perusahaan tersebut. Pilih perusahaan yang punya reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.

SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.

Informasi lebih jelas tentang lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/.

Jangan lupa juga follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir dan lowongan kerja terbaru.

118
Tags
SERA