SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Mobil Matic Semakin Jadi Favorit Untuk Mobilitas di Kota Besar, Bagaimana Harga Bekasnya?

Harga Bekas Mobil Matic, Turun Atau Malah Semakin Kuat Dari Mobil Manual


Stigma negatif terhadap mobil bertransmisi otomatis berangsur pudar, apalagi di masa sekarang. Orang-orang tak lagi memandang sebelah mata soal mobil matic, bahkan cenderung menjadikannya prioritas sebagai pendukung mobilitas di kota besar. Berbeda dari puluhan tahun ke belakang di saat persepsi kekhawatiran masih tumbuh kuat.

Data tes mengemudi dari Driver and Vehicle Standards Agency (DVSA) Inggris pun menunjukkan, minat para pembelajar untuk memulai dengan mobil matic semakin meningkat sejak 2012. Sebab dianggap lebih mudah dan nyaman.

Tanpa kecuali di Indonesia, sudah hampir tidak pernah stigma negatif terdengar lagi. Malah mulai menjadi prioritas. Lantas bagaimana soal harga dan yang mesti diperhatikan dari transmisi otomatis? Terutama saat hendak membeli bekas.

Harga bekas mobil dengan transmisi otomatis memang cenderung lebih mahal. Wajar, sebab saat baru pun memang diposisikan pada kasta lebih tinggi. Yang sekaligus punya nilai jual di atas versi manual. Perbedaannya bisa menyentuh angka belasan hingga puluhan juta, tergantung mobil incaran.

Kalau pun mencari bekas, biasanya tetap ada selisih harga antara tipe manual dan matic. Di mana transmisi otomatis dipastikan lebih mahal daripada manual. Namun, berlaku untuk mobil yang masih terhitung baru. Kurang lebih berusia sampai 7 tahun.


Baca juga : Tertarik Membeli Mobil Bekas Dengan Aman, Ini Tipsnya!


Jika Anda mencari mobil bekas dengan usia lebih dari itu, umumnya mulai bias. Penilaian lebih mahal lebih murah tak melulu lagi dari pilihan transmisi. Melainkan juga soal kondisi mobil. Tak jarang, bisa menemukan mobil manual atau matic dengan harga jual serupa. Atau paling tidak rasionya semakin dekat ketimbang saat baru.

Namun, perlu diketahui. Apapun itu perawatan mobil otomatis (Jenis mobil sama) hampir pasti lebih mahal dari merawat mobil manual. Disebabkan komponen yang lebih banyak dan lebih rumit. Meskipun, hari ini masyarakat sudah tak anggap pusing demi mendapat kenyamanan ketika dipakai mobilitas dalam kota. Toh sangat relevan apalagi jika tinggal di daerah padat.


Yang Harus Diperhatikan

Ketika hendak meminang mobil bekas matic, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di samping umurnya, penting bagi Anda untuk mengetahui jenis transmisi otomatis yang digunakan pada mobil incaran. Dari mulai paling sederhana, AMT (Automated Manual Transmission), AT konvensional, CVT, hingga DCT yang memakai kopling ganda. 

Masing-masing jenis ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. AMT misalnya, memiliki mekanisme kerja paling sederhana. Ini adalah adaptasi penuh girboks manual dengan sistem pengoperasian otomatis. Seperti di Suzuki Ignis atau Renault Triber. 

Secara penggunaan, umumnya memang jenis ini terbilang agak lemot. Begitu pula kurang memiliki respons halus. Namun, tentu dalam perawatannya bisa lebih hemat karena rangkaian mekanikal terbilang sederhana.

Girboks matic konvensional, adalah sistem yang paling umum digunakan. Kalau satu ini memang murni girboks otomatis. Tergantung jenisnya, tersedia mulai dari 3-percepatan hingga 8-percepatan menyesuaikan mesin dan jenis mobil. 

Berikutnya, adalah CVT yang kini juga jadi favorit jenis city car hingga SUV besar. Rangkaian CVT pada dasarnya tidak berbeda dengan sepeda motor matic. Mengandalkan poros pulley dan belt untuk membuat rasio percepatan. Tanpa berpindah-pindah gear seperti di matic konvensional.


Baca juga : Ingin Membeli Mobil Bekas Berkualitas? Ini Caranya


Umumnya jenis ini dipilih untuk efisiensi bahan bakar serta memberikan impresi transmisi yang halus. Dalam beberapa mobil, jepitan belt diatur ulang juga agar mendapat sensasi entakan seperti pada mobil matic konvensional. Namun, dari beberapa sumber komponen CVT saat mencapai titik usianya membutuhkan dana lebih malah saat perbaikan ketimbang versi AMT atau konvensional. 

Terakhir jenis DCT. Tidak jamak ditemukan pada mobil matic murah atau kelas LMPV. Sebab hal ini berorientasi pada performa. Perpindahan gigi bisa lebih cepat berkat dua kopling, plus responsif. Di saat bersamaan, perpindahan gear bisa berada di putaran mesin rendah. 

Saat ini, jenis transmisi DCT bisa ditemukan pada line up VW, Ford Fiesta, MG HS serta KIA Seltos. Sayangnya, saat sudah termakan usia komponen DCT paling mahal di antara jenis transmisi matic lainnya.


Tertarik Membeli Mobil Matic? Pilih Penjual Terpercaya

Kalau Anda tertarik untuk membeli mobil matic bekas, jangan lupa juga pilih penjual mobil bekas yang terpercaya, seperti melalui platform mo88i (baca : mobi). 

Buat Anda yang belum tahu, mo88i Ini merupakan platform digital yang dikelola oleh mobil88, salah satu dealer jual beli mobil bekas terbesar di Indonesia yang juga merupakan bagian dari Grup Astra yang sudah beroperasi sejak 32 tahun yang lalu.

Di mo88i, tersedia banyak pilihan mobil khususnya yang bertransmisi otomatis dari berbagai model seperti untuk sedan ada pilihan Toyota Vios G AT tahun 2014 yang dibanderol Rp 138 juta, kemudian ada Mercedes-Benz E 250 AT tahun 2018 di harga Rp 762 juta atau pilihan city car seperti Honda Jazz RS AT tahun 2018 yang dijual Rp 236 juta. 

Untuk pilihan mobil keluarga matik ada pilihan Toyota Voxy AT 2018 di harga Rp 383 juta, Honda CR-V Prestige AT tahun 2013 dengan harga Rp 232 juta. Untuk pilihan mobil low MPV ada Mitsubishi Xpander Ultimate tahun 2018 yang ditawarkan dengan banderol Rp 205 juta, kemudian ada Honda Mobilio RS 2015 dengan harga Rp 141 juta dan juga Toyota Avanza Velos lansiran 2019 dengan harga Rp 184 juta. 

Penasaran ingin melihat stok mobil di mo88i secara lengkap, kunjungi disini: https://www.mo88i.com/cari-mobil


Selain itu, di mo88i juga Anda bisa memanfaatkan fitur simulasi kredit untuk bisa memilih opsi pembelian sesuai kebutuhan dengan TDP murah atau cicilan ringan. Fitur ini terintegrasi langsung dengan perusahaan pembiayaan sehingga proses pengajuan kredit lebih mudah dan cepat.

Kemudian Anda juga bisa tukar tambah apapun merk dan tipe mobil lama Anda di mo88i. Prosesnya cepat hanya dalam waktu 1 jam saja Anda sudah bisa tukar tambah mobil lama dengan mobil yang baru. 

Yuk, kunjungi website resmi mo88i sekarang di www.mo88i.com , download juga aplikasinya di Google Play Store maupun di App Store!

3004