SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Mengenal Warehouse Management System dan Keuntungannya untuk Perusahaan

Setiap perusahaan yang bergerak di bidang logistik tentunya membutuhkan alur kerja yang teratur dan juga tempat penyimpanan atau gudang. Nah, untuk bisa mengatur operasional gudang dengan lancar tentunya dibutuhkan manajemen khusus atau Warehouse Management system (WMS). Ini  adalah suatu hal yang memiliki peranan penting untuk membuat operasional pergudangan bisa berjalan dengan lancar dan juga sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.

Untuk kebutuhan supply chain Anda, PT Serasi Logistik (SELOG) juga menawarkan jasa pengelolaan dan penyimpanan barang. SELOG memiliki Warehouse Management System (WMS) yang memungkinkan proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai. Tidak hanya itu, WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang hingga tingkat persedian yang rendah secara real time.

Selain itu, kami juga menyediakan layanan tambahan berupa inbound dan outbound transportation untuk menjamin barang Anda tiba dengan aman tanpa kerusakan apa pun.

Tujuan utama dari WMS adalah untuk mengontrol dan memantau berbagai macam proses yang terjadi seperti pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan. Selain itu, warehouse management system juga berfungsi untuk memantau dan pengambilan barang.

Di era digital sekarang ini, fitur yang terdapat pada sebuah WMS juga berubah lebih canggih dengan menggunakan barcode scanner, email, dan teknologi lainnya. Selain itu, WMS yang sudah terkomputerisasi juga mampu mengelola berbagai fasilitas penyimpanan dan juga pengelolaan stok barang dengan lebih teratur.

Keuntungan Warehouse Management System

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan Warehouse Management System, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kecepatan dalam Handling Proses

Keuntungan pertama yang akan Anda rasakan ketika menerapkan WMS adalah kecepatan dalam hal handling proses yang mampu meningkat kecepatan proses suatu barang karena dilakukan secara terkomputerisasi yang mana sebelumnya dilakukan dengan sistem manual. Penggunaan WMS juga akan membuat seluruh transaksi dan pergudangan bisa dilakukan secara lebih cepat dan akurat.

2. Mudah Mengatur Tempat Penyimpanan

WMS juga mempermudah Anda dalam mengatur lokasi penyimpanan barang yang lebih optimal, setiap jumlah barang yang masuk ke gudang akan lebih mudah diatur sistem penyimpanannya dengan menggunakan peralatan yang terdapat di dalam sistem.

3. Meminimalisir Anggaran untuk Gaji Karyawan

Dengan adanya penerapan sistem manajemen pergudangan ini, maka akan membantu perusahaan untuk meminimalisir anggaran yang harus mereka keluarkan untuk menggaji karyawan, khususnya karyawan yang bekerja di bagian pergudangan.

4. Mengurangi Pengeluaran untuk Membeli Peralatan

Sistem WMS yang dilakukan secara terkomputerisasi pada dasarnya hanya menggunakan perangkat komputer atau laptop saja, sehingga akan memudahkan perusahaan dalam mengolah berbagai data yang berhubungan dengan stok barang yang ada di dalam gudang.

Pada akhirnya, hal tersebut akan mengurangi perusahaan dalam hal ketergantungan pada pemakaian alat yang masih manual. Sehingga, perusahaan tidak harus mengeluarkan banyak dana untuk pembelian dan juga pemeliharaan alat yang kurang mampu membantu sistem tersebut.

5. Meningkatkan Kinerja dan Produktivitas Karyawan

Suatu perusahaan akan mampu meningkatkan performa dan produktivitas karyawannya, jika mampu menerapkan sistem manajemen pergudangan yang tepat. Sistem ini mampu memberikan informasi pada pihak karyawan tentang pekerjaan apa yang harus mereka utamakan ketika berada di dalam gudang.

6. Meningkatkan Pelayanan bagi Pelanggan

Sistem manajemen pergudangan yang tepat akan mampu merampingkan setiap proses pemesanan sampai pengiriman barang, karena semuanya sudah dilakukan secara elektronik. Sehingga, perusahaan akan lebih mudah lagi dalam menentukan tanggal pengiriman kepada pelanggan.


7962
Tags
SELOG