SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Launching Astra Fleet Management Solution

Astra Tawarkan Solusi Pengelolaan Transportasi & Logistik Berbasis Teknologi Melalui AstraFMS


(Jakarta, 31 Januari 2019): Transportasi merupakan salah satu komponen penting dalam menggerakkan roda bisnis perusahaan. Namun berbagai masalah di lapangan dapat timbul dan berdampak pada operasional serta keuangan perusahaan secara keseluruhan. Sebagai solusinya, Astra melalui salah satu anak usahanya yaitu PT Serasi Autoraya (SERA) meluncurkan sebuah produk fleet management solution berbasis teknologi bernama AstraFMS.


“Munculnya AstraFMS ini membuktikan SERA sebagai pioneer inovasi teknologi di industri transportasi penumpang dan logistik. Inovasi teknologi ini dapat membantu perusahaan melakukan efisien biaya sekaligus meningkatkan produktivitas dalam menjalankan bisnis,” jelas Firman Yosafat Siregar, Presiden Direktur SERA.


Yosafat menambahkan, salah satu yang dapat dilakukan AstraFMS adalah mengelola operasional kendaraan sedemikian rupa sehingga biaya-biaya yang tidak diperlukan dapat dipangkas dengan optimal. Lahirnya AstraFMS berakar dari budaya inovasi SERA yang berorientasi pada pengembangan produk ataupun layanan, yang terintegrasi dengan teknologi terkini.


Menurut Yosafat, SERA sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa solusi transportasi, penjualan kendaraan seken dan jasa pengelolaan logistik, memiliki infrastruktur dan jaringan layanan di seluruh Indonesia. Didukung pengalaman melayani pelanggan korporasi selama 32 tahun, SERA menyadari pentingnya mengelola informasi detil menyangkut operasional sistem transportasi, mengingat besarnya kontribusi sektor ini dalam menggerakkan roda bisnis perusahaan.


Hadi Winarto, Direktur SERA menjelaskan, AstraFMS adalah solusi yang komperhensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi pertama di Indonesia yang berbasis teknologi informasi. Melalui sebuah platform dan pengalaman dalam pengelolaan transportasi serta infrastruktur yang kami miliki, memungkinkan terjadinya peningkatan efisiensi, efektivitas, keamanan dan keselamatan dalam proses transportasi logistik maupun penumpang.


Dengan sistem ini, perusahaan dapat memantau pengelolaan operasional pada sistem transportasi, terutama menyangkut armada kendaraan, kondisi pengemudi, biaya operasional, pengelolaan waktu, rute perjalanan, dan kondisi fisik kendaraan. “AstraFMS menyediakan data dan konektivitas yang memampukan perusahaan memonitor, menjaga, memberikan laporan serta analisa yang berguna dalam fleet management solution secara tepat, sesuai kebutuhan pelanggan,” tutur Hadi menjelaskan.


Hadi menambahkan, ada beberapa fitur penting dari produk AstraFMS yang akan membantu perusahaan meningkatkan efisiensi dan keamanan di bidang transportasi. Adapun fitur tersebut adalah:


  • Memberikan visibilitas terhadap pergerakan kendaraan secara real time dan juga memonitor setiap manuver berbahaya seperti berkendara melebihi batas kecepatan, rem mendadak, menikung secara tiba-tiba, salah rute hingga memberikan peringatan jika mobil dalam bahaya pencurian.
  • Membantu mengatur jadwal perawatan berkala termasuk dokumen dan garansi kendaraan
  • Memonitor, mengelola, menganalisa performance & perilaku pengemudi (eco & safety index)
  • Memastikan operational excellent dengan memenuhi permintaan pemesanan melalui sistem auto dispatch yang melibatkan kendaraan dan pengemudi baik transportasi penumpang ataupun transportasi logistik.
  • Mengatur efisiensi biaya operasional kendaraan
  • Meningkatkan utilisasi kendaraan dengan melakukan monitoring disetiap pergerakan. Adanya analisa mengenai utilisasi kendaraan maka dapat mengukur sejauh mana kendaraan yang dibutuhkan perusahaan dalam menjalankan bisnis
  • Sistem AstraFMS mampu melakukan pengelolaan yang menyeluruh dan terukur

Seluruh manfaat tersebut sudah dirasakan oleh lebih dari 2000 armada logistik dan penumpang yang tersebar di berbagai sektor industri seperti pada industri logistik dan distribusi, FMCG, otomotif, pertambangan hingga financial,” ucap Hadi.


Hadi juga menjelaskan, skala bisnis masing-masing perusahaan pelanggan memang berbeda, namun kebutuhan manajemen untuk mengoptimalkan dan mengefisienkan biaya operasional adalah sama. Beberapa kasus seperti pengaturan jadwal dan order pengemudi yang kurang tertata, kurangnya efisiensi pemakaian bahan bakar, rute perjalanan yang tidak sesuai penugasan, kondisi fisik pengendara yang kurang optimal dan lain-lain seringkali dialami perusahaan. Akibatnya biaya yang harus dikeluarkan menjadi lebih besar daripada seharusnya. “AstraFMS menjadi solusi untuk menjawab berbagai semua permasalahan tersebut,” ujar Hadi.


“Melalui AstraFMS, SERA berkomitmen untuk memberikan customer experience dan satisfaction pada level tertinggi kepada seluruh pelanggan kami. Tidak berhenti sampai disini, SERA akan terus melakukan inovasi produk dan layanan berbasis teknologi disemua lini bisnis yang kami geluti,” tutup Yosafat.


Sekilas tentang PT Serasi Autoraya

PT Serasi Autoraya (SERA) adalah salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk yang berdiri sejak tahun 1990. Dengan pengalaman selama 32 tahun, SERA terus bertumbuh dan bertransformasi dari perusahaan jasa penyewaan kendaraan menjadi jasa solusi transportasi, penjualan kendaraan seken, dan jasa pengelolaan logistik. SERA saat ini telah mengoperasikan tiga lini bisnis, yaitu solusi transportasi yang terintegrasi melalui TRAC dan O-RENZ Taxi, kemudian bisnis penjualan kendaraan seken melalui mobil88 dan IBID, sedangkan untuk bisnis logistik terintegrasi melalui SELOG.


SERA tak henti selalu berinovasi dalam menawarkan berbagai produk jasa terbaik dalam bentuk solusi transportasi, penjualan kendaraan seken dan jasa pengelolaan logistik. Dengan demikian, pasar nasional dapat mengakses solusi transportasi dan logistik yang terintegrasi sehingga dapat mewujudkan target pertumbuhan bisnis jangka menengah dan panjang demi pembangunan ekonomi berkelanjutan.


untuk versi PDF bisa di download disini
4631