SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Ciri Perusahaan dengan Budaya Kerja yang Baik

Saat akan melamar pekerjaan, penting untuk mencari tahu lebih dulu budaya dan lingkungan kerja di perusahaan tersebut. Karena meski kamu punya kualifikasi yang cocok, tapi dengan budaya kerja yang nggak baik, tentu bisa bikin nggak nyaman saat bekerja.


Sebagai antisipasi, kamu bisa mencari tahu sendiri atau langsung menanyakan beberapa hal seputar budaya perusahaan pada pihak perekrut saat interview kerja.


Setiap perusahaan pasti punya budaya kerja yang berbeda. Tujuannya jelas, agar karyawan bisa bekerja dengan nyaman dan produktif demi tercapainya visi dan misi perusahaan.


Apa itu Budaya Perusahaan dan Bagaimana Cara Mengetahuinya?

Budaya perusahaan dalam hal ini lebih dari sekadar aturan berpakaian atau desain interior kantor. Tapi juga mencakup relasi antar karyawan dan gaya kepemimpinan di suatu organisasi.


Baca juga: Tips Anti Mati Gaya di Hari Pertama Kerja


Singkatnya, budaya perusahaan merupakan konsep yang mengatur perilaku yang mewakili nilai kolektif, keyakinan, dan prinsip dari anggota organisasi di dalam perusahaan tersebut.Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui budaya kerja sebuah perusahaan.


Riset Profil Perusahaan

Caranya cukup mudah. Salah satunya dengan mengunjungi website resmi perusahaan dan melihat profilnya. Kamu bisa membaca review perusahaan di beberapa situs terpercaya lainnya agar mendapat gambaran yang lebih jelas.


Cek Lewat Networking

Networkingnggak cuma untuk membina hubungan profesional dan mempermudah proses pencarian kerja, tapi juga bisa menjadi cara untuk mencari tahu seputar budaya perusahaan yang dituju.


Kalau nggak punya teman yang bekerja di perusahaan tersebut, kamu bisa menggunakan jaringan di LinkedIn untuk mencari tahu orang yang bekerja di sana dan bertanya tentang budaya kerja perusahaan tersebut.


Bertanya saat Interview

Kamu juga bisa mengulik budaya perusahaan saat interview. Misalnya dengan pertanyaan ‘Apakah perusahaan ini mendukung work-life balance?’ atau ‘Bagaimana perusahaan ini menilai sukses yang diraih oleh karyawannya?’ serta ‘Apakah perusahaan membutuhkan karyawan yang bekerja mandiri atau harus menjadi team player?’


Intinya usahakan untuk mengajukan pertanyaan terbuka dan dinamis. Jangan memberi pertanyaan statis yang hanya cukup dijawab dengan jawaban “ya” atau “tidak” saja.


Baca juga: Prediksi Profesi Paling Banyak Dicari Tahun 2025


Cek Media Sosial

Lihat profil media sosial perusahaan dan apa yang orang bicarakan di dalamnya. Cari tahu apakah perusahaan sedang berkembang atau tidak, bagaimana dinamika kerja di perusahaan tersebut, dan sebagainya.


Berita atau komentar yang dikatakan oleh karyawan tentang perusahaan bisa menggambarkan nilai, budaya, dan hal yang penting di sana.


5 Ciri Perusahaan dengan Budaya Positif

Setelah menggali berbagai informasi tentang perusahaan, kamu pasti berharap mendapatkan perusahaan dengan budaya kerja yang positif. Ada beberapa ciri yang bisa dikenali, berikut diantaranya.


Lingkungan Kerja yang Produktif

Hal ini bisa ditandai dengan kondisi karyawan yang merasa senang dan menikmati suasana kerja, serta nyaman dengan apa yang dikerjakan. Hal ini sangat penting untuk mendukung terciptanya kompetisi yang sehat dan kesempatan karyawan untuk berkembang.


Komunikasi Terbuka

Saat karyawan bisa menciptakan komunikasi yang jujur, terbuka terhadap feedback, serta bekerja sama dalam menyelesaikan suatu masalah, itu menandakan perusahaan punya budaya kerja yang positif.


Suasana Kerja Menyenangkan

Kalau saat bekerja, karyawan bisa sesekali bercanda dan tertawa bersama, itu juga menandakan karyawan merasa rileks dengan lingkungan kerja yang tercipta. Jadi nggak gampang stress karena terlalu serius dengan penatnya pekerjaan sehari-hari.


Baca juga: Bocoran Kenaikan UMP 2025 yang Segera Ditetapkan


Apresiasi dan Motivasi

Setiap individu yang bekerja keras untuk mencapai target, berhak mendapatkan penghargaan dan motivasi. Misalnya berupa berupa bonus, promosi, sertifikasi, atau bentuk apresiasi lainnya karena sudah berjasa bagi perusahaan. Dengan begitu, karyawan akan merasa dihargai.


Kolaborasi

Ada banyak kasus dimana karyawan menggunakan cara kotor demi kesuksesan diri sendiri. Perusahaan dengan budaya kerja yang baik tentu bisa mengantisipasi itu. Bahkan mendorong setiap karyawan untuk berkompetisi secara sehat, membangun kerja sama dan menciptakan inovasi demi kemajuan perusahaan.


Itulah beberapa cara untuk mengetahui budaya kerja perusahaan dan ciri-ciri perusahaan dengan budaya kerja positif. Saat melamar kerja, pelajari dulu profil perusahaan. Pilih perusahaan yang punya reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Jangan lupa juga follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir dan lowongan kerja terbaru.


35
Tags
SERA