SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Matikan AC Mobil Bikin Irit BBM, Mitos apa Fakta?

Kita pasti sering mendengar ungkapan kalau penggunaan AC mobil berdampak pada konsumsi bahan bakar. Tidak sedikit yang berdebat karena menganggap kalau ac mobil bisa bikin bbm boros. Apa benar begitu?


Sejumlah praktisi di bidang otomotif, seperti engineer hingga pehobi sepakat kalau menyalakan AC mobil saat mobil melaju, bisa berdampak langsung terhadap konsumsi BBM.


Mereka mencontohkan seperti penggunaan ac di rumah. Perangkat tersebut jelas-jelas menggunakan atau menyedot energi listrik saat dioperasikan untuk mendinginkan suhu ruangan di rumah tersebut.


Meski begitu, untuk menyalakan perangkat kelistrikan yang menjadi sumber energi AC mobil, tentu membutuhkan konsumsi BBM. Hanya saja, tingkat atau besaran penggunaan sumber energi itu berbeda-beda.


Baca juga: Daftar Mobil Paling Irit 2024 Cocok untuk Harian


Penggunaan AC Mobil Berdampak Langsung pada Konsumsi BBM

Dengan kata lain, besaran konsumsi BBM yang digunakan juga sangat tergantung seberapa besar tingkat kerja AC mobil digunakan.


Artinya, jika AC mobil disetel dengan tingkat suhu cukup rendah, tentu membutuhkan energi yang lebih besar pula untuk bekerja. Sehingga, kebutuhan BBM untuk menopang operasional AC juga lebih banyak, dan sebaliknya.


Pendapat serupa juga didukung bukti dari hasil pengujian atau percobaan yang dilakukan sejumlah pemilik mobil dalam perjalanan yang dilakukan. Menurut mereka, saat AC mobil dimatikan dan diganti dengan membuka kaca jendela, membuat konsumsi bbm mobil jadi lebih irit.


Jadi, anggapan yang menyebutkan kalau mematikan AC mobil bisa bikin irit bbm merupakan fakta. Meski, tingkat konsumsi BBM juga tergantung pada tingkat penggunaan AC mobil.


Meski begitu, tingkat konsumsi BBM tentu juga sangat tergantung pada kondisi mobil. Kalau kondisi mobil sehat dan terawat dengan baik, sudah pasti konsumsi bahan bakarnya bisa irit. Begitupun sebaliknya.


Selain itu juga tergantung bagaimana cara mengemudikan mobil. Mengemudi secara agresif dengan terlalu banyak menginjak pedal gas dan rem, tentu juga membuat kinerja mesin jadi lebih berat dan bikin boros bbm.


Baca juga: Begini Cara Mudah Mencegah Kaca Mobil Berembun


Makanya, penting untuk selalu menjaga performa mobil dengan cara rutin merawat komponen-komponen vital. Tapi, kalau mau lebih praktis, kamu bisa rental mobil untuk mendukung mobilitas sehari-hari.


Pilihan Rental Mobil TRAC

Tapi jangan sembarangan, pilih penyedia rental mobil profesional dan punya reputasi baik, seperti TRAC. Salah satu lini bisnis PT Serasi Autoraya atau SERA yang juga bagian dari grup Astra ini menawarkan solusi atas setiap kebutuhan transportasi. Baik untuk personal maupun perusahaan.


TRAC punya beragam pilihan mobil yang bisa disewa harian atau jangka panjang. Diantaranya beberapa mobil irit bbm seperti Avanza, Xenia, Ertiga, Agya, Brio, Sigra, hingga Xpander.


Serta beberapa pilihan lain, misalnya di kelas hatchback/sedan, ada pilihan Daihatsu Ayla, Toyota Corolla Altis, hingga BMW 5 Series.


Pilihan MPV tersedia Toyota Calya, Daihatsu Gran Max hingga Toyota Alphard/Vellfire. Serta SUV seperti Toyota Fortuner, Daihatsu Terios, Mitsubishi Pajero, BMW X6, Lexus RX300 hingga Toyota Land Cruiser.


Baca juga: Fungsi Penting Katalis Knalpot Mobil


TRAC menjamin setiap armada mobil kondisinya sehat dan siap pakai, bahkan model keluaran terbaru. Layanan yang diberikan pun bersifat menyeluruh, termasuk bantuan pelanggan selama 24 jam penuh.


Cara pesannya juga mudah, bisa lewat halaman utama di website TRAC atau aplikasi TRACtoGo yang tersedia di Playstore dan Appstore.


Informasi lebih lanjut tentang layanan TRAC kamu juga bisa cek langsung website resmi TRAC di https://www.trac.astra.co.id/ dan follow akun media sosial TRAC di Instagram @trac_astra, Facebook TRAC-Astra Rent a Car, atau Twitter (X) @TRACastra.


132
Tags
TRAC