SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Industri Logistik Diproyeksi Tutup Buku 2024 dengan Manis

Logistik merupakan kegiatan perencanaan dan pelaksanaan pengiriman, penyimpanan, serta distribusi barang dari pusat produksi hingga sampai ke pengguna. Efektifitas dan efisiensi proses logistik, akan berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi nasional.


Saling beririsan, kinerja industri logistik juga sangat bergantung pada denyut gerak perekonomian. Kalau roda ekonomi menggelinding lancar, akan berdampak baik pada kinerja industri logistik. Begitu juga sebaliknya.


Ekonomi Nasional Hembuskan Angin Segar

Lalu, bagaimana proyeksi kinerja sektor logistik di tahun 2024 ini? Sejumlah pakar logistik memprediksi, prospek logistik akan berbuah manis kalau melihat potensi pertumbuhan ekonomi yang terjadi juga masih cukup tinggi.


Proyeksi ini berdasarkan fakta pertumbuhan ekonomi yang terjadi di semester pertama (kuartal pertama dan kedua) 2024. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal pertama mencapai 5,08 persen. Serta kuartal kedua 5,05 persen year on year.


Melihat fakta pertumbuhan di dua kuartal tersebut, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperkirakan pertumbuhan ekonomi terus terjadi hingga akhir tahun 2024 dan berada di kisaran 5,0 - 5,2 persen.


Baca juga: Kebijakan Logistik Indonesia yang Mesti Dipatuhi Pengusaha


Meski begitu, Kemenkeu juga memberi catatan agar tetap mewaspadai berbagai kemungkinan kondisi global. Sehingga langkah antisipasi ke berbagai kondisi yang terjadi bisa dilakukan dengan cermat dan akurat.


Senada dengan itu, Chairman Supply Chain Indonesia (SCI), Setijadi, dalam artikelnya yang dilansir situs resmi SCI belum lama ini menyatakan perekonomian Indonesia diproyeksikan akan terus tumbuh pada tahun ini melanjutkan tren pertumbuhan tahun sebelumnya. 


Meski, tingkat pertumbuhan pada dua tahun terakhir itu diperkirakan akan lebih rendah dari tahun 2022 sebesar 5,31 persen. Pemerintah, kata Setijadi, memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2024 akan tumbuh sebesar 5,2 persen.


Proyeksi serupa juga disampaikan oleh beberapa lembaga dunia. Salah satunya Bank Dunia yang memproyeksikan ekonomi Indonesia tahun 2024 tumbuh sebesar 4,9 persen.


Sementara Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan tumbuh sebesar 5,0 persen, serta Asian Development Bank (ADB) memprediksi pertumbuhan sebesar 5,0 persen.


“Sektor logistik berpotensi menjadi pendorong dalam pertumbuhan ekonomi yang melambat tersebut. Salah satu indikatornya adalah peningkatan kontribusi sektor transportasi dan pergudangan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dalam beberapa tahun terakhir,” ungkap Setijadi.


Pada periode 2021-2023, kontribusi sektor transportasi dan pergudangan pada tahun 2021 sebesar 4,24 persen dan meningkat menjadi 5,02 persen pada tahun 2022.


Adapun SCI, berdasar data BPS kuartal II 2023 memproyeksikan kontribusi sektor tersebut mencapai 5,82 persen pada tahun 2023 dan sebesar 6,00 persen pada tahun 2024.


Baca juga: Memahami Estimasi Pengiriman Saat Kirim Barang


SCI memproyeksikan kontribusi sektor transportasi dan pergudangan tahun 2023 sebesar Rp 1.245 triliun atau tumbuh 14,99 persen. Kemudian pada tahun 2024 sebesar Rp 1.436 triliun atau tumbuh 14,16 persen.


Namun, agar industri logistik  dapat berkontribusi lebih besar terhadap pertumbuhan perekonomian nasional tahun 2024, penting untuk memilih penyedia jasa logistik untuk menjaga efektifitas dan efisiensi alur distribusi barang. Pilih perusahaan logistik profesional dan berpengalaman.


Pilih perusahaan penyedia jasa logistik punya reputasi yang baik, seperti SELOG. Salah satu lini bisnis PT Serasi Autoraya atau SERA yang juga bagian dari grup Astra ini telah berpengalaman dan berkecimpung lama dalam industri logistik dan pengiriman.


SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, serta Freight Forwarding Warehouse and Yard Management.


Baca juga: 4 Jenis Warehouse Berdasarkan Kebutuhan


Apa saja Layanan SELOG?


Shipping Services

Merupakan jasa pengiriman dan distribusi kargo di dalam negeri dengan moda transportasi laut berkualitas yang mengutamakan pada pengiriman kargo untuk industri otomotif, alat berat, dan muatan lainnya.


Shipping Agency

Merupakan jasa agen pengiriman yang berkolaborasi dengan S5 Agency World sebagai agen pengiriman terbesar di Asia.


Layanan Freight Forwarding

Merupakan jasa pengiriman alat berat atau kargo lainnya menggunakan berbagai jenis moda pengangkutan untuk wilayah dalam negeri dengan jaminan keamanan (safety), tepat waktu (on time) dan zero defect.


Warehouse and Yard Management

Jasa pengelolaan dan penyimpanan barang untuk kebutuhan supply chain menggunakan Warehouse Management System (WMS) yang memungkinkan proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai.


WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang secara real time. Tersedia juga layanan tambahan berupa inbound dan outbound transportation untuk menjamin barang tiba dengan aman tanpa kerusakan apa pun.


Baca juga: Beberapa Masalah yang Sering Muncul Dalam Industri Logistik


Layanan SELOG juga didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.


Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.


Info lebih lanjut tentang profil SERA dan layanan yang dimiliki, termasuk SELOG, silahkan mengunjungi halaman berikut https://www.sera.astra.co.id/


152
Tags
SELOG