SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Deskripsi Diri Menarik Dalam CV Bikin Lamaran Kerja Cepat Dilirik

Salah satu elemen paling penting dalam CV lamaran kerja adalah deskripsi diri yang berisi profil pribadi. Tujuan deskripsi diri adalah meng-highlight kemampuan kandidat secara profesional.


Biasanya, deskripsi diri pada CV terdiri dari 1 hingga 3 kalimat singkat untuk menonjolkan kelebihan serta pencapaian yang kamu miliki.


Penulisan deskripsi diri biasanya ditempatkan setelah foto. Tapi yang lebih penting adalah bagaimana cara kamu menjabarkan deskripsi diri secara singkat, mudah dipahami dan menarik di mata perekrut.


Ingat, tujuan utama deskripsi diri adalah screening awal agar perusahaan dapat mengetahui apakah kamu sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Berikut ini adalah cara membuat deskripsi diri yang menarik.


Baca juga: Poin Penting Apa Saja yang Mesti Ada di CV Lamaran Kerja? Ini Jawabannya


Tips Bikin Deskripsi Diri Menarik di CV


?Informasi Pribadi 

Lakukan identifikasi terhadap pribadi secara profesional. Tulis beberapa hal seperti posisi yang dilamar, latar belakang pengalaman dan pendidikan, serta status saat ini. Misalnya masih fresh graduate atau sedang bekerja di sebuah Perusahaan dengan mencantumkan posisi/jabatan).


Ringkas dan Jelas 

HRD nggak punya banyak waktu untuk membaca begitu banyak lamaran kerja yang masuk. Oleh karena itu, buat profil CV dalam bentuk yang singkat dan padat. Hindari penulisan kalimat yang bertele-tele. Agar penyusunannya tepat, pahami cara pembuatan kalimat yang efektif.


Keahlian dan Kualifikasi 

Cantumkan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan serta kualifikasi posisi yang dilamar. Misalnya saat melamar posisi tenagamarketing, kamu perlu menyebutkan keahlian yang dibutuhkan untuk penjualan dan pemasaran.


Seperti kemampuan komunikasi, negosiasi, dan interpersonal yang kuat. Tambahkan juga pengalaman dan pencapaian kerja kamu sebelumnya.


Pengalaman Kerja 

Di dalam deskripsi diri, kamu perlu menonjolkan pengalaman kerja. Apalagi, kalau pengalaman tersebut relevan dengan posisi yang dilamar.


Jika kamu berstatus fresh graduatedan belum punya pengalaman kerja, kamu bisa menulis pengalaman magang, organisasi, maupunpekerjaan paruh waktu yang pernah kamu lakukan.


Baca juga: Rekomendasi Pekerjaan buat Kamu yang Gemar Menulis


Riwayat Pendidikan 

Kamu dapat menuliskan riwayat Pendidikan, apalagi jika posisi yang dilamar mengharuskan latar belakang pendidikan tertentu. Tulis pendidikan terakhir kamu dan pendidikan informal (jika ada) sebagai pelengkap.


Keunggulan Pribadi 

Tak hanya keahlian, kamu juga bisa menuliskan keunggulan pribadi. Misalnya kamu memiliki tingkat ketelitian tinggi, mudah beradaptasi, ataupun memilikijiwa kepemimpinan.


Informasi keunggulan pribadi ini memiliki nilai penting pada berbagai posisi pekerjaan. Misalnya posisi tenaga marketing memerlukan sosok yang gigih dan sabar,  sedangkan staf keuangan harus memiliki ketelitian tinggi.


Tujuan Karier 

Tulis tujuan karir agar bisa menjadi bahan pertimbangan HRD untuk lebih memilih kamu dibandingkan dengan kandidat lain. Informasi ini juga menjadi bukti kalau kamu sosok yang serius dan punya visi jelas di masa depan.


Gaya Penulisan 

Jangan lupa untuk memperhatikan gaya penulisan serta bahasa yang digunakan. Pastikan kamu menulis profil CV dengan bahasa yang baik dan bersifat formal.


Tidak kalah penting, kamu juga perlu memperhatikan penggunaan jenis font yang mudah dibaca, jelas, serta dikenali oleh Applicant Tracking Systems (ATS).


Contoh Deskripsi Diri

Berikutnya adalah beberapa contoh deskripsi diri secara singkat untuk posisi digital marketing.


“Profesional dalam bidang digital marketing. Berpengalaman di bidang SEO (on page dan off page), ads, dan social media marketing. Mampu menjalankan kampanye iklan di platform media sosial, termasuk Facebook, Instagram, dan TikTok.


Mampu meningkatkan traffic website dari 100 visitor per bulan menjadi 1.000 per bulan dalam jangka 6 bulan. Berhasil meningkatkan angka konversi iklan di Facebook yang semula 2% menjadi 5%.


Baca juga: Lowongan Kerja September 2024 SERA Grup Astra


Itulah beberapa cara untuk menulis deskripsi diri di CV lamaran kerja beserta contoh penulisannya. Selain mempersiapkan CV dan deskripsi diri dengan baik dan menarik biar lamaran cepat dilirik.


Tapi selain itu, saat melamar kerja penting juga untuk memastikan perusahaan yang kamu tuju punya budaya kerja yang positif, serta prospek karir yang jelas. Pilih perusahaan dengan reputasi dan kredibilitas yang baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Informasi lebih jelas tentang lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/.


209
Tags
SERA