SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Self Reward Nggak Harus Keluar Biaya, Ini Contohnya

Saat berhasil mencapai target dari tugas atau pekerjaan yang berikan, bagaimana rasanya? Senang banget pasti kan? Tapi perasaan senang saja atas capaian tersebut rasanya nggak cukup. Butuh apresiasi lebih.


Kamu juga tentu butuh waktu break sejenak untuk rehat usai berkutat dengan tanggung jawab yang menguras waktu dan tenaga. Generasi terkini menyebutnya “self reward” sebagai bentuk apresiasi diri atas kinerja dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan hati.


Yang perlu dipahami, self reward bukan sekadar senang-senang belaka. Ini juga sekaligus menjadi cara untuk meyakinkan diri sendiri bahwa kamu sudah bekerja semaksimal dan sebaik mungkin.


Umumnya, bentuk self reward yang sering dilakukan untuk menyenangkan diri adalah dengan pergi liburan, belanja barang-barang yang disukai, makan bersama di restoran atau melakukan hobi seperti golf, tenis dan lainnya.


Baca juga: Cara Menentukan Gaji Ideal Saat Negosiasi Gaji


Mayoritas bentuk self reward tentu saja membutuhkan biaya dan memang nggak ada salahnya dengan hal tersebut. Tapi kamu tahu nggak kalau ternyata ada juga self reward yang bisa dilakukan tanpa biaya alias gratis. Berikut contoh-contohnya.


7 Contoh Self Reward Gratis


Tidur Siang

Jangan anggap sepele! Tidur siang di sela-sela kerja selama 15-30 menit adalah salah satu contoh self reward tanpa biaya yang ampuh kembalikan mood kerjamu.


Penelitian terbaru menunjukkan kalau tidur siang bisa mengurangi stres, merangsang kreativitas,  memancing cara berpikir baru, membantu decision making lebih efisien, meningkatkan konsentrasi kerja, hingga mempertajam daya ingat.


Bahkan studi lain menemukan kalau tidur siang sekitar 20 menit juga jauh lebih efektif untuk menyegarkan badan dan pikiran ketimbang minum kopi.


Main Game

Saat mulai merasa penat dengan pekerjaan, manjakan diri sendiri dengan bermain game favorit. Bisa dengan main game dari ponsel, komputer, console (PlayStation dan Xbox), atau board game seperti monopoli dan catur.


Baca juga: HSE Officer: Tanggung Jawab dan Skill yang Dibutuhkan


Bermain game diyakini bisa bikin merasa senang. Selain itu, kegiatan ini juga membuat otak tetap aktif untuk berpikir, menyusun strategi, dan menganalisis dengan cepat sambil merasakan kesenangan.


Dengan begitu, kamu bisa merasa jauh lebih fokus dan produktif saat melanjutkan kerja nanti. Namun jangan sampai terlena, ya! Batasi waktu nggak mengganggu tanggung jawab utama. 


Cuti 1-2 Hari 

Banyak yang menganggap kalau cuti sebaiknya digunakan untuk liburan. Padahal cuti juga bisa dimanfaatkan untuk bersantai di rumah tanpa melakukan aktivitas pekerjaan.


Bahkan di Belanda, bentuk self reward ini disebut sebagai niksen,  artinya sengaja tidak melakukan apa-apa. Di Italia disebut dengan dolce far niente yang bisa diartikan tidak berbuat apa-apa.


Nonton Film

Setelah mencoret banyak pekerjaan dari to do list harian, luangkan waktu sebentar untuk menonton film seri atau drama Korea favorit. Carilah tontonan yang genre-nya ringanuntuk menyegarkan pikiran.


Bersosialisasi

Cobalah tutup laptop dan tinggalkan ponsel, lalu keluar kamar untuk sekadar duduk serta ngobrol sebentar dengan keluarga di rumah. Atau bisa juga dengan tetangga hingga teman di sekitar rumah.


Baca juga: Lowongan Kerja Juli 2024 SERA Grup Astra


Kamu bisa luangkan waktu untuk makan siang bersama. Momen ini sebenarnya begitu mudah dilakukan, tapi banyak orang yang enggan melakukannya. Nikmatilah waktu bersama orang-orang terdekat meski hanya sekedar bergurau.


Main dengan Hewan Peliharaan

Kalau kamu punya hewan peliharaan seperti anjing, kucing, atau hewan peliharaan lainnya, ajaklah untuk bermain sebentar. Bermain dengan hewan peliharaan diyakini bisa meningkatkan hormon bahagia dan membantu menghilangkan stres.


Keluar Rumah

Kalau cuaca mendukung, beranjak dari kursi dan keluar dari rumah untuk memandangi cerahnya langit biru dan nikmati sejuknya angin sepoi-sepoi.


Sesekali, boleh juga sekalian jogging keliling komplek agar badan kembali bugar. Jalan kaki bisa jadi contoh self reward tanpa biaya yang membantu mengembalikan mood jadi lebih baik.


Itulah beberapa contoh self reward yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan biaya. Selain tips di atas, sebenarnya masih banyak lagi cara lain untuk membuat diri sendiri bahagia tanpa biaya. Ingatlah bahwa bahagia itu sederhana.


Selain apresiasi diri, lingkungan kerja yang positif juga bisa menghadirkan kebahagiaan dan kesehatan mental yang baik. Saat melamar kerja, pilih perusahaan yang punya reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.


Baca juga: Curi Perhatian HRD Saat Interview Kerja Pakai Cara Ini


SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Informasi lebih lanjut tentang lowongan kerja SERA, cek langsung ke website SERA www.sera.astra.co.id dan follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir hingga lowongan kerja terbaru.


445
Tags
SERA