SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Perbedaan Avanza dan Veloz, Si Kembar yang Terpisahkan

Mungkin hingga kini sebagian orang masih menganggap Veloz sebagai salah satu varian Avanza. Ini karena dulu Veloz memang merupakan varian tertinggi Avanza. Saat itu desain keduanya juga nggak jauh berbeda, hanya ada penambahan ornamen pada beberapa bagian.


Tapi sejak November 2021, Toyota secara resmi ‘menceraikan’ keduanya. Toyota Veloz bukan lagi masuk dalam keluarga Avanza. Dari tampilan eksteriornya pun kini terlihat jelas Avanza dan Veloz berbeda.


Selain itu, Toyota juga menyematkan beberapa perbedaan lain untuk menegaskan kalau Veloz dan Avanza menyasar konsumen yang berbeda. Apa saja perbedaannya? Simak ulasan berikut.


5 Perbedaan Avanza dan Veloz


Segmen

Sejak masih jadi bagian dari Avanza, Veloz memang sudah ditujukan untuk segmen berbeda. Kini setelah keduanya berpisah, perbedaan segmen tersebut semakin nyata. Avanza masih ditujukan untuk konsumen mobil pertama yang menginginkan value for money tinggi.


Baca juga: Jangan Asal, Begini Cara Pindah Gigi Mobil Manual yang Benar


Sementara Veloz hadir untuk menyasar konsumen yang menginginkan fitur lebih canggih dan mewah. Veloz juga banyak diincar oleh konsumen yang ingin melakukan tukar tambah dan naik kelas dari Avanza.


Eksterior dan Interior

Ada beberapa perbedaan pada eksterior keduanya. Grill Veloz diberi sentuhan dark chrome garnish yang lebih sporty. Sementara grill Avanza dihias dengan sentuhan chrome yang elegan.


Di bagian interior, hampir seluruh sisi interior Veloz didominasi warna hitam sehingga memberi kesan mewah. Sementara interior Avanza menggunakan kombinasi warna abu-abu yang lebih cerah dan berjiwa muda.


Fitur

Dalam hal fitur jelas Veloz lebih lengkap. Veloz juga sudah mengusung fitur Electric Parking Brake with Brakehold, sedangkan Avanza masih menggunakan tuas rem tangan konvensional.


Veloz juga sudah mengusung Wireless Charger di konsol tengah untuk memudahkan pengendara mengisi ulang baterai ponsel, sedangkan Avanza masih menggunakan USB Port.


Baca juga: Tips Aman Melewati Tanjakan Pakai Mobil Manual


Untuk hiburan, Veloz mengusung layar TFT berukuran 7 inchi serta terdapat Drive Mode Switch, sedangkan Avanza menggunakan layar TFT berukuran 4,2 inchi.


Khusus fitur keselamatan, varian tertinggi keduanya sama-sama sudah dibekali Toyota Safety Sense berisi Pre-Collision and Pre-Collision Braking, Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.


Kapasitas Mesin

Avanza menyediakan dua pilihan mesin, yaitu mesin 1.300 cc tipe 1NR-VE dan mesin 1.500 cc 2NR-VE. Sedangkan Veloz yang tersedia dalam satu pilihan mesin 1.500 cc 2NR-VE, mesin yang sama seperti pada Avanza varian tertinggi.


Mesin 1.300 cc Avanza mampu menghasilkan tenaga 98 PS dan torsi 12,4 kgm, sedangkan mesin 1.500 cc pada Veloz maupun Avanza menyemburkan tenaga 106 PS dan torsi 14 kgm. Di bagian transmisi, keduanya sama-sama tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis CVT.


Harga

Harga Avanza dan Veloz sudah tentu berbeda. Mengincar konsumen dari kalangan pembeli mobil pertama, harga Toyota Avanza lebih terjangkau ketimbang Veloz. Saat ini Toyota Avanza termurah dibanderol Rp. 239,7 juta untuk varian 1.3 E M/T dan termahal Rp. 276,7 juta untuk varian 1.5 G CVT A/T.


Baca juga: Sewa Mobil Bulanan, Solusi Kalau Pembatasan Kendaraan Berusia 10 Tahun Diberlakukan


Sementara Veloz paling murah dijual seharga Rp. 292,9 juta untuk varian M/T dan varian termahal Q CVT TSS dibanderol Rp. 340,4 juta. Semua harga tersebut adalah untuk OTR (On The Road) Jakarta.


Itulah beberapa perbedaan antara Toyota Avanza dan Veloz. Mana pun yang kamu pilih, kedua model tersebut sama-sama menghadirkan daya angkut besar khas MPV dan mesin yang hemat bahan bakar untuk penggunaan sehari-hari.


Rental Mobil Avanza dan Veloz di TRAC

Tapi kalau mau lebih praktis, kamu bisa rental mobil Avanza atau Veloz di TRAC. Selain jaminan mobil yang berkualitas, kamu juga nggak perlu pusing dengan urusan perawatan, biaya pajak tahunan dan 5 tahunan, hingga terhindar dari depresiasi harga.


Sebagai pioner layanan sewa kendaraan khususnya rental mobil, TRAC telah berpengalaman lebih dari 37 tahun. Selain Avanza dan Veloz, TRAC juga menyediakan pilihan mobil yang beragam, mulai dari city car hingga MPV dan SUV premium.


Untuk jenis hatchback/sedan, tersedia mulai dari Daihatsu Ayla, Toyota Corolla Altis, hingga BMW 5 Series bahkan juga mobil listrik Toyota Prius.


Kalau butuh MPV, tersedia pilihan mulai dari Toyota Calya, Daihatsu Gran Max hingga Toyota Innova Zenix dan Toyota Alphard/Vellfire. Untuk SUV, tersedia pilihan mulai dari Daihatsu Terios, BMW X6, Lexus RX300 hingga Toyota Land Cruiser.


Baca juga: Lebih Untung Mana, Beli Atau Rental Mobil?


Selain itu, TRAC memberi jaminan unit-unit kendaraan yang disewakan dalam kondisi prima dan terawat, bahkan model keluaran terbaru. Layanan yang diberikan pun bersifat menyeluruh, termasuk bantuan pelanggan selama 24 jam penuh.


Di TRAC kamu bisa rental mobil dengan pengemudi atau lepas kunci. Cara pesannya juga mudah, lewat halaman reservasi di website TRAC atau aplikasi TRACtoGo yang tersedia di Playstore dan Appstore.


Informasi lebih lanjut tentang layanan TRAC kamu juga bisa cek langsung website resmi TRAC di https://www.trac.astra.co.id/ dan follow akun media sosial TRAC di Instagram @trac_astra, Facebook TRAC-Astra Rent a Car, atau Twitter (X) @TRACastra.


423
Tags
TRAC