SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Cara Menentukan Gaji Ideal Saat Negosiasi Gaji

Berapa gaji yang diharapkan? Pertanyaan itu sering muncul saat interview kerja, terutama proses negosiasi. Meski cukup sederhana, tapi bagi sebagian pelamar pertanyaan seperti itu buah simalakama.


Secara logis, setiap calon karyawan pasti menginkan dapat gaji tinggi, sesuai ekspektasinya. Hanya saja, banyak faktor-faktor yang menentukan besaran gaji calon karyawan yang ditetapkan perusahaan.


Terus bagaimana caranya mengetahui gaji ideal saat proses negosiasi? Berikut ini beberapa faktor yang menjadi dasar penetapan gaji calon karyawan.


4 Faktor Penentu Gaji Karyawan


Lokasi 

Nggak bisa dipungkiri, lokasi jadi poin utama sebagai penentu besaran gaji karyawan di Indonesia. Sebagai contoh, gaji di Jakarta biasanya akan lebih tinggi dibanding kota-kota lain seperti Bandung dan Yogyakarta. Kebijakan pemerintah daerah juga bisa ikut menentukan standar gaji di daerah itu.


Baca juga: HSE Officer: Tanggung Jawab dan Skill yang Dibutuhkan


Biasanya, pemerintah daerah atau provinsi akan merilis besaran Upah Minimum Provinsi (UMP) setiap akhir tahun, atau sekitar bulan November-Desember.


Besaran UMP itu juga ditentukan oleh beberapa faktor. Seperti tingkat kepadatan penduduk, kecepatan perputaran ekonomi hingga adopsi teknologi. Jadi saat akan negosiasi gaji, ketahui UMP domisili tempat kamu tinggal, ya.


Pengalaman Kerja

Selain lokasi, pengalaman kerja juga jadi salah satu faktor penentu penetapan gaji ideal. Calon karyawan dengan pengalaman kerja lebih dari 5 tahun di bidangnya, pasti akan mendapat kompensasi lebih besar dibanding calon karyawan fresh graduate.


Misalnya, rata-rata gaji seorang web developer dengan pengalaman 1-3 tahun berada di angka Rp. 6 juta hingga Rp. 8 juta. Sedangkan, web developerdengan pengalaman 3-5 tahun bisa mendapat penawaran gaji sebesar Rp. 8 juta hingga Rp. 12 juta.


Tingkat Pendidikan

Faktor lain yang juga menentukan adalah jenjang pendidikan. Rata-rata gaji yang didapatkan karyawan lulusan S1 akan lebih tinggi dibanding karyawan dengan pendidikan SMA. Berdasarkan data BPS, rata-rata gaji bulanan berdasarkan tingkat pendidikan adalah sebagai berikut:


  • Sarjana (S1) Rp. 4,59 juta

  • Diploma (D3) Rp. 3,68 juta

  • SMK/SMA Rp. 2,75 juta

  • SMP Rp. 2,01 juta

  • SD. Rp. 1,79 juta


Baca juga: Lowongan Kerja Juli 2024 SERA Grup Astra


Skala dan Bidang

Terakhir yang turut memengaruhi angka gaji ideal adalah skala perusahaan dan bidang industri dari perusahaan tersebut. Bidang industri yang sangat teknis dimana karyawannya membutuhkan pelatihan dan pendidikan biasanya menawarkan gaji lebih besar.


Tips Menentukan Gaji Ideal saat Negosiasi

Jadi jelas ya, ada beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan saat negosiasi gaji. Agar kamu lebih mudah merumuskannya, berikut ini adalah panduan cara menentukan gaji ideal untuk kamu.


Bikin Rencana Pengeluaran

Misalnya dengan menggunakan 50-30-20 rule. Yang mana 50 persen gaji untuk kebutuhan utama (biaya kos, token listrik, asuransi, belanja bulanan, dan lainnya). Serta 30 persen untuk hal-hal tersier sebagai hiburan (makan di restoran atau nonton bioskop), dan 20 persen untuk menabung atau membayar hutang.


Biaya Hidup

Sebagai informasi, biaya hidup bisa bervariasi tergantung lokasi tinggal. Sebagai contoh, pekerja di Jakarta tentu butuh gaji lebih tinggi dibandingkan pekerja di Pontianak.


Jumlah Tanggungan

Pertimbangkan juga apakah kamu sudah punya tanggungan atau belum. Kalau masih lajang, mungkin kamu akan menggunakan gaji untuk menabung atau bersenang-senang. Tapi kalau sudah berkeluarga, perhitungkan agar gaji yang kamu terima cukup untuk menanggung semuanya.


Baca juga: Curi Perhatian HRD Saat Interview Kerja Pakai Cara Ini


Ongkos Transportasi

Cari tahu berapa besar ongkos pulang pergi ke kantor. Pastikan kamu telah menghitung secara rinci biaya yang akan dikeluarkan untuk parkir, servis kendaraan, transportasi umum, hingga bensin. Jadi hitung semua perkiraan biaya tersebut untuk mempertimbangkan gaji yang kamu dapatkan.


Benefit Lain dari Perusahaan

Terakhir, pertimbangkan juga benefit dan kompensasi lain yang ditawarkan perusahaan. Misalnya perusahaan yang memberi asuransi kesehatan, hingga dana pensiun, tentu jauh lebih menguntungkan ketimbang gaji tinggi tanpa benefit apapun.


Apalagi buat kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki tanggungan. Benefit dan kompensasi seperti ini penting ketimbang hanya berfokus pada gaji tinggi.


Nah, sekarang sudah tahu kan faktor penentu dan tip mendapatkan gaji ideal saat negosiasi? Selain besaran gaji yang didapat, pastikan juga perusahaan yang kamu tuju punya budaya kerja positif dan prospek karir yang jelas. Pilih perusahaan dengan reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Informasi lebih lanjut tentang lowongan kerja SERA, cek langsung ke website SERA www.sera.astra.co.id dan follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir hingga lowongan kerja terbaru.


609
Tags
SERA