SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Cara Bikin CV Lamaran Kerja dengan Mudah Beserta Contohnya

CV (Curriculum Vitae) jadi salah satu dokumen penting yang wajib dilampirkan saat melamar kerja. Dokumen itu berisi berbagai informasi tentang identitas diri pelamar, riwayat dan latar pendidikan, keahlian yang dimiliki, hingga beragam pengalam dan penghargaan lain yang dimiliki.


Lewat dokumen tersebut, perusahaan jadi punya gambaran sederhana seperti apa kualifikasi dan apa saja nilai lebih yang dimiliki calon karyawannya. Sejumlah ahli sangat mewanti-wanti para pencari kerja agar bisa menampilkan CV terbaiknya.


Bukan CV yang sekedar menyajikan informasi identitas pelamar dengan segala nilai plus yang dimilikinya. Tapi, juga dari sisi desain dan tampilan yang menarik.


Hasil penelitian menunjukan, dengan banyaknya lamaran kerja yang masuku, tim rekrutmen perusahaan cuma punya waktu yang relatif sebentar dalam menyeleksi dokumen pelamar. Rata-rata hanya menghabiskan waktu 6-10 detik untuk melihat satu CV.


Dengan waktu sesingkat itu, tentu hanya CV yang dianggap menarik saja yang akan dipertimbangkan mengikuti untuk lanjut ke proses seleksi berikutnya.


Kalau sudah begitu, membuat CV yang menarik agar lamaran kerja bisa dilirik, kini jadi sebuah keharusan. Mengutip dari berbagai sumber, beberapa pakar pengembangan sumber daya manusia memberikan tips membuat CV yang menarik. Berikut selengkapnya.


Baca juga: Daerah Dengan UMP dan UMK Tertinggi di Indonesia 2024


3 Tips Bikin CV Menarik dengan Mudah


Bikin Desain Tak Biasa

Buatlah desain yang menarik dan kreatif. Unsur menarik ini harus disesuaikan dengan bidang usaha perusahaan atau lembaga yang dilamar. Begitu pula dengan posisi atau jabatan yang dilamar.


Kalau lembaga yang dilamar merupakan lembaga pemerintah, sebaiknya membuat CV yang resmi dengan tampilan menarik dari unsur warna. Hindari menggunakan warna atau tata letak yang terlalu ceria dan terlihat santai.


Informasi Personal yang “Menjual”

Informasikan tentang jati diri kamu dengan lengkap, mulai dari nama, gelar akademik, domisili, status perkawinan, hingga pengalaman dan penghargaan yang dimiliki dengan jelas dan lengkap.


Pastikan informasi terkait dengan pengalaman kerja secara jelas termasuk masa kerja dan alasan mengapa anda berhenti atau pindah dari pekerjaan tersebut. Tapi, jangan sesekali menyebutkan alasan yang menjelekan atau mendiskreditkan lembaga atau perusahaan tersebut.


Begitu pula, jangan sesekali mengatakan kalau kamu berhenti atau pindah karena tidak mampu. Berikan alasan yang positif, misalnya karena ingin berkembang dan kemampuan yang kamu punya sangat mendukung untuk pindah ke perusahaan yang dilamar.


Tunjukan Pengalaman dan Keahlian

Berikan informasi terkait kemampuan atau keterampilan yang kamu kuasai. Sebutkan pelatihan atau pengalaman terkait dengan pekerjaan atau keterampilan yang sesuai dengan bidang yang dilamar.


Baca juga: Cara Menentukan Gaji Ideal Saat Negosiasi Gaji


Dengan menyampaikan pengalaman dan keahlian yang kamu punya, tentu itu akan menjadi nilai tambah dalam proses seleksi. Bila perlu sampaikan juga berbagai prestasi yang pernah diraih sebelumnya.


Nah, sekarang sudah tahu kan caranya bikin CV yang menarik biar lamaran kerja bisa dilirik? Demi karir yang baik, saat melamar kerja jangan lupa memastikan perusahaan yang dituju punya budaya kerja positif dan prospek karir yang jelas. Pilih perusahaan dengan reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Baca juga: Lowongan Kerja Juli 2024 SERA Grup Astra


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Informasi lebih lanjut tentang lowongan kerja SERA, cek langsung ke website SERA www.sera.astra.co.id dan follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir hingga lowongan kerja terbaru.


659
Tags
SERA