SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

4 Jenis Warehouse Berdasarkan Kebutuhan

Secara sederhana warehouse bisa diartikan sebagai tempat penyimpanan barang atau istilah umumnya gudang yang jadi salah satu komponen penting dalam mata rantai kegiatan logistik.


Tanpa adanya gudang, barang dari produsen yang akan didistribusikan ke konsumen atau pengguna akan tidak akan tersalur secara efektif. Bahkan, dalam beberapa kasus, barang yang tidak tersimpan dengan baik sebelum dikirim, bisa menjadi rusak sehingga bisa menyebabkan kerugian besar.


Makanya, perusahaan jasa logistik yang tidak memiliki gudang (warehouse) atau minimal mitra pengelola gudang, kualitas layanannya perlu dipertanyakan. Idealnya, setiap perusahaan jasa logistik memiliki atau minimal punya mitra penyedia jasa gudang dalam operasi bisnisnya.


Ada beberapa jenis warehouse dalam industri logistik. Meski, inti dari semua fungsi tersebut adalah memberikan dukungan penuh bagi proses dan tahapan kegiatan logistik.


Baca juga: Begini Cara Menghitung Muatan Saat Kirim Barang


4 Jenis Warehouse Berdasarkan Kebutuhan

Berdasar kebutuhan perusahaan, para pakar ilmu logistik menyebut ada delapan jenis warehouse atau gudang yang dibutuhkan oleh perusahaan.


  1. Gudang operasional. Ini merupakan gudang yang digunakan untuk menyimpan bahan baku dan suku cadang untuk kegiatan produksi.

  2. Gudang perlengkapan. Merupakan tempat penyimpanan perlengkapan pendukung proses produksi. Barang-barang pendukung bukan barang jadi, melainkan barang setengah jadi yang digunakan sebagai pelengkap bahan mentah yang akan diproduksi menjadi barang jadi.

  3. Gudang pemberangkatan. Tempat ini merupakan gudang penyimpanan barang jadi yang telah siap untuk dikirimkan atau didistribusikan kepada distributor hingga konsumen.

  4. Gudang musiman. Gudang ini bersifat sementara, dan dibuat karena gudang operasional maupun gudang pemberangkatan telah penuh, yang umumnya disewa perusahaan produsen barang tersebut dari pihak lain dalam jangka waktu tertentu.


Selain itu, ada juga sejumlah juga jenis warehouse yang dikelompokan sesuai perannya dalam proses pengelolaan jaringan rantai pasokan atau supply chain management.


4 Jenis Warehouse Sesuai Prosesnya

  1. Gudang pabrik. Gudang ini berfungsi sebagai tempat penerimaan sekaligus penyimpanan dan pengambilan material bahan baku, hingga penyimpanan barang jadi dari gudang. Gudang jenis ini umumnya juga menjadi tempat transaksi maupun pengiriman barang jadi ke gudang pusat. Bahkan, pengiriman barang jadi langsung kepada konsumen.

  1. Gudang pusat. Ini merupakan gudang yang memiliki fungsi untuk penerimaan barang jadi dari pabrik untuk didistribusikan. Bisa juga tempat penerimaan bahan baku untuk produksi sebelum dikirim ke pabrik.

  2. Gudang distribusi. Tempat untuk penerimaan barang jadi dari gudang pusat atau pemasok kepada perusahaan sebelum diproduksi. Serta, berfungsi sebagai penyimpanan barang jadi kiriman dari pabrik sebelum didistribusikan ke konsumen.

  3. Gudang ritel. Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang jadi yang dikirim pabrik, gudang ini juga memiliki toko. Sehingga, bisa langsung menjual atau mendistribusikan barang kepada konsumen secara langsung dalam satu lokasi.


Itulah beberapa jenis warehouse sesuai dengan kebutuhan dan prosesnya. Jenis warehouse ini perlu dipahami para pelaku usaha yang membutuhkan jasa logistik dalam operasional bisnisnya.


Baca juga: Beberapa Masalah yang Sering Muncul Dalam Industri Logistik


Karena kalau salah memilih warehouse, proses logistik mulai dari pengangkutan, penyimpanan, hingga distribusi barang menjadi tidak efektif dan efisien.


Oleh karena itu memilih perusahaan jasa logistik yang memiliki konsep pelayanan yang jelas, menyeluruh, efektif, dan efisien merupakan hal yang wajib dilakukan.


Selain itu, perusahaan tersebut juga harus berpengalaman dan punya reputasi yang baik sebagai perusahaan logistik profesional, seperti SELOG.


SELOG merupakan salah satu lini bisnis PT Serasi Autoraya atau SERA yang hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang beragam, mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, Freight Forwarding Warehouse and Yard Management, serta Courier Services.


Layanan SELOG juga didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.


Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.


Info lebih lanjut tentang profil SERA dan layanan yang dimiliki, termasuk SELOG, silahkan mengunjungi halaman berikut https://www.sera.astra.co.id/.


513
Tags
SELOG