SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Lebih Untung Mana, Beli atau Rental Mobil?

Mobil masih jadi moda transportasi favorit masyarakat Indonesia. Bahkan bagi orang-orang perkotaan, mobil telah menjadi bagian dari gaya hirup. Sehingga punya mobil seakan jadi sebuah keharusan.


Tapi sebelum beli mobil, pertimbangkan lagi secara matang. Karena banyak orang yang tidak menyadari bahwa memiliki mobil pribadi, artinya akan ada biaya tambahan yang rutin dikeluarkan.


Orang-orang yang menyadari kalau mobil bukanlah sebuah aset, lebih memilih rental ketimbang membeli. Tapi, apa benar pakai mobil rental lebih menguntungkan?


Biar lebih bijak dalam membuat keputusan, berikut ini sederet untung-rugi untuk membandingkan antara menggunakan mobil pribadi dengan mobil rental.


Perbandingan Mobil Pribadi dan Mobil Rental


Mobil Pribadi

Keuntungan utamapunya mobil pribadi adalah fleksibilitas penggunaan. Kamu bisa menggunakan mobil untuk kebutuhan transportasi sehari-hari tanpa harus memikirkan periode atau waktu sewa. Serta, memberi prestise karena telah menjadi bagian dari gaya hidup.


Baca juga: Cara Hitung Biaya Pajak Mobil Tahunan Dan 5 Tahunan


Tapi faktor paling menyenangkan dari memiliki mobil pribadi adalah kamu bisa melakukan modifikasi sesuai selera. Misalnya dengan mengganti ukuran dan desain pelek agar lebih gagah.


Atau mengubah sound system hingga mengganti warna cat mobil sesuai selera. Intinya, mobil pribadi menghadirkan kepuasan emosional bagi pemiliknya.


Di lain sisi, terdapat beberapa kerugian atau kekurangan dalam kepemilikan mobil pribadi. Yang paling terasa adalah biaya rutin yang harus dikeluarkan. Kalau beli secara tunai, kamu harus menyediakan dana ratusan juta hingga miliaran rupiah.


Kalau salah perhitungan, hal itu tentu bisa mempengaruhi kestabilan keuangan. Sementara kalau beli secara kredit, ada bunga kredit cukup besar yang harus dibayarkan.


Beli tunai maupun kredit, mobil yang dibeli akan terkena depresiasi harga dan ini merupakan salah satu kerugian paling besar atas kepemilikan mobil.


Untuk biaya rutin, sebagai pemilik kamu harus siap mengeluarkan sejumlah biaya untuk perawatan seperti servis berkala, pajak tahunan dan 5 tahunan, serta premi asuransi.


Baca juga: Lakukan Ini Saat Mobil Matic Alami Rem Blong


Nggak cuma itu, kamu juga harus menyisihkan waktu dan tenaga untuk mengurus perawatan, perbaikan, pajak dan asuransi. Kalau diabaikan, masalahnya bisa makin membesar dan butuh biaya lebih banyak.


Kerugian lainnya adalah mobil akan makin berumur seiring berjalannya waktu yang tentu berpengaruh pada performanya.


Mobil Rental

Rental mobil bisa menjadi alternatif untuk menggunakan kendaraan tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga dan biaya. Ada yang rental hanya untuk kebutuhan tertentu saja, seperti traveling, atau dinas kantor. Tapi ada juga yang menyewa jangka panjang, seperti bulanan hingga tahunan.


Dengan rental mobil, kamu nggak perlu mengeluarkan sejumlah uang yang cukup besar seperti beli mobil. Juga terhindar dari resiko bunga kredit yang harus dibayarkan setiap bulan. Dengan begitu, cash flow akan jauh lebih stabil.


Keuntungan paling terasa saat rental mobil, kamu akan terbebas dari segala biaya rutin seperti perawatan, perbaikan, pajak tahunan (dan 5 tahunan) serta premi asuransi. Karena semua itu menjadi tanggung jawab penyedia rental. Kamu “tinggal pakai” aja.


Baca juga: Keunggulan Toyota Fortuner, Mobil Sangar yang Asik Buat Harian


Selain itu, dengan mobil rental biasanya tersedia dalam berbagai merek dan tipe keluaran terbaru. Kamu bisa berganti tipe mobil sesuai kebutuhan tanpa harus repot punya banyak mobil.


Melihat begitu banyak keuntungan yang didapatkan, biar lebih efisien kamu bisa rental mobil untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Pilih penyedia rental yang punya reputasi baik dan profesional, seperti TRAC.


Hadir sebagai pioneer sewa kendaraan, TRAC selalu bisa jadi solusi transportasi, baik untuk kebutuhan perusahaan maupun personal dengan layanan rental mobil harian lepas kunci atau dengan pengemudi.


Pilihan mobil yang tersedia beragam, terawat dan pastinya siap pakai. Tersedia pilihan mobil SUV yang cocok buat harian seperti Fortuner, Rush, Terios, atau BMW X5. Selengkapnya cek disini.


Baca juga: Rekomendasi Mobil Yang Nyaman Buat Perjalanan Bisnis


Untuk kemudahan transaksi, kamu bisa pesan langsung di halaman reservasi di website TRAC. Atau bisa juga melalui aplikasi TRACtoGo yang bisa di download di Playstore dan juga Appstore.


Informasi lebih lanjut tentang layanan TRAC kamu juga bisa cek langsung website resmi TRAC di https://www.trac.astra.co.id/ dan follow akun media sosial TRAC di Instagram @trac_astra, Facebook TRAC-Astra Rent a Car, atau Twitter (X) @TRACastra.


533
Tags
TRAC