SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Lakukan ini Saat Mobil Matic Alami Rem Blong

Kasus tidak berfungsi perangkat sistem pengereman saat digunakan alias rem blong ternyata tidak hanya terjadi pada kendaraan niaga seperti truk dan bus saja, tetapi juga mobil. Termasuk mobil bertransmisi matic atau otomatis.


Bahkan dari sejumlah kasus kecelakaan mobil penumpang akibat rem blong, ternyata yang terbanyak justru mobil bertransmisi otomatis atau matic.


“Mengapa kasus rem blong banyak dialami oleh mobil bertransmisi otomatis di saat melintasi turunan tajam yang panjang atau tanjakan ekstrim? Karena adanya brake fading oleh pengemudi,” ungkap Investigator Senior Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan saat dihubungi belum lama ini.


Wildan menjelaskan, brake fading adalah kondisi dimana komponen sistem pengereman tidak berfungsi dengan baik atau bahkan gagal berfungsi akibat penggunaan rem yang berlebihan oleh pengemudi.


“Misalnya, saat di turunan tajam yang panjang pengemudi mobil matik terus menerus untuk menahan laju. Akibatnya, piringan cakram memanas dan memuai, sehingga tidak mampu lagi menahan beban mobil. Dengan kata lain rem gagal berfungsi, yang dikenal umum dengan istilah blong,” kata Wildan.


Baca juga: Keunggulan Toyota Fortuner, Mobil Sangar yang Asik Buat Harian


Dari sejumlah kasus kecelakaan mobil akibat rem blong yang diteliti menunjukkan, ternyata pengemudi dalam pengereman hanya mengumpulkan perangkat rem saja.


Padahal, sebenarnya pengereman juga bisa dilakukan dengan engine brake yaitu memindahkan posisi gigi ke tingkat yang lebih rendah.


“Bahkan bisa menggunakan hand brake (rem tangan). Tetapi itu tidak dilakukan, mungkin pengemudi gugup sehingga tidak sempat berpikir seperti itu. Atau memang tidak paham. Celakanya, pengemudi juga tidak terampil dalam menyikapi kondisi rem blong. Padahal, kondisi seperti itu bisa disiasati,” ujar Wildan.


Cara Mengatasi Mobil Rem Blong

Menurut Wildan ada beberapa langkah untuk menyiasati kemungkinan kondisi buruk saat rem mobil matic blong. Pertama, lakukan memompa rem dengan beberapa kali injak-lepas pedal rem.


Kedua, lepas injakan pedal gas dan coba secara perlahan-lahan injak pedal rem. Jika laju mobil berhasil diperlambat alias rem sedikit berhasil mengerem, turunkan posisi gigi ke tingkat yang lebih rendah.


Baca juga: Mengintip Keunggulan Mobil SUV Si Tangguh di Segala Medan


Begitu pula kalau mobil yang dikemudikan merupakan mobil bertransmisi manual. Pastikan, laju mobil berhasil diperlambat sebelum memindah posisi gigi ke tingkat yang lebih rendah.


Setelah berhasil melakukan pengereman seperti itu, sesegera mungkin beri isyarat ke kendaraan lain, baik yang di belakang maupun depan kalau kamu dalam kondisi darurat dan ingin menepi.


Jika sudah berhasil, cari tempat lapan atau aman untuk menepi dan istirahatkan mobil hingga perangkat pengereman dingin.


Wildan mengatakan, selain karena cara penggunaan rem yang kurang tepat dan hanya mengumpulkan rem utama, potensi rem blong pada mobil penumpang juga bisa dikarenakan faktor perawatan yang tidak baik. Komponen rem yang seharusnya harus diganti tidak segera diganti.


Potensi rem blong yang diakibatkan kurang atau tidak bagusnya perawatan mesti jadi perhatian saat ingin beli mobil bekas atau rental mobil karena jadi komponen utama keselamatan berkendara.


Biar lebih aman dan mendapat jaminan mobil dengan kualitas yang baik saat rental mobil, pilih penyedia rental yang punya reputasi baik dan profesional, seperti TRAC.


Baca juga: Rekomendasi Mobil Yang Nyaman Buat Perjalanan Bisnis


Hadir sebagai pioneer sewa kendaraan, TRAC selalu bisa jadi solusi transportasi, baik untuk kebutuhan perusahaan maupun personal dengan layanan rental mobil harian lepas kunci atau dengan pengemudi.


Pilihan mobil yang tersedia beragam, terawat dan pastinya siap pakai. Tersedia pilihan mobil SUV yang cocok buat harian seperti Fortuner, Rush, Terios, atau BMW X5. Selengkapnya cek disini.


Untuk kemudahan transaksi, kamu bisa pesan langsung di halaman reservasi di website TRAC. Atau bisa juga melalui aplikasi TRACtoGo yang bisa di download di Playstore dan juga Appstore.


Informasi lebih lanjut tentang layanan TRAC kamu juga bisa cek langsung website resmi TRAC di https://www.trac.astra.co.id/ dan follow akun media sosial TRAC di Instagram @trac_astra, Facebook TRAC-Astra Rent a Car, atau Twitter (X) @TRACastra.


702
Tags
TRAC