SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Closed Auction, Metode Lelang Terbaru di IBID

Ada beberapa metode lelang yang perlu kamu ketahui. Salah satunya adalah metode Closed Auction. Di balai lelang IBID, metode Closed Auction ini telah dirilis sejak tahun 2023 lalu.


Metode ini merupakan salah satu upaya IBID menuju era digitalisasi lelang. Tujuannya adalah untuk menghadirkan pengalaman dan proses lelang online yang lebih mudah dan efektif.


Sebelum memperkenalkan Closed Auction pada tahun 2023, langkah IBID dalam merambah digitalisasi lelang sudah dilakukan dengan merilis metode lelang Live Auction tahun 2019, Timed Auction pada 2020, serta Flash Auction di tahun 2021. Perlu diingat, setiap metode lelang punya cara kerja dan keunggulan masing-masing.


Metode Closed Auction di IBID merupakan metode yang digunakan saat pelelangan scrap (bahan sisa hasil produksi atau berbagai barang tak terpakai lainnya). Contoh scrap yang dilelang IBID adalah kantong plastik zak ukuran 25 kg, tarpaulin, kendaraan hingga alat berat.


Sesuai namanya, proses lelang dibuat tertutup di aplikasi IBID sehingga masing-masing peserta tidak bisa melihat penawaran peserta lainnya. Lalu bagaimana cara menggunakan metode Closed Auction di IBID? Berikut langkah-langkahnya.


Baca juga: Cara Mudah Jual Peralatan Elektronik di Balai Lelang IBID


Cara Menggunakan Metode Closed Auction IBID

Seperti metode lelang lainnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah registrasi akun pribadi atau perusahaan dan membeli Nomor Peserta Lelang (NPL) sebelum ikut lelang IBID. Jenis deposit yang digunakan adalah NPL Closed dan lanjutkan dengan proses berikut.


  • Pada laman utama klik icon Scrap atau Jadwal Lelang Terdekat

  • Pilih lot scrap yang diinginkan. Cermati informasi dan deskripsi unit scrap.

  • Lakukan pembelian deposit NPL dengan cara pilih Scrap

  • Klik NPL Closed

  • Pilih lokasi, tanggal lelang, lot, dan jumlah NPL yang ingin dibeli


Yang perlu diingat, 1 NPL hanya berlaku untuk 1 lot objek lelang. Cermati dan periksa detail pembelian NPL sebelum melakukan pembayaran melalui virtual account.


Setelah langkah tersebut, saat proses lelang lakukan penawaran terhadap lot scrap sesuai NPL lot yang sudah dibeli. Ajukan penawaran sesuai kelipatan yang ditentukan.


Penawaran dari peserta lainnya tidak ditampilkan selama lelang berlangsung dan akan muncul usai lelang berakhir. Bila ada notifikasi harga penawaran yang sama dengan peserta lain, peserta wajib memberikan harga penawaran yang berbeda.


Kalau ingin meningkatkan penawaran, klik Ubah Penawaran. Pastikan jumlah penawaran lebih tinggi dibandingkan penawaran sebelumnya.


Baca juga: Catat! Ini Lokasi Cabang Lelang IBID di Indonesia


Untuk saat ini, peserta lelang hanya bisa mengubah penawaran sebanyak satu kali. Perhatikan durasi lelang. Penawaran akan ditutup satu menit sebelum lelang berakhir.


Nah kalau kamu menang, deposit akan jadi nilai pengurang atas unit yang dimenangkan. Lakukan pembayaran deposit pembongkaran untuk unit tertentu sesuai nominal yang ditetapkan.


Deposit akan dikembalikan bila pembongkaran selesai sebelum batas waktu yang ditentukan. Sebaliknya bila kalah lelang, deposit akan dikembalikan sepenuhnya ke nomor rekening terdaftar maksimal 3 hari kerja setelah lelang.


3 Metode Lelang Lainnya di IBID

Selain metode Closed Auction untuk barang-barang scrap, tidak ada salahnya juga kamu memahami tiga metode lelang lain di IBID. Ketiga metode tersebut adalah Live Auction, Timed Auction dan Flash Auction.


Live Auction

Merupakan metode lelang mobil dan motor bekas di IBID melalui situs web dan aplikasi IBID. Setiap cabang IBID memiliki jadwal Live Auction masing-masing. Sebagai contoh, IBID Jakarta memiliki jadwal Live Auction setiap hari Rabu dan Sabtu.


Jika kamu berminat mengikuti lelang, kamu perlu memilih jadwal Live Auction mobil atau motor bekas yang diincar. Peserta lelang dapat mengikuti maksimum 4 jadwal secara bersamaan melalui situs web atau 1 jadwal di aplikasi IBID.


Baca juga: Begini Proses Inspeksi Mobil Bekas di IBID


Timed Auction

Merupakan metode yang digunakan dalam melelang barang-barang lifestyle dan alat berat. Sesuai namanya, lelang berjangka ini diselenggarakan dengan waktu tertentu. Biasanya 1–3 hari melalui website dan aplikasi IBID. Kamu bisa melakukan penawaran hingga waktu lelang berakhir.


Flash Auction merupakan metode untuk lelang mobil bekas secara eksklusif melalui Live Stream selama 45 menit di aplikasi IBID. Saat lelang berlangsung, inspektur menjelaskan kondisi mobil secara online melalui fitur Live Stream.


Jika ada pertanyaan, kamu dapat mengajukannya melalui fitur Live Chat. Ada juga fitur Autobid yang memungkinkan kamu mengatur batas tertinggi penawaran. Untuk ikut Flash Auction, kamu perlu membeli deposit NPL Timed.


Itulah informasi tentang metode lelang di IBID yang bisa membantu kamu untuk ikut lelang dengan proses yang lebih mudah dan efektif. Informasi lebih lanjut tentang balai lelang IBID, kunjungi website www.ibid.astra.co.id atau download aplikasi IBID di Play Store dan App Store.


Kamu juga bisa mengikuti akun media sosial resmi IBID, Instagram@ibid_balailelangserasi. Facebook: IBID - Balai Lelang Serasi. TikTok: @ibid_balailelangserasi. YouTube: IBID - Balai Lelang Serasi dan Twitter: @ibid_lelang.


715
Tags
IBID