SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Cara Mudah Cek Kelayakan Bus Pariwisata

Jangan Asal Pilih Bus Pariwisata

Kasus kecelakaan maut bus pariwisata di Subang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu tidak hanya memantik perhatian publik, tapi juga keprihatinan sekaligus rasa was-was. Musibah itu mengakibatkan 11 orang meninggal dunia, 13 luka berat dan 40 orang luka ringan.


Dari investigasi kepolisian dalam melakukan penyelidikan penyebab kecelakaan, ditemukan fakta kalau ternyata izin operasional bus telah habis sejak akhir 2023. Selain itu, kondisi bus juga cukup memprihatinkan karena sasis telah berusia tua dan menggunakan bodi yang tidak seharusnya.


Petugas juga menemukan fakta lain tentang tidak adanya jejak pengereman bus di lokasi kejadian. Meski, saat dimintai keterangan pengemudi menyatakan telah melakukan pengereman.


Fakta tersebut memunculkan kesimpulan bahwa bus mengalami rem blong alias perangkat pengereman tidak berfungsi saat digunakan. Berbagai perdebatan pun menyeruak yang bermuara pada kesimpulan tentang kelayakan bus naas tersebut.


Baca juga: Pilihan Bus Pariwisata TRAC Buat Field Trip Sekolah


Ada banyak pesan penting yang disampaikan pakar keselamatan transportasi maupun institusi yang terkait dengan keamanan berlalu-lintas. Salah satunya tentang kewajiban memastikan kelayakan bus, dan tidak mudah tergiur harga murah yang ditawarkan.


Cek Kelayakan Bus Pariwisata Lewat Mitra Darat

Pastikan kelayakan dan keamanan bus pariwisata sebelum menyewa. Caranya cukup mudah. Kamu bisa download aplikasi Mitra Darat Kementerian Perhubungan di Play Store atau App Store. Lalu pilih fitur Cek Laik, dan masukkan nomor polisi dari bus yang akan disewa.


Setelah itu akan muncul informasi tentang status izin trayek dan hasil uji KIR dari bus yang bersangkutan. Kelayakan bus dapat dilihat dari izin operasional angkutan dan keterangan lulus uji berkala.


Dalam informasi tersebut juga tertera keterangan lokasi pengujian, tanggal pengujian, jenis serta merek berikut tipe bus, nama pemilik bus, nomor SRUT, tanggal SRUT, nomor kendaraan, hingga nomor uji.


Baca juga: Ini Jenis Bus Pariwisata Yang Cocok Buat Mudik Bareng Keluarga


Sewa Bus Pariwisata di TRAC Pasti Aman

Namun, untuk lebih pasti dalam mendapatkan jaminan kelayakan, keamanan, sekaligus kenyamanan bus pariwisata, pilih penyedia bus terpercaya, profesional, dan punya reputasi baik seperti TRAC.


TRAC punya berbagai pilihan bus pariwisata mulai dari small bus, medium bus, big bus, hingga luxury bus dengan kapasitas mulai dari 11 hingga 59 penumpang.


Beberapa tipe bus pariwisata TRAC juga dilengkapi dengan fasilitas wifi, LCD TV, toilet, perangkat karaoke, bahkan pantry. Serta, perlengkapan wajib untuk kondisi darurat seperti palu pemecah kaca, pintu darurat, dan tabung pemadam kebakaran.


TRAC juga memastikan setiap pengemudi bus yang disediakannya merupakan pengemudi terlatih dan sudah berpengalaman. Sehingga, kenyamanan dan keselamatan penumpang lebih terjamin.


Selain itu, TRAC juga menjamin armada bus pariwisata yang digunakan dalam kondisi prima dan layak jalan, karena rutin melakukan perawatan dan pengecekan. Layanan yang diberikan pun bersifat menyeluruh, termasuk bantuan pelanggan selama 24 jam penuh. Jadi lebih aman pastinya.


Baca juga : Hadirkan Layanan Transportasi Yang Aman, TRAC Bus Raih Penghargaan Kemenhub


Untuk kemudahan pemesanan, kamu bisa pesan langsung di aplikasi TRACtoGo yang bisa di download di Playstore dan Appstore atau bisa juga langsung dari halaman utama website TRAC. Pilih armadanya, dan bayar langsung dengan praktis.


Informasi lebih lanjut tentang layanan TRAC kamu juga bisa cek langsung website resmi TRAC di https://www.trac.astra.co.id/ dan follow akun media sosial TRAC di Instagram @trac_astra, Facebook TRAC-Astra Rent a Car, atau Twitter @TRACastra.


897
Tags
TRAC