SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Beberapa Masalah yang Sering Muncul dalam Industri Logistik

Logistik merupakan sebuah proses perpindahan atau distribusi barang dari satu tempat ke tempat lain untuk berbagai keperluan. Seperti produksi manufaktur hingga konsumsi masyarakat sehari-hari, yang berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi nasional.


Semakin efektif dan efisien kegiatan logistik, mulai dari pengangkutan, penyimpanan, hingga distribusi, maka akan semakin besar pula manfaatnya bagi perputaran roda perekonomian.


Namun, pada kenyataannya, tidak sedikit masalah yang muncul dalam kegiatan logistik. Terlebih di tengah perkembangan teknologi yang berpengaruh pada tata kelola berbagai sektor industri, tak terkecuali industri logistik.


Masih Menggunakan Sistem Manual

Tidak sedikit perusahaan logistik yang mengalami hambatan dalam hal informasi dan komunikasi. Sebab, masih banyak perusahaan logistik yang menggunakan sistem manual atau paper based system.


Baca juga: Ini Proses Standar Warehouse Management Yang Mesti Dipahami


Sehingga proses perjalanan pengiriman barang yang semestinya diketahui oleh penerima atau pengirim, tidak bisa terpantau secara real time. Permasalahan seperti ini bisa membuat perusahaan logistik mendapat citra yang kurang baik dan kredibilitasnya dipertanyakan.


Padahal, sebenarnya telah ada teknologi GPS tracker, alat pelacak yang menggunakan teknologi AVL (Automated Vehicle Locator). Dengan teknologi ini perusahaan dapat mengetahui posisi barang yang sedang dikirim, begitu pun dengan konsumen.


Infrastruktur Belum Merata

Buruknya infrastruktur juga bisa jadi hambatan dalam proses logistik. Bahkan masalah ini dianggap paling berat di Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain. Buruknya infrastruktur tersebut mulai dari pelabuhan hingga sarana dan prasarana jalan raya.


Belum tersedianya pelabuhan hub internasional merupakan persoalan utama. Sementara, kondisi jalan yang dilintasi masih sering terjadi masalah seperti banjir, longsor, hingga gangguan lainnya.


Baca juga: Jenis Shipping Dalam Industri Logistik


Masalah Biaya

Permasalahan lain yang juga masih sering terjadi adalah kepastian biaya jasa pengiriman barang antar pulau. Kondisi geografi Indonesia yang didominasi perairan menjadikan pengiriman barang antar pulau harus menggunakan alat transportasi laut, yakni kapal yang tentu biayanya cukup mahal.


Jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga, Indonesia tergolong sebagai negara dengan biaya pengiriman yang tinggi. Bahkan mencapai 23 persen lebih mahal.


Potensi kerusakan barang juga cukup jadi masalah yang cukup pelik. Hal ini terjadi karena barang yang dikirim bisa mencapai ratusan hingga ribuan, sehingga perusahaan jasa pengiriman tidak dapat mengontrol satu persatu kondisi fisik barang.


Berkaitan dengan potensi kerusakan barang itu sebenarnya ada dengan asuransi agar terlindung dari kerugian jika terjadi risiko kerusakan pada barang. Namun, ini tentu memerlukan edukasi dan tambahan biaya lagi.


Melihat fakta yang ada, maka memilih perusahaan logistik yang bisa memberi jaminan kepastian, keamanan, transparansi, serta kemudahan jadi sebuah keharusan dalam menggunakan layanan jasa logistik. Tapi jangan asal, pilih perusahaan logistik terpercaya dengan reputasi dan kredibilitas yang baik.


Baca juga: Wacana Sertifikasi Halal Jasa Logistik, Apa Manfaatnya?


Salah satu perusahaan logistik itu adalah SELOG yang merupakan lini bisnis dari PT Serasi Autoraya atau SERA, serta bagian dari PT Astra International Tbk yang telah berpengalaman dan berkecimpung lama dalam industri ini.


SERA yang pada awalnya perusahaan jasa penyewaan kendaraan, kini telah menjelma menjadi perusahaan penyedia transportasi yang terbesar dan terdepan.


Dengan pengalaman 35 tahun lebih dan terus berinovasi, SERA menawarkan layanan jasa logistik yang efektif, efisien, dengan kualitas tinggi melalui perusahaan SERA Logistic (SELOG).


SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, Freight Forwarding Warehouse and Yard Management, serta Courier Services.


Layanan SELOG juga didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.


Baca juga: Ini 5 Ciri Perusahaan Logistik Yang Baik


Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.


Informasi lebih lanjut tentang layanan SELOG silahkan mengunjungi langsung halaman berikut  https://www.sera.astra.co.id/id/page/35/perusahaan-logistik-pengiriman-cargo


758
Tags
SELOG