SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Kesalahan dalam Karir yang Jarang Disadari Pekerja

Setiap pekerja pasti menginginkan karir yang baik. Bahkan sebagian besar kadang sangat percaya diri bahwa karir mereka akan berkembang dengan baik. Selain dengan kerja keras, salah satunya juga berusaha agar tidak melakukan kesalahan yang berpengaruh buruk pada karir.


Masalahnya, setiap perusahaan punya penilaian dengan kaca mata yang berbeda-beda sehingga karyawan terkadang hanya bisa menebak-nebak apa yang terbaik untuk karirnya.


Walaupun peningkatan karir adalah hal yang nggak bisa dipastikan, namun bagi banyak orang, karir merupakan salah satu hal terpenting dalam hidup, sehingga patut diupayakan sekeras mungkin.


Salah satunya dengan berusaha menghindari kesalahan-kesalahan dalam bekerja. Karena meski sudah bekerja dengan sangat baik, ada sebagian pekerja melakukan kesalahan tanpa menyadarinya. Berikut beberapa contoh kesalahan yang sering nggak disadari saat bekerja.


Baca juga: Plus Minus Jadi Kutu Loncat Di Dunia Kerja


5 Kesalahan yang Jarang Disadari Pekerja


Mudah Menerima

Banyak orang yang cenderung menerima begitu saja apa yang diberikan perusahaan, terutama dalam hal gaji. Ada rasa enggan untuk mengajukan negosiasi kenaikan gaji karena takut ditolak atau takut mendapat stigma buruk dari perusahaan.


Kalau kamu merasa sudah memberi kontribusi maksimal dengan segala keterampilan yang dimiliki, jangan ragu untuk mengajukan kenaikan gaji atau jabatan. Buat diri kamu merasa nyaman dan percaya diri saat mempromosikan diri ke perusahaan.


Menjelekan Perusahaan 

Jangan pernah mengumbar kejelekkan perusahaan kepada siapapun, termasuk teman di luar kantor. Karena efeknya akan berbalik ke diri kamu sendiri. Saat kamu mengatakan kejelekan ke mana-mana, karir kamu dijamin akan sulit berkembang.


Bahkan saat ingin pindah ke kantor baru, bisa jadi akan terhambat karena perusahaan yang kamu lamar akan menghubungi perusahaan untuk menanyakan sikap kamu di sana.


Baca juga: Bahasa Tubuh Yang Mesti Diperhatikan Saat Interview Kerja


Kalau memang sudah nggak tertarik di perusahaan tersebut, ambil cara yang elegan. Misalnya mengajukan pengunduran diri secara baik-baik dan berikan alasan yang logis dan bijak.


Terlalu Nyaman

Demi karir, kamu harus selalu memikirkan cara meningkatkan kemampuan atau keahlian agar bisa berkembang. Kalau perusahaan menawarkan kesempatan belajar melalui program pelatihan, jangan pernah menolaknya.


Kesalahan umum yang sering dilakukan adalah merasa nyaman dengan apa yang sudah didapat dan enggan mengembangkan diri.


Kalau ingin karir meningkat, di era milenial yang serba kompetitif seperti sekarang, kamu harus selalu meningkatkan kemampuan. Jangan terjebak di zona nyaman yang akhirnya membuatmu tertinggal.


Terlalu Percaya Diri

Menjadi pemimpin yang sukses dalam sebuah tim bukanlah hal yang mudah. Harus melewati begitu banyak lika-liku perjalanan bahkan kegagalan.


Baca juga: Rekomendasi Pakaian Interview Kerja Biar Lebih Profesional


Jadi ketika kamu menjadi pemimpin, jangan merasa besar kepala bahwa skill yang kamu miliki alami dari dalam diri sendiri. Perasaan sombong seperti itu akan membawa aura dan sikap yang kurang baik.


Memutus Networking

Saat kamu memutuskan networking atau jaringan relasi dengan para kolega setelah mendapat pekerjaan baru, artinya kamu telah melakukan sebuah kesalahan. Karena networking bisa memberi berbagai keuntungan bagi perkembangan karir dan profesionalitas.


Ingat, membangun koneksi sangatlah penting karena ada banyak orang yang telah membantumu dalam mengembangkan karir. Memutus networking jelas bisa jadi kesalahan besar dalam pengembangan karir.


Itulah beberapa kesalahan yang jarang disadari pekerja. Kamu harus lebih jeli dan peka terhadap apapun yang dilakukan dalam meniti karir. Penting untuk selalu menyadari kesalahan yang kamu buat dan tahu bagaimana mengatasinya.


Baca juga: Lowongan Kerja Sera Grup Astra Terbaru Mei 2024


Selain itu, lingkungan perusahaan juga berpengaruh dalam perjalanan karir kamu. Makanya, saat mencari lowongan kerja, pelajari dulu latar belakang hingga budaya kerja di perusahaan tersebut. Pilih perusahaan dengan reputasi dan kredibilitas di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Informasi lebih jelas tentang lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/.


Jangan lupa juga follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir dan lowongan kerja terbaru.


958
Tags
SERA