SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Cara Mudah Jual Peralatan Elektronik di Balai Lelang IBID

Ada beberapa alasan orang yang ingin menjual perangkat atau barang elektronik yang dimiliki. Mulai dari ingin berganti perangkat elektronik dengan model terbaru, hingga karena memang butuh uang untuk keperluan lain.


Tapi ada beberapa kesulitan dalam menjual barang elektronik agar bisa laku cepat. Salah satunya proses penawaran ke calon pembeli yang tidak bisa dilihat secara luas sesuai target sasaran penjualan.


Selain itu, saat terjadi proses tawar-menawar seringkali penjual merasa kecewa atau bahkan kesal karena penawar atau calon pembeli mengajukan tawaran harga yang jauh dari harga pasaran.


Kondisi itu nggak akan terjadi kalau kamu titip jual barang elektronik di balai lelang IBID. Di IBID, kamu bisa menjual segala jenis barang elektronik secara mudah, baik lewat offline maupun online.


Barang-barang elektronik yang bisa dijual diantaranya televisi, oven, blender, komputer, kamera hingga gadget. Proses lelang barang digelar secara terbuka, sehingga transaksi jual lebih lebih fair dan transparan.


Baca juga: Catat! Ini Lokasi Cabang Lelang IBID di Indonesia


5 Tips Titip Jual Barang Elektronik di IBID biar Cepat Laku

Pertama, pastikan barang yang dijual merupakan produk yang tengah menjadi tren dan diminati orang banyak. Sesuaikan dengan momen yang sedang terjadi, misalnya perlengkapan kamera video untuk kebutuhan pembuatan konten youtube atau instagram.


Kedua, pastikan kondisi barang benar-benar dalam kondisi bagus dan cari informasi terkait dengan harga terkini.  Sebelum menitip jual barang tersebut ke IBID, periksa bagian demi bagian dari barang yang akan dijual itu dengan seksama.


Kalau ada bagian yang bermasalah atau kurang bagus, segera perbaiki. Lalu cari informasi harga pasaran harga barang tersebut. Sehingga kamu bisa memberi harga yang pas kalau ada penawaran harga yang diajukan calon pembeli.


Ketiga, persiapkan barang tersebut beserta kelengkapannya sebelum dijual. Dengan begitu, calon pembeli akan tertarik dengan barang itu karena selain kondisi masih bagus juga lengkap seperti benar-benar baru dari toko.


Keempat, deskripsikan kondisi barang dengan lengkap, dan mudah dipahami. Meski dari pihak IBID juga akan melakukan pemeriksaan terhadap barang yang dilelang untuk penentuan harga dasar, sebaiknya tetap berikan ulasan menarik agar barang cepat laku terjual.


Baca juga: Begini Proses Inspeksi Mobil Bekas di IBID


Kamu bisa membuat ulasan produk di kolom deskripsi unit saat lelang. Sebutkan fitur-fitur unggulan dan manfaat yang ditawarkan sehingga memenuhi kebutuhan peserta lelang. Semakin detail, kesempatan barang lebih cepat laku juga akan lebih besar.


Terakhir, tentukan besaran harga yang logis. Oleh karena itu, seperti saran sebelumnya, cari informasi terkait harga di pasaran jika barang itu dalam kondisi baru di toko.


Biar kamu nggak kecewa saat ada penawaran dibawah harga pasar, pahami setiap barang yang telah terpakai atau setelah berusia lebih lama terhitung sejak dibeli mengalami proses depresiasi atau penurunan nilai. Pasang harga jual yang bisa menarik calon pembeli.


Cara Titip Jual Barang Elektronik di IBID

Kalau semua tips tadi sudah dilakukan, proses selanjutnya adalah melakukan registrasi titip jual. Begini tahapannya.


  • Masukan data diri Anda ke akun pribadi maupun akun perusahaan di situs web atau aplikasi IBID.

  • Kemudian lengkapi data diri dan upload e-KTP.  Isi formulir titip jual nontomotif.  Lalu, pilih lokasi dan jadwal inspeksi yang diinginkan.

  • Untuk saat ini, lokasi inspeksi hanya bisa dilakukan di cabang IBID Jakarta. Tim IBID akan segera menghubungi untuk konfirmasi objek lelang dan jadwal inspeksi dalam waktu 2x24 jam (hari kerja).

  • Tim IBID akan memberikan rekomendasi harga dasar berdasarkan hasil inspeksi.  Setelah itu, isi form perjanjian kerja sama untuk kesepakatan antara pihak penitip dan pihak IBID.

  • Pilih jadwal lelang lifestyle yang diinginkan. Anda bisa memantau jalannya lelang secara langsung melalui situs web atau aplikasi IBID.

  • Antar dan titipkan barang yang hendak dilelang ke cabang IBID Jakarta.  Tim IBID akan melakukan konfirmasi pembayaran jika objek lelang yang dititipkan terjual.

  • Proses pencairan dana ke akun rekening terdaftar akan dilakukan 5 hari kerja setelah objek lelang terjual. Objek lelang yang terjual akan dikenai biaya admin sebesar 2,5 persen dari harga terbentuk.


Baca juga: Fitur Map IBID, Cara Mudah Cek Harga Mobil Bekas


Itulah proses titip jual di IBID sekaligus tips agar barang elektronik yang dijual bisa cepat laku. Informasi lebih lanjut tentang balai lelang IBID, kunjungi website www.ibid.astra.co.id atau download aplikasi IBID di Play Store dan App Store.


Kamu juga bisa mengikuti akun media sosial resmi IBID, Instagram@ibid_balailelangserasi. Facebook: IBID - Balai Lelang Serasi. TikTok: @ibid_balailelangserasi. YouTube: IBID - Balai Lelang Serasi dan Twitter: @ibid_lelang.


720
Tags
IBID