This site uses cookie, to continue browsing this site means you agree to our cookie policy Find out more here. Use Latest Chrome version for the best experience.
Momen libur panjang lebaran bisa jadi waktu yang tepat untuk rehat sejenak dari tumpukan pekerjaan. Sebagian besar karyawan akan mengisinya dengan berbagai kegiatan menyenangkan. Seperti berlibur ke destinasi wisata, quality time bersama keluarga, dan tentu saja mudik menyambangi kampung halaman tercinta.
Selama periode ini, banyak orang yang akan mengubah pola hidupnya agar jauh lebih santai dari rutinitas yang biasa dilakukan. Dengan tujuan untuk membuat beban pikiran menjadi lebih rileks, sehingga bisa beraktivitas secara bebas tanpa tuntutan dan tanggung jawab pekerjaan.
Meski pada kenyataannya, tidak sedikit juga yang terjebak dalam zona nyaman. Sehingga saat libur lebaran berakhir, malah jadi malas-malasan dan enggan bergairah untuk kembali pada rutinitas di tempat kerja.
Jika hal itu dibiarkan, tentu saja akan berdampak buruk pada karir Anda dalam jangka panjang. Bukan hanya ditegur alasan, Anda bisa saja kehilangan pekerjaan karena perusahaan menilai Anda sudah tidak lagi memiliki semangat untuk bekerja.
Agar tidak terlena dan bisa mengembalikan semangat kerja usai libur lebaran, ada beberapa tips yang bisa coba Anda terapkan. Yang tentu saja jika konsisten dilakukan, akan membuat Anda lebih nyaman menyelesaikan setumpuk pekerjaan yang sempat ditinggalkan.
Baca juga : Begini Cara Mengatasi Pekerjaan Menumpuk Sebelum Ditinggal Mudik
Sehari sebelum masuk kerja setelah libur lebaran, sebaiknya Anda sudah mulai membuat rencana untuk menyusun aktivitas apa saja yang harus diselesaikan besok di tempat kerja.
Cara ini bisa membuat Anda terhindar dari kepanikan saat menghadapi tumpukan pekerjaan di meja. Catat beberapa poin penting yang harus kerjakan hari itu. Seperti berkas-berkas yang butuh approval pimpinan dan sempat tertunda, atau meeting untuk sekedar brainstorming dengan anggota tim.
Dengan mempersiapkan waktu sehari sebelumnya, Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk istirahat seharian di rumah. Sehingga tubuh jauh lebih bugar, dan bersemangat untuk berangkat ke tempat kerja.
Setelah membuat rencana kerja sehari sebelumnya, agar lebih terstruktur, Anda bisa membuat daftar prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan. Cara ini akan membuat Anda jauh lebih mudah dalam mengelola waktu dalam menghadapi tugas yang bertumpuk.
Sebaiknya dahulukan untuk menyelesaikan pekerjaan yang sudah mepet dengan tenggat waktu. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus untuk mengerjakan tugas lainnya dengan lebih santai dan tanpa tekanan.
Atau, Anda juga bisa membuat daftar pekerjaan berdasarkan tingkat kesulitannya. Selesaikan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu karena tidak memerlukan banyak waktu.
Cara ini pasti sangat membantu, selama Anda konsisten mengerjakan pekerjaan sesuai prioritas yang telah dibuat.
Jika biasanya Anda datang mepet waktu, untuk kali ini coba datang lebih awal. Selain otak terasa lebih segar, Anda punya lebih banyak waktu untuk menyusun agenda apa saja yang harus dikerjakan.
Dengan mengacu pada daftar prioritas yang telah dibuat, Anda akan jauh lebih siap untuk menjalani hari dengan sederet aktivitas yang telah menanti. Sehingga Anda juga bisa pulang tepat waktu untuk segera beristirahat dan mempersiapkan diri untuk esok hari.
Baca juga : Jangan Kalap, Ini Cara Bijak Menggunakan Thr Saat Lebaran
Musik merupakan salah satu cara untuk menaikkan mood positif Anda dalam bekerja agar tetap bersemangat dan dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Anda bisa mendengarkan musik lewat radio kesukaan Anda ataupun playlist di ponsel genggam.
Hindari lagu-lagu yang membuat hati menjadi galau apalagi tidak bersemangat. Pilih lagu dengan nada-nada yang membangkitkan semangat positif Anda.
Pilah lebih dahulu mana yang menurut Anda menjadi prioritas agar tidak menjadi beban bagi Anda. Sisanya dapat Anda kerjakan di hari berikutnya sehingga Anda tetap semangat bekerja setelah libur lebaran.
Apapun yang Anda lakukan, tahan dorongan untuk mengejar pekerjaan satu minggu dalam satu hari karena itu tidak mungkin. Pastikan untuk meninggalkan kantor tepat waktu. Atur pengingat jika perlu untuk membantu mengingatkan.
Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga semangat kerja usai libur lebaran. Karena merupakan sebuah kewajiban, menjaga semangat agar bisa menyelesaikan setiap tanggung jawab memang perlu dilakukan sebagai bentuk nyata dari etos kerja karyawan.
Baca juga : Tips Membuat Ucapan Lebaran Untuk Rekan Kerja Biar Terlihat Profesional
Juga sebagai cerminan dari budaya baik yang ditanamkan perusahaan dalam menciptakan hasil kerja berkualitas dan sesuai perencanaan. Seperti halnya yang selalu dijaga PT Serasi Autoraya atau SERA.
SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.
Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.