SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Dampak Langsung Jaringan Tol Terhadap Bisnis Logistik

Dalam proses distribusi barang, baik untuk konsumsi maupun produksi, infrastruktur jalan yang memadai memegang peranan cukup vital. Terlebih jalan tol, yang dampaknya sangat terasa pada kecepatan dan ketepatan waktu pengiriman.

Indonesia merupakan negara dengan luas daratan mencapai 2,01 juta kilometer. Dengan luas wilayah sebesar itu, tentu dibutuhkan infrastruktur sebagai sarana penghubung antar wilayah sehingga aktivitas perekonomian dapat berjalan lancar.

Selain itu, infrastruktur jalan di sebuah negara bisa dijadikan sebagai tolok ukur untuk mengetahui sejauh mana kemajuan perekonomian negara tersebut, baik dalam skala mikro maupun makro.

Saat ini ruas tol di Indonesia sudah membentang sejauh 2.893,02 kilometer dan tersebar di lima pulau besar. Melansir laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pulau Jawa paling dominan dengan panjang tol 1.782,47 kilometer.

Sementara Pulau Sumatera punya jalan tol sepanjang 941,75 kilometer, Pulau Kalimantan 97,27 kilometer, Pulau Sulawesi 61,46 kilometer, serta Pulau Bali 10,07 kilometer. Total ada 73 ruas ruas tol di Indonesia dan dikelola oleh 52 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Baca juga: Industri Logistik Diproyeksi Tutup Buku 2024 dengan Manis

Jaringan Tol Membuat Distribusi Barang Jadi Lebih Efisien

Dengan tersedianya jaringan tol, daerah tentu akan jadi lebih maju, proses pengiriman barang juga jadi lebih cepat. Sehingga bisnis berjalan lancar dan memberi dampak langsung pada pemerataan ekonomi.

Bahkan, dengan waktu pengiriman yang jadi lebih singkat, tentu biaya pengiriman juga jadi lebih murah. Sehingga bisa menghemat anggaran atau dialihkan untuk meningkatkan kuantitas produksi.

Dari segi biaya, keberadaan jalan tol berdampak langsung pada pemangkasan waktu tempuh, serta penghematan bahan bakar.

Hal ini pun diakui sejumlah pelaku bisnis logistik. Menurutnya, keberadaan jalan tol sangat berdampak pada peningkatan pendapatan perusahaan sebesar 10 hingga 15 persen, terlebih untuk pengeluaran biaya bahan bakar kendaraan.

Jadi, tidak berlebihan rasanya kalau menganggap infrastruktur tol sebagai tulang punggung dalam pertumbuhan ekonomi, khususnya di industri logistik.

Tapi, satu hal yang juga tidak kalah penting saat menghitung efisiensi biaya, kecepatan, serta ketepatan pengiriman barang adalah pertimbangan dalam memilih penyedia jasa logistik yang tepat dan kredibel.

Pilih perusahaan penyedia jasa logistik punya reputasi yang baik, seperti SELOG. Salah satu lini bisnis PT Serasi Autoraya atau SERA yang juga bagian dari grup Astra ini telah berpengalaman dan berkecimpung lama dalam industri logistik dan pengiriman.

SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, serta Freight Forwarding Warehouse and Yard Management.

Baca juga: 4 Jenis Warehouse Berdasarkan Kebutuhan

Apa saja Layanan SELOG?

Shipping Services

Merupakan jasa pengiriman dan distribusi kargo di dalam negeri dengan moda transportasi laut berkualitas yang mengutamakan pada pengiriman kargo untuk industri otomotif, alat berat, dan muatan lainnya.

Shipping Agency

Merupakan jasa agen pengiriman yang berkolaborasi dengan S5 Agency World sebagai agen pengiriman terbesar di Asia.

Layanan Freight Forwarding

Merupakan jasa pengiriman alat berat atau kargo lainnya menggunakan berbagai jenis moda pengangkutan untuk wilayah dalam negeri dengan jaminan keamanan (safety), tepat waktu (on time) dan zero defect.

Warehouse and Yard Management

Jasa pengelolaan dan penyimpanan barang untuk kebutuhan supply chain menggunakan Warehouse Management System (WMS) yang memungkinkan proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai.

WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang secara real time. Tersedia juga layanan tambahan berupa inbound dan outbound transportation untuk menjamin barang tiba dengan aman tanpa kerusakan apa pun.

Baca juga: Beberapa Masalah yang Sering Muncul Dalam Industri Logistik

Layanan SELOG juga didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.

Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.

Info lebih lanjut tentang profil SERA dan layanan yang dimiliki, termasuk SELOG, silahkan mengunjungi halaman berikut https://www.sera.astra.co.id/

106
Tags
SELOG