SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Kendaraan Listrik buat Industri Logistik, Apakah Cocok?

Kirim Logistik Pakai Kendaraan Listrik Banyak Tantangannya

Dalam beberapa waktu terakhir keberadaan-kendaraan komersial jenis truk menjadi topik perbincangan hangat sebagian besar masyarakat Indonesia.

Maklum, sejumlah pabrikan kendaraan melalui agen pemegang mereknya di Tanah Air telah memperkenalkan, atau bahkan meluncurkan truk bertenaga dari listrik murni itu.

Pertanyaan yang menjadi diskusi publik tentang keberadaan truk listrik adalah, apakah cocok sebagai angkutan barang menggantikan truk konvensional yang dinilai tidak ramah lingkungan? Jawabannya pun beragam, dengan argumen masing-masing.

Ada sebagian pihak yang menganggap kalau truk listrik kurang cocok digunakan untuk angkutan logistik. Alasannya karena daya jangkauannya menjadi sangat terbatas berdasarkan kapasitas baterai.

Hal ini bisa dipahami karena pengecasan baterai butuh tempat dan waktu khusus yang tidak secepat dan semudah mengisi bahan bakar truk konvensional. Terlebih infrastruktur charging station yang tersedia saat ini masih sangat terbatas.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Muatan Saat Kirim Barang

Semua tantangan itu tentu tidak sejalan dengan tujuan kegiatan logistik yang efektif dan efisien, baik dari sisi proses maupun biayanya. Yang dikhawatirkan biayanya menjadi lebih mahal tapi proses pengiriman tidak lebih cepat.

Tapi di lain sisi, ada juga pihak yang beranggapan kalau truk listrik cocok untuk pengiriman logistik meski daya jangkaunya terbatas. Hanya saja, proses pengiriman juga dibatasi di area yang sudah mendapat dukungan infrastruktur station charging yang memadai.

Penggunaan Truk Listrik Masih Jadi Pro-Kontra

Setuju ataupun tidak, penggunaan truk listrik untuk kegiatan logistik mesti dimulai dari sekarang. Soal biaya yang dikatakan lebih mahal, sejauh ini masih jadi perdebatan karena dari hasil pengujian yang dilakukan, nyatanya ongkos operasional truk listrik lebih efisien.

Terlepas dari hal itu, Chairman Supply Chain Indonesia (SCI), Setijadi mengatakan kalau efektifitas dan efisiensi merupakan kata kunci dari logistik. Sementara, efektif dan efisiennya logistik sangat menentukan tingkat efektif dan efisiennya jejaring produksi maupun jejaring distribusi barang.

Dibalik pro-kontra penggunaan truk listrik dalam proses pengiriman barang, jangan sampai membuat kita abai dalam memilih penyedia jasa logistik berkualitas. Pilih perusahaan logistik profesional dengan reputasi dan kredibilitas yang baik.

Baca juga: Beberapa Masalah yang Sering Muncul Dalam Industri Logistik

Salah satu perusahaan logistik itu adalah SELOG yang merupakan lini bisnis dari PT Serasi Autoraya atau SERA, serta bagian dari PT Astra International Tbk yang telah berpengalaman dan berkecimpung lama dalam industri ini.

SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, Freight Forwarding Warehouse and Yard Management, serta Courier Services.

Layanan SELOG juga didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.

Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.

Info lebih lanjut tentang profil SERA dan layanan yang dimiliki, termasuk SELOG, silahkan mengunjungi halaman berikut https://www.sera.astra.co.id/


345
Tags
SELOG