SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Fakta HUT RI ke-79 yang Bakal Digelar di IKN dan Jakarta

Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024 ini terasa lebih istimewa. Bukan sekadar memperingati hari jadinya Indonesia yang telah menyentuh angka 79 tahun saja, tapi juga buat pertama kalinya dirayakan di Ibukota Negara baru, IKN Nusantara.

Sejatinya, puncak peringatan HUT RI ke-79 pada Sabtu, 17 Agustus 2024, bakal digelar di dua lokasi berbeda, yakni Istana Merdeka Jakarta, serta Istana Garuda IKN, Kalimantan Timur.

“upacara di halaman Istana Merdeka Jakarta itu mengikuti tata upacara militer di IKN. Kemudian upacara penurunan bendera sang merah putih juga diselenggarakan di dua tempat baik di IKN, maupun di halaman Istana Merdeka Jakarta. Itu agenda pokoknya” ucap Mensesneg Pratikno, dikutip dari setneg.go.id.

Tahun ini, hari kemerdekaan Indonesia bertemakan “Nusantara Baru Indonesia Maju” yang menandai adanya peralihan pusat pemerintahan untuk Indonesia yang lebih baik dan berkembang.

“Temanya Nusantara Baru Indonesia Maju yang sudah dirilis pada tanggal 24 Juni yang lalu dan ini sekaligus menunjukkan transisi perpindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Nusantara dan sekaligus juga ini adalah transisi untuk keberlanjutan pemerintahan ke pemerintah yang baru nanti,” lanjut Pratikno.

Baca juga: Lebih Untung Mana, Beli atau Rental Mobil?

Meski pelaksanaan upacara kemerdekaan di dua lokasi berbeda, waktunya tetap digelar serentak, yakni mengikuti Waktu Indonesia Barat (WIB), dengan Presiden Jokowi sebagai inspektur upacara di IKN, serta Wakil Presiden Maruf Amin di Jakarta.

Pembangunan IKN Dikebut

Hingga saat ini, berbagai pengerjaan di IKN terus dikebut, khususnya infrastruktur untuk mendukung kelancaran hajatan negara tersebut. Pasalnya, sampai akhir Juni 2024, progress pembangunan infrastruktur IKN sempat viral karena tidak melampaui target yang diberikan.

Dikutip situs resmi RRI pada 3 Juli 2024, Kepala Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga, mengatakan pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) hingga Juni 2024 baru mencapai 43,9 persen.

Meski begitu, Presiden Jokowi sudah mengetuk palu yang artinya pelaksanaan HUT RI ke-79 tetap berlangsung di IKN. Hal ini lantas mendapat sambutan yang positif, karena banyak warga yang ingin menjadi saksi perayaan HUT RI di Ibukota baru ini untuk pertama kalinya.

Camat Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Gamaliel Abimanyu Arliandito, mengutip dari laman Indonesia.go.id, belum lama ini mengatakan kesibukan di IKN mulai terjadi jelang 17 Agustus, serta terlihat makin banyak orang yang memesan kamar hotel dan penginapan di sekitar Sepaku.

Lokasi upacara berada di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang jaraknya paling dekat dengan Sepaku, yakni sekitar 15 kilometer. Sepaku adalah satu di antara empat kecamatan di Penajam Paser Utara.

Baca juga: Cara Hitung Biaya Pajak Mobil Tahunan Dan 5 Tahunan

Dalam catatan Gamaliel ada 54 hotel dan penginapan tersebar di sekitar Sepaku dan seluruhnya sudah habis dipesan untuk 15 sampai 19 Agustus 2024. "Kami tidak temukan ada kamar yang kosong untuk Agustus 2024," ungkap dia.

Bisnis Rental Mobil Untung Besar

Kabar pelaksanaan HUT RI di IKN lantas memberi angin segar bagi pelaku usaha di Kalimantan Timur, khususnya rental mobil. Sejak awal Agustus 2024, permintaan rental disana melonjak pesat hingga 2 kali lipat.

Hal ini tak lepas karena moda transportasi di IKN yang masih sangat terbatas. Untuk tamu undangan, pemerintah menyiapkan mobil sewaan serta bus berjumlah ratusan.

Sebagai salah satu penyedia layanan sewa kendaraan, TRAC juga turut ambil bagian untuk kelancaraan peringatan HUT RI ke-79 di IKN.

Sebagai perusahaan transportasi berpengalaman, TRAC memang telah dikenal baik reputasinya selama lebih dari 37 tahun, dan tersebar di berbagai kota di Indonesia, salah satunya Balikpapan, Kalimantan Timur.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Yang Nyaman Buat Perjalanan Bisnis

TRAC selalu siap menjadi solusi setiap kebutuhan transportasi, khususnya rental mobil untuk mendukung mobilitas hadirin dan tamu undangan selama berkegiatan di IKN.

Untuk kemudahan transaksi, pesan langsung di halaman utama website TRAC atau bisa juga melalui aplikasi TRACtoGo. Download aplikasinya di Playstore dan juga Appstore.

Informasi lebih lanjut tentang layanan TRAC selengkapnya, kunjungi website resmi TRAC di https://www.trac.astra.co.id/ dan follow akun media sosial TRAC di Instagram @trac_astra, Facebook TRAC-Astra Rent a Car, atau Twitter (X) @TRACastra.

447
Tags
TRAC SERA